tanda anak siap disapih

5 Tanda Anak Siap Untuk Disapih, Bunda Harus Tahu !

Diposting pada

Tanda anak siap untuk disapih. Disapih adalah salah satu proses yang harus dilalui ketika anak mulai belajar untuk mencoba mengonsumsi makanan yang padat tanpa harus tambahan ASI. Menyapih terhitung pekerjaan lanjutan orang tua untuk mendukung tumbuh kembang anak sesudah mulai mengenali ASI dan makanan padat. Tetapi, kadangkala ada banyak masalah untuk memulai menerapkan tahap menyapih anak ini.

Saat terbaik bayi mulai menerima ASI yakni sejak bayi lahir yang disebut Inisiasi Menyusu Dini atau IMD. Bayi terus memperoleh ASI sampai dia berumur kira-kira 6 bulan. Kemudian, bayi akan dikenalkan dengan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) untuk bayi.

Jika di waktu MPASI, seorang ibu tidak lagi memberinya ASI, maka asupan susu itu akan diganti dengan susu formula. Sebaliknya, jika bayi masih memperoleh ASI dari ibunya, maka bayi tersebut bisa diberi ASI sampai berumur dua tahun.

Tanda anak siap disapih

Setelah anak berumur kira kira 2 tahun, umumnya anak tersebut akan memberi pertanda jika ia telah siap untuk disapih. Dilansir dari situs Popmama ada beberapa tanda anak siap untuk disapih, antara lain:

Anak mulai tidak tertarik ketika menyusu di payudara ibu

Salah satu tanda jika anak siap untuk disapih ialah anak yang mulai tidak minat untuk menyusu ibunya. Pada situasi semacam ini, umumnya anak tidak benar-benar menyusu atau mengisap ASI saat sedang di susui ibunya. Di samping mulai tidak tertarik menyusu, anak yang mulai siap disapih memperlihatkan minatnya pada makanan yang lain. Umumnya mereka akan minta disuapi saat melihat seseorang sedang makan.

Untuk mengakali supaya anak mulai memakan makanan lainnya, maka Ibu bisa membuatkan makanan yang akan diberikan kepada anak, seperti mengatur dan membuat penampilan dari makanan tersebut jadi lebih menarik.

Bila ingin yang lebih simpel, Ibu dapat memberikan makanan pada si kecil dengan memakai tempat makan yang bermotif dan berkarakter kesukaan si kecil.

Frekwensi menyusu anak lebih pendek

Tanda lain yang diberikan anak saat telah siap untuk disapih ialah frekuensi anak saat menyusu ibunya yang cenderung lebih pendek dari biasanya. Hal ini menandakan bahwa anak mulai tidak senang dan langsung memilih untuk mengerjakan hal-hal lain dibanding menyusu. Terjadinya gangguan-gangguan ringan juga bisa membuat anak berpindah perhatiannya dan tidak ingin meneruskan menyusu.

Anak masih tetap rewel meskipun telah diberi ASI

Saat anak menyusu pada Ibunya, biasanya anak mulai akan tenang bahkan sampai tertidur. Namun, jika anak tersebut malah makin rewel bahkan sering terburu buru saat menyusu, hal ini menandakan si kecil sudah siap disapih. Kadangkala, saat Ibu sedang menyusui, namun anak tidak menghisap ASI dengan benar-benar. Dan pada akhirnya membuat ASI jadi tidak keluar serta anak menjadi makin rewel.

Tidak cuma itu, anak lebih memilih untuk memainkan payudara ibunya, seperti mulai menarik bahkan menggigit payudara ibu tanpa mengisap ASI nya. Ketika mengalami proses ini, tentu saja membuat beberapa Ibu akan menjadi cemas, terutama memikirkan keperluan nutrisi dan gizi si kecil. Namun Ibu tidak perlu cemas, Ibu bisa mengakalinya dengan memberinya susu lewat botol.

Anak mudah terganggu saat menyusu

Saat anak merasa terganggu saat disusui, hal ini bisa menandakan bahwa anak tersebut sudah siap untuk disapih. Ketika si kecil mendapatkan gangguan gangguan tersebut, si kecil lebih cenderung untuk bermain dengan payudara ibu atau memilih menyentuk kuping atau bagian tubuhnya sendiri dibandingkan untuk mengisap ASI.

Meskipun proses menyapih tersebut termasuk proses yang berat, tetapi menyapih perlu dilakukan karena sebagai tindakan yang perlu dilakukan untuk tumbuh kembang anak. Yang perlu ibu lakukan memberikan asupan gizi yang lain serta memberi dukungan emosionalnya agar anak bisa mengoptimalkan tumbuh kembang nya tersebut.

Anak tetap menyusu namun hanya mencari kenyamanan

Anak yang telah siap disapih umumnya akan sering menempel pada Ibu nya, terutama saat capek bermain atau kecewa terhadap sesuatu serta saat hendak ingin tidur. Tindakannya tersebut bertujuan untuk mencari kenyamanan semata.

Menempelnya anak ke ibu nya ini terkadang lama atau pun tidak, hal itu tergantung dari fokusnya anak. Karena tindakan tersebut hanya mencari kenyamanan bukan menyusu ASI.

Nah, itulah 5 tanda anak siap disapih. Mudah mudahan bisa menginspirasi sang Ibu untuk menyapih buah hatinya. Perlu diingat bahwa proses menyapih ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak, meskipun berat harus dilalui anak. Sebagai orang tua, terutama ibu selalu berikan nutrisi pengganti yang sesuai dan support pada anak agar bisa melewatinya dengan baik.

Gambar Gravatar
Aku hanya seorang ibu rumah tangga dengan hobby membaca dan menulis. Dari blog Pelangi News ini saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui agar lebih bermanfaat.