Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

20 Tanaman Hias Gantung Daun yang Cantik dan Mudah Dirawat

  • Bagikan

Tanaman hias gantung daun yang cantik dan mudah dirawat. Untuk kamu yang ingin mempunyai keadaan rumah yang sejuk dan indah akan tetapi mempunyai tempat yang terbatas. Tidak perlu risau, Karena tanaman hias gantung dapat menjadi salah satu opsi yang pas untuk membuat ide alami pada tampilan rumah kamu tanpa membutuhkan banyak ruangan. Apa lagi jika tanamannya beragam warna, pasti membuat aksen yang cantik di halaman atau di bakon rumah kamu. Mari kita mencoba membahas jenis jenis tanaman hias gantung daun yang indah dan mudah dirawat tersebut.

Selainnya membuat keadaan rumah jadi lebih cantik dan indah, tanaman hias gantung dapat menyerap polutan atau racun pada udara sekaligus dapat menghasilkan oksigen maka dapat menciptakan udara yang bersih pada tempat tinggal kamu.

Tanaman Hias Gantung

Bukan hanya irit dalam hal tempat, tanaman hias gantung juga fleksibel dalam soal penempatannya. Kamu dapat meletakkannya di atas jendela, teras, atau bahkan juga pada dinding pagar asal tempat itu dapat memberi cahaya matahari yang cukup agar tanaman hias tumbuh dengan baik.

Tanaman pot atau tempat gantung banyak jenisnya. Kamu Dapat menyamakan dengan ukuran dan keadaan perkembangannya. Disamping itu, perawatannya cenderung lebih mudah, karena umumnya tanaman hias ini tidak mengharuskan untuk terus menerus disirami. Ya, untuk kamu yang belum pernah mempunyai tanaman hias gantung, tidak perlu takut bila tanaman yang kamu miliki bakal rewel atau sulit dirawat. Pasalnya ada beberapa jenis tanaman hias gantung yang paling mudah dirawat yang pas untuk para pemula lho.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Sama dengan namanya, tanaman hias gantung adalah salah satu jenis tanaman hias yang teknik meletakannya dengan cara digantung. Apa saja jenis tanaman hias yang termasuk dalam tanaman hias gantung ini?

Tanaman hias ini umumnya ditanam pada sebuah pot kecil selanjutnya digantung dengan memakai tali. Untuk Kamu yang ingin dekorasi rumah lebih indah dan cantik, tanaman hias gantung ini bisa menjadi pilihannya. Disamping tidak membutuhkan tempat yang luas dan besar, perawatan dari tanaman hias gantung cenderung lebih mudah, cocok untuk para pemula.

Bukan hanya memberi suasana cantik dan indah, tanaman hias gantung juga bisa memberi banyak kegunaan. Seperti membuat area jadi lebih fresh, mengurangi stress bagi pemilik rumah. Bahkan juga, ada beberapa macam tanaman hias gantung yang berguna untuk mempernyerap zat berbahaya atau polutan pada udara.

Tanaman Hias Gantung Daun

Saat ini, merawat tanaman hias jadi mode dan kegemaran bagi beberapa orang. Orang orang mulai mengincar semua jenis tanaman hias, bahkan juga cukup banyak yang rela menghabiskan uangnya untuk mengumpulkan, merawat, dan menikmati cantiknya tanaman hias di sekitar hunian mereka. Pasalnya hal tersebut menurut mereka sangat menyenangkan.

Mungkin Kamu yang saat ini juga mulai ikut mencari tanaman hias untuk hiasan rumah. Kami sarankan untuk memilih tanaman hias yang sekiranya pas dan cocok untuk rumah Kamu. Nah, tanaman hias sendiri banyak sekali jenisnya, salah satunya tanaman hias tanpa bunga atau lebih dikenal tanaman hias daun. Tanaman ini cocok untuk indoor maupun outdoor.

Nah, apabila Kamu tidak mempunyai area yang luas untuk menaruh koleksi tanaman hias kamu, maka jenis tanaman hias gantung berdaun kecil menjadi alternatif terbaik. Berikut beberapa referensi tanaman hias daun kecil yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. String of heart

Tanaman hias String of heart

Ceropegia woodii atau yang lebih dikenali dengan nama string of heart. Tanaman hias gantung daun ini mempunyai daun berdaging, cukup tahan di tempat yang kering sekali pun dan sangat sesuai ditempatkan di dalam ruangan. Jenis tanaman sukulen ini memiliki sifat menjalar, bahkan bisa mencapai 4 meter. Selain itu tanaman hias ini memiliki batang dengan warna kombinasi hijau dan merah muda. Sedangkan daun string of heart kebanyakan berbentuk hati dan mempunyai beragam macam warna.

Langkah menggantungnya, karena perlu disirami lebih sering, sebaiknya tanaman ini harus direndam pada tempat dengan drainase, ya.

2. Sedum Morganianum

Tanaman Sedum Morganianum

Tanaman hias sedum morganianum ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama kaktus angggur sebab wujud atau bentuk dari daunnya yang unik dan berdompol seperti buah anggur. Tanaman hias ini mempunyai karakter yang serupa dengan tipe kaktus yang lain yakni mempunyai ketahanan yang tinggi dan semakin banyak memerlukan cahaya matahari daripada air.

3. Tradescantia

Tanaman Tradescantia

Tanaman hias gantung daun yang ini mempunyai pencinta sejati yakni para ibu rumah tangga, di alam liar tanaman hias ini tampak mirip rumput dengan batang yang menjalar. Tanaman tradescantia ini mempunyai banyak sekali jenisnya, kira kira 30 jenis di alam liar dengan struktur daun, batang yang lain, tanaman ini benar-benar sesuai untuk ditanam di halaman atau taman Kamu.

4. Baby Tears Plant

Tanaman Baby Tears Plant

Tanaman hias gantung daun Baby Tears Plant asal dari Amerika Utara. Jenis tanaman ini lebih dikenal dengan nama baby tears karena wujud atau bentuk daunnya yang kecil dan mirip seperti anak panah. Tanaman Baby Tears Plant merupakan jenis tanaman hias gantung yang membutuhkan banyak cahaya matahari. Tanaman ini termasuk tumbuhan yang menjalar mengikuti arah sinar dan mempunyai tingkat perkembangan yang cukup baik.

5. Tanaman Hias Gantung Daun Million Hearts

Tanaman Million Hearts
Tanaman hias gantung Million Hearts ini juga dikenal dengan nama Dischidia Ruschifolia Variegata. Tanaman hias ini dengan bentuk yang unik, konon tanaman hias ini datang dari negara Thailand. Untuk cara merawat tanaman Million Hearts cukuplah mudah, pasalnya kamu hanya menyiraminya satu hari sekali pada sore atau pagi hari dan berikan sirkulasi udara yang cukup yakni satu minggu sekali.

6. Dischidia Ovata

Tanaman Dischidia Ovata
Tanaman Dischidia Ovata tergolong tanaman hias yang menjalar. Hadirnya tanaman hias gantung ini membuat area atau hunian kamu menjadi indah, cantik dan asri dengan warna hijau daunnya. Apabila kamu hendak menghias dinding ruangan Kamu, tanaman yang satu ini bisa jadi opsi utama, pasalnya perawatannya cukup mudah dan indah serta asri hasilnya. Disamping tidak membutuhkan perawatan khusus dalam menjaga tanaman ini memiliki kegunaan yang cukup banyak yakni bisa menjadi penyerap racun atau polutan di dalam ruang dan menjadi pembersih udara di dalam rungan.

7. Dischidia Nummularia Variegata

Tanaman Dischidia Nummularia Variegata
Tanaman hias gantung daun Dischidia Nummularia Variegata ini termasuk tanaman yang lebih banyak ditanam oleh pencinta tanaman hias karena di samping elok tanamannya, juga termasuk gampang dalam perawatannya. Tanaman hias ini sesuai diletakkan di dalam ruangan indoor Kamu. Tanaman hias ini tidak membutuhkan pupuk tapi media tanam yang senantiasa selalu diremajakan tiap satu tahun sekali.

8. English Ivy

tanaman english ivy

Tanaman hias english ivy adalah salah satu tanaman hias gantung daun yang tumbuh secara menjalar, sebab itu tanaman ini lebih banyak jadi tanaman hias menggantung. Bentuk dari tanaman hias ini cukuplah unik maka dari itu banyak orang-orang yang menanam tanaman hias ini pada halaman atau teras rumah mereka.

9. Tanaman Hias Gantung Daun Peperomia Hope

Tanaman Peperomia Hope
Tanaman Peperomia Hope mempunyai daun dengan corak yang memikat dan bentuk yang beraneka warna, dimulai dengan menjalar, tumbuh tegak, daunnya lembut dan dengan bulu sampai bentuk daun yang tumpul dan membulat. Habitat asli dari tanaman hias gantung daun ini berasal dari hutan tropis daerah Amerika, oleh sebab itu tanaman ini lebih menyenangi keadaan yang hangat dan sedikit agak lembab.

10. Creeping Charlie

Tanaman Creeping Charlie
Tanaman Creeping Charlie ini adalah salah satu tanaman hias gantung daun berasal dari daerah Amerika Selatan, tanaman ini bisa tumbuh dengan menjalar dan mempunyai perkembangan yang cukup cepat. Ada beberapa macam atau jenis dari tanaman creeping charlie ini, ada yang mempunyai bunga dengan warna ungu yang bisa menambahkan kecantikan pelataran atau halaman anda.

11. Sirih Gading

tanaman sirih gading

Sirih gading merupakan tanaman hias gantung daun yang banyak ditanam karena gampang perawatannya. Tanaman hias yang mempunyai sebutan latin Epipremnum Aureum ini menjadi satu diantara tanaman yang bisa tumbuh subur lewat media air. Cara menanam dan merawatnya cukuplah mudah, masukkan sirih gading ke botol bekas, selanjutnya isikan dengan air sesuai kebutuhan. Tidak cuma cantik dilihat, sirih gading dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih fresh.

12. Tanaman Hias Gantung Daun Spider Plant

Tanaman spider plant

Tanaman jenis ini dikenal juga bernama lili paris, karena wujud daunnya yang seperti kaki laba-laba. Model tanaman gantung yang ini mempunyai potensi penyesuaian yang baik sekali dengan lingkungan sekitar. Bahkan juga tanaman ini bisa ditanamkan di beberapa jenis tanah.

13. Tanaman Jenggot Putih

Tanaman jenggot putih

Tanaman jenggot putih adalah salah satu tanaman hias gantung daun yang umumnya tumbuh di pohon. Bentuk dari tanaman ini berupa rumput atau menuruni tali menggantung. Di alam liarnya, umumnya dipakai burung untuk membuat sarangnya tapi laba-laba juga suka menempati tanaman jenggot putih ini.

14 . Tanaman Silver Hair

15. Heartleaf Philodendron

16. Tanaman Hoya Compacta

17. Tanaman Scindapsus.

18. Peperomia quadrangularis.

19. Tanaman Pakis Boston

20. Tanaman Hias Gantung Daun Hanging Purple Grass

Tanaman Hanging Purple Grass
Tanaman hias gantung daun Hanging Purple Grassyang ini mempunyai daun yang kecil dan memiliki warna merah, serta bisa berganti jadi warna hijau apabila sudah dewasa. Tanaman hias ini bisa bertahan di cuaca yang panas. Tanaman hanging purple grass menyenangi tanah yang humus dan tidak terkena pancaran cahaya matahari secara langsung.

Baca juga: 33 Jenis Jenis Tanaman Hias dan Cara Mudah Merawatnya

Nah, itulah 2o tanaman hias gantung daun yang indah dan mudah perawatannya. Apakah kamu akan mencoba untuk menanam dan merawatnya di rumah?

  • Bagikan