soal bahasa indonesia kelas 6 semester 1 dan 2

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Diposting pada

Soal bahasa Indonesia kelas 6 ini terdiri dari semester 1 dan 2. Postingan ini kami khususkan untuk adik adik dalam rangka mempersiapkan ujian sekolah akhir tahun pelajaran nanti. Namun sebenarnya soal b indonesia kelas 6 juga bisa digunakan sebagai persiapan dalam menghadapi ulangan harian, PTS maupan PAS untuk mapel bahasa Indonesia. Contoh soal ulangan ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum terbaru saat ini. Lantas selengkap apa sih Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 ini?

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 2020

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa bank soal bahasa indonesia kelas 6 ini kami khususkan untuk persiapan menghadapi try out maupun ujian nasional dan ujian sekolah. Namun tak menutup kemungkinan soal soal ini bisa dijadikan sebagai kumpulan soal bahasa indonesia kelas 6 sd dan kunci jawaban. Pasalnya soal yang kami bagikan ini terdiri dari 60 butir soal dan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal UN Bahasa Indonesia Kelas 6

Seperti yang sudah diketahui bahwa ujian sekolah (UN) baik di tingkat SD, maupun di atasnya sudah tidak ada lagi. Namun mungkin di daerah adik adik ada semacam ulangan yang mirip ujian sekolah atau try out untuk mencukupi kebutuhan nilai pada nilai ijazah kelas 6, yakni dari unsur lain lain. Maka soal ini bisa dijadikan soal try out bahasa indonesia kelas 6 dan kunci jawabannya. Karena soal ini berisikan contoh soal try out online sd kelas 6 bahasa indonesia 2019 dan 2020.

Soal Kelas 6 Bahasa Indonesia

Tak perlu panjang lebar kami memberikan pengantar untuk contoh soal ujian kelas 6 bahasa indonesia ini. Yang jelas kumpulan soal ini bisa kita jadikan sebagai soal online kelas 6 bahasa indonesia. Karena bisa dibaca dan diakses secara online hanya saja tidak seperti kuis model soalnya. Yuk kita bahas satu per satu soal ulangan bahasa indonesia kelas 6 ini.

Rumah Adat

Rumah adat merupakan rumah khas suatu daerah yang menjadi tempat tinggal masyarakat di daerah. Rumah adat suatu daerah disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat. Bentuk rumah adat menunjukkan ciri khas kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Sebagai contoh, rumah adat di Pulau Kalimantan berbentuk panggung untuk menghindari hewan buas dan banjir. Hal ini sesuai dengan tempat tinggal mereka yang berada di sekitar hutan dan dekat dengan sungai. Berbeda dengan rumah adat di daerah Papua yang berada di atas gunung. Honai tidak memiliki jendela agar udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam.

1. Kalimat utama paragraf pertama adalah . . . .
A. Rumah adat merupakan rumah khas suatu daerah sebagai tempat tinggal masyarakat di daerah.
B. Rumah adat disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan budaya masyarakat
C. Bentuk rumah adat menunjukkan kepribadian masyarakat.
D. Letaknya berada di daerah yang sering dikunjungi masyarakat

Jawaban: Rumah adat merupakan rumah khas suatu daerah sebagai tempat tinggal masyarakat di daerah.

2. Ide pokok paragraf kedua adalah . . . .
A. Rumah adat yang menyerupai panggung
B. Contoh rumah adat di daerah
C. Rumah adat sangat berbeda di setiap daerah
D. Rumah adat Honai yang tak berjendela

Jawaban : Contoh rumah adat di daerah.

3. Bacalah !

Bajo adalah sebuah etnik yang tidak terpisahkan dengan laut. Pola permukiman masyarakat Bajo sangat unik dengan sebagian besar rumah berada di atas air. Ada satu tradisi masyarakat Bajo, yaitu Bapongka. Bapongka adalah tradisi penangkapan ikan menggunakan peralatan tradisional sehingga tetap memelihara lingkungan laut dari kerusakan. Penggunaan peralatan sederhana dapat menjaga kelestarian laut, khususnya terumbu karang. Bapongka salah satu kearifan lokal untuk menghargai dan melestarikan alam.

Makna kata bercetak tebal pada informasi di atas adalah . . . .
A. Bentuk yang jenisnya berbeda dengan yang lain.
B. Baju yang modelnya panjang.
C. Adat yang turun temurun.
D. Bertalian dengan kelompok sosial.

Jawaban: menurut KBBI etnik mempunyai arti bertalian dengan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang mempunyai arti atau kedudukan tertentu karena keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya; etnis.

4.Bacalah !

Mangrove merupakan jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat.

Antonim pada kata yang bercetak tebal adalah . . . .
A. dekat
B. jarang
C. banyak
D. jauh

Jawaban : antonim atau lawan kata dari rapat adalah jarang atau renggang.

5. Bacalah Percakapan berikut!

Udin : “ Aku baru mengerti bahwa satelitlah yang membantu kita melakukan komunikasi dengan cepat dan akurat. Kata Ayah, berkat satelit, kini semua informasi tersedia dengan mudah dan cepat. Ayah bilang dulu sangat sulit untuk menyampaikan pesan. Masyarakat harus membunyikan kentongan yang dipukul keras”.

Made : “Iya, Ayah dan Ibuku pun menceritakan hal yang sama, Sekarang semua informasi dapat disampaikan dengan cepat. Contonya jika ada warga yang sakit membutuhkan bantuan, Pak RT memberi tahu warga lewat telepon atau pesan singkat. Bantuan pun segera datang”.

Topik percakapan antara Udin dan Made topiknya adalah . . . .
A. Komunikasi
B. Kentongan
C. Satelit
D. Telepon

Jawaban: topik percakapan antara Udin dan Made berkaitan dengan komunikasi.

6. Bacalah !

Adaptasi fisiologi adalah adaptasi yang meliputi fungsi alat – alat tubuh. Adaptasi ini bisa berupa enzim yang dihasilkan suatu organisme. Contoh adaptasi fisiologi adalah hewan ruminansia, misalnya sapi, kambing, kerbau. Makanan hewan tersebut adalah rumput – rumputan. Di dalam saluran pencernaan hewan – hewan tersebut terdapat enzim selulase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna selulase yang menyusun dinding sel pertumbuhan, dengan enzim selulase maka makanan menjadi lebih mudah dicerna.

Informasi yang terdapat pada teks di atas adalah . . . .
A. Adaptasi fisiologi merupakan adaptasi yang meliputi fungsi alat-alat tubuh.
B. Adaptasi fisiologi merupakan adaptasi yang meliputi fungsi hewan dan manusia .
C. Adaptasi fisiologi merupakan adaptasi yang meliputi kehidupan hewan dan manusia
D. Adaptasi hewan merupakan adaptasi yang harus dilakukan meliputi lingkungan sekitar.

Jawaban : Adaptasi fisiologi merupakan adaptasi yang meliputi fungsi alat-alat tubuh.

7. Bacalah dongeng di bawah ini dengan cermat!

Malam itu Sangkuriang bertapa. Dengan kesaktiannya ia mengerahkan para pengawal untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Dayang Sumbi diam – diam mengintip pekerjaan tersebut. Begitu pekerjaannya hampir selesai, Dayang Sumbi memerintahkan pasukannya untuk menggelar kain sutra merah di sebelah timur kota. Ketika menyaksikan warna memerah di timur kota, Sangkuriang mengira bahwa hari sudah menjelang pagi. Ia sangat marah, karena tidak bisa memenuhi syarat yang diminta Dayang Sumbi dengan kesaktiannya, Sangkuriang menjebol bendungan yang dibuatnya.

Terjadilah banjir besar yang melanda seluruh kota. Ia pun kemudian menendang sampan besar yang dibuatnya. Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang diberi nama “Tangkuban Perahu “

Tokoh utama pada dongeng tersebut adalah . . . .
A. Dayang Sumbi
B. Pengawal
C. Pasukan
D. Sangkuriang

Jawaban : Sangkuriang.

8. Watak tokoh Dayang Sumbi adalah . . . .
A. jujur
B. licik
C. pemarah
D. rakus

Jawaban : licik.

9. Bacalah informasi berikut dengan cermat!

Perlawanan ini merupakan salah satu perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia terhadap kolonialisme Portugis. Perlawanan ini terjadi karena kesultanan – kesultanan Islam yang lain terancam dengan kedudukan Portugis di Malaka. Oleh sebab itu, pada tahun 1513 Raden Patah mengirimkan pasukan untuk menyerang Portugis di bawah pimpinan putranya, Adipati Unus. Penyerangan ini pun mengalami kegagalan karena faktor jarak yang terlalu jauh dan juga kalah dalam persenjataan dan strategi perang. Ketika Portugis menguasai pelabuhan Sunda Kelapa, Demak melakukan penyerangan kembali pada tahun 1527 di bawah pimpinan Fatahilah. Serangan ini berhasil sehingga Portugis meninggalkan Sunda Kelapa yang kemudian diganti namanya menjadi Jayakarta.

Jenis teks di atas termasuk teks . . . .
A. argumentasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. narasi

Jawaban : paragraf di atas termasuk paragraf narasi.

10. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan informasi di atas adalah . . . .

A. Mengapa penyerangan Raden Patah selalu mengalami kegagalan?
B. Kapan Portugis meninggalkan Sunda Kelapa?
C. Siapa yang memimpin perjuangan Portugis?
D. Apa yang menjadi tujuan Portugis ke Demak?

Jawaban : Kapan Portugis meninggalkan Sunda Kelapa?

11. Bacalah!

Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya.Tidak lebih satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali mereka bolak-balik menuju sarang.

Simpulan bagian teks di atas adalah….
A. Semut berbaris bolak-balik di bawah komando sang pemimpin.
B. Semut tidak cukup sekali membawa bulir roti ke sarang.
C. Setiap semut membawa sebulir roti ke sarang.
D. Berpuluh kali semut membawa bulir roti ke sarang.

Jawaban : Semut berbaris bolak-balik di bawah komando sang pemimpin.

12. Bacalah !
Rudi : “ Ton, ayo kita berangkat sekarang! Jangan sampai kita terlambat. “
(sambil membenahi tas gendongnya)
Toni : “ Iya, aku juga sudah siap kok, aku juga tidak enak dengan teman-teman jika
Terlambat.” (mengeluarkan sepeda dari teras rumah)
Tina : “ Baiklah, ayo kita berangkat! “
Novi : “ Ayo, siap. “

Amanat dalam kutipan drama tersebut di atas adalah….

A. Disiplin waktu sangatlah penting.
B. Terburu-buru tidaklah baik.
C. Jangan mengecewakan teman.
D. Hargailah teman-temanmu.

Jawaban : Disiplin waktu sangatlah penting.

13. Bacalah !

Ia adalah dokter Rinda, seorang dokter muda yang sederhana dan terampil. Ayahnya seorang petani di desa kami yang sangat tekun mengolah bidang pertaniannya. Dokter Rinda baru kembali ke desa kami tiga tahun yang lalu, setelah sepuluh tahun lebih merantau ke ibu kota. Ia memperoleh beasiswa di Fakultas Kedokteran dan setelah lulus. Ia … di Rumah Sakit Umum Kabupaten .

Kata tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah….
A. operasi
B. opname
C. praktik
D. menginap

Jawaban : praktik.

14. Bacalah !

Dokter Rinda seorang dokter yang sukses dalam pelayanannya baik di rumah sakit maupun di masyarakat. Ia ketika kuliah selalu mendapat nilai yang memuaskan. Ia mau berbagi pengalaman dengan orang lain di tempat kerjanya. Ia seorang dokter yang ramah selalu menyenangkan pasiennya.

Ungkapan yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah….
A. rendah hati
B. tinggi hati
C. besar hati
D. kecil hati

Jawaban : rendah hati.

15. Bacalah !

Reni bekerja di perusahaan Adi Jaya Makmur. Dia menjadi deriktur perusahaan tersebut. Ketika sudah menjadi deriktur Reni memiliki gaji yang sangat tinggi. Dia menjadi orang kaya di kampungnya. Pada saat bertemu temanya di kampungnya bahkan Reni satu kelas dengan teman tersebut. Reni tidak pernah menyapa saat bertemu di jalan
bahkan dia lupa apa yang dia rasakan sejak saat itu.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A. Bagai pinang dibelah dua
B. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.
C. Kacang lupa akan kulitnya.
D. Ada gula ada semut.

Jawaban : Kacang lupa akan kulitnya.

16. Bacalah kalimat acak berikut !

Cara Membuat Bangku Kaleng Bekas
1. Lapisi sekelilingnya dengan kardus bekas. Kemudian, lapisi kardus dengan kertas kado.
2. Letakkan bantal tersebut di atas kaleng. Rapikan tepinya ke dalam kardus.
3. Ikat keempat kaleng menggunakan tali rafia hingga menyatu.
4. Bungkus bantal kecil dengan kain. Ikat ujung kain secara diagonal.

Urutan cara membuat bangku kaleng bekas yang benar adalah….
A. 3-1-4-2
B. 3-4-1-2
C. 3-4-2-1
D. 4-3-1-2

Jawaban : 3-4-1-2.

17. Bacalah !

1. Pakaian yang dibeli Ibu lumayan bagus-bagus.
2. Ibu memilih-milih beberapa potong baju dan celana.
3. Ibu bermaksud memberikan pakaian tersebut kepada adik sepupuku.
4. Ibu berbelanja ke toko pakaian di dekat rumahku.

Urutan kalimat tepat agar menjadi paragraf narasi padu adalah….
A. 1-3-4-2
B. 2-1-3-4
C. 3-1-2-4
D. 4-2-1-3

Jawaban : 4-2-1-3.

18. Bacalah !

Laporan Hasil Pengamatan
Pengamat : Novita Adinda
Hari,tanggal : Minggu, 14 Pebruari 2021
Tempat : Panti Asuhan Mutiara Kasih

Hasil :

Panti Asuahan Mutiara Kasih didirikan pada tahun 2000. Panti ini menampung anak Yatim piatu berjumlah 60 orang. Terdapat 37 anak perempuan dan 23 anak laki- laki. ………… Adapun kegiatan rutin yang mereka lakukan tiap hari Minggu adalah senam pagi dan kerja bakti bersama untuk membersihkan panti.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah….
A. Cukup banyak prestasi yang dimiliki oleh mereka.
B. Umumnya, mereka selalu melakukan kegiatan bersama dua bulan sekali.
C. Beberapa anak di panti ini karena berprestasi, mendapatkan beasiswa.
D. Mereka terdiri atas 15 anak menempuh pendidikan SMA, 20 anak SMP, 17 anak masih tingkat SD, dan delapan anak belum sekolah karena masih balita.

Jawaban : Mereka terdiri atas 15 anak menempuh pendidikan SMA, 20 anak SMP, 17 anak masih tingkat SD, dan delapan anak belum sekolah karena masih balita.

19. Bacalah !

Siswa SD Kartika … lomba paduan suara tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah….
A. diikuti
B. mengikuti
C. mengikutkan
D. diikutkan

Jawaban: mengikuti.

20. Penulisan ejaan yang tepat untuk kalimat-kalimat di bawah ini adalah….

A. Presiden Republik Indonesia pertama adalah Bapak Ir.Soekarno.
B. Presiden republik Indonesia pertama adalah Bapak Ir.Soekarno.
C. Presiden republik indonesia pertama adalah Bapak Ir.Soekarno.
D. Presiden Republik Indonesi pertama adalah Bapak ir.soekarno.

Jawaban : Presiden Republik Indonesia pertama adalah Bapak Ir.Soekarno.

21. Sejak kemarin aktivitas Gunung Merapi jawa tengah mengalami peningkatan.

Penggunakan ejaan yang benar kalimat di atas adalah ….
A. Sejak kemarin aktivitas Gunung Merapi Jawa tengah mengalami peningkatan.
B. Sejak kemarin aktivitas Gunung Merapi Jawa Tengah mengalami peningkatan.
C. Sejak kemarin aktivitas Gunung merapi Jawa Tengah mengalami peningkatan.
D. Sejak kemarin aktivitas Gunung Merapi jawa tengah mengalami peningkatan.

Jawaban : Sejak kemarin aktivitas Gunung Merapi Jawa Tengah mengalami peningkatan.

22. Bacalah !

Teks 1

Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia belajar secara rutin. Setiap hari ia memulai belajar pukul 19.00 WIB. la baru berhenti belajar saat jam menunjukkan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia belajar bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, Ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga bisa diterima di SMP favorit di kotanya.

Teks 2

Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak Pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapatkan nilai memuaskan. Ridho juga ingin agar ibunya merasa bangga.

Isi persamaan kedua teks di atas adalah ….

A. Ketekunan dalam belajar agar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak tahadap ibunya.
C. Semangat belajar untuk meraih nilai tinggi.
D. Kerja keras dalam belajar agar naik kelas.

Jawaban : Semangat belajar untuk meraih nilai tinggi.

23. Bacalah !

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 pekerjaan orang tua SD Mekarsari Klaten sebagai berikut sebanyak 127 orang atau 29,1% bekerja sebagai wiraswasta, 125 orang atau 28,6 sebagai pedagang, 115 orang atau 26,6% bekerja sebagai karyawan dan 70 orang atau 16% sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Tabel pekerjaan wali murid

Tabel bernomor (2), (6), (4), dan (8) seharusnya diisi ….
A. 115 atau 26,6 % dan 70 atau 16%
B. 127 atau 29,1% dan 115 atau 26,6%
C. 125 atau 28,6% dan 115 atau 26,6%
D. 125 atau 28,6% dan 70 atau 16,6%

Jawaban : 115 atau 26,6 % dan 70 atau 16%.

24. Bacalah !

Cacat tubuh tidak menjadi halangan bagi Alivano. Walaupun lumpuh, ia tidak merasa kesulitan untuk membantu orang tuanya. Bahkan ia berhasil menciptakan lapangan kerja sendiri. Hasil produksi berupa mainan berhasil merebut perhatian anak-anak. Alivano senang mengerjakan pekerjaan tersebut, karena dapat menjadi tambahan orang tua untuk memenuhi kebutuhan.

Keteladanan tokoh cerita di atas adalah ….
A. Berbuat baik kepada semua orang.
B. Membantu orang tua mencari nafkah.
C. Bekerja keras mencari pekerjaan tambahan.
D. Gigih mengerjakan pekerjaan tambahan.

Jawaban : Bekerja keras mencari pekerjaan tambahan.

25. Bacalah !

Klinik Mutiara adalah Klinik yang banyak dikunjungi pasien. Dokternya ramah dan terkenal bertangan panas. Setiap pasien yang bersilaturahmi, selalu dibantu dengan baik. Tidak heran, jika banyak orang yang berobat ke Klinik itu.

Penggunakan kata yang dicetak miring paragraf di atas adalah ….
A. dingin, berkunjung, ditolong
B. dingin, berobat, dianjurkan
C. dingin, berkunjung, disuntik
D. dingin, berobat, dikunjungi

Jawaban : dingin, berkunjung, ditolong.

26. Bacalah !

Semalam Desa Glagah kebanjiran. Luapan air menenggelamkan seluruh permukiman padat penduduk. Seluruh penduduk mengungsi dan membuat penampungan sementara di desa tetangga yang letaknya lebih tinggi. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, tetapi harta benda di dalamnya. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. Penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.
B. Para penduduk khawatir akan masa depan mereka sekalian.
C. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka.
D. Penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Jawaban : Penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.

27. Bacalah !

Setiap hari Santosa terlambat datang ke sekolah. Ia tidak suka memakai seragam dengan rapi. Berulang-ulang Santosa mendapat peringatan. Santosa pun sering mendapat bimbingan dari guru kelasnya. Akan tetapi, Santosa belum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Hingga suatu hari orang tua Santosa dipanggil ke sekolah. Setelah mengetahui perbuatan Santosa ….

Prediksi yang mungkin terjadi adalah ….
A. Orang tua Santosa minta maaf pada guru.
B. Orang tua Santosa sangat malu.
C. Orang tua Santosa naik emosinya.
D. Orang tua Santosa mengajak pulang Akbar.

Jawaban : Orang tua Santosa minta maaf pada guru.

28. Bacalah !

Ayah Rina seorang penjual mie ayam keliling, sedangkan Ibunya seorang tukang sayur. Latar belakang sosial orang tua, tidak membuat Rina menjadi minder. Keadaan seperti itu tidak membuat surut semangat untuk belajar. Usaha yang gigih dan disertai doa, akhirnya Rina berhasil menamatkan sekolah dengan meraih juara umum di
sekolahnya.

Nilai moral cerita tersebut adalah ….
A. Kita harus membalas kebaikan orang tua dengan cara belajar giat
B. Kita harus belajar yang rajin agar mendapat juara umum di sekolah
C. Kita harus semangat belajar agar dapat meraih prestasi sesuai harapan orang tua
D. Kita harus meraih nilai tertinggi dalam setiap pelajaran yang ada di sekolah

Jawaban : Kita harus membalas kebaikan orang tua dengan cara belajar giat.

29. Bacalah

Aini dilahirkan di Klaten, 12 , Desember, 2007

Penggunaan tanda baca yang tepat kalimat di atas adalah ….
A. Roni dilahirkan di Klaten: 12, Desember 2007.
B. Roni dilahirkan di Klaten; 12 Desember 2007.
C. Roni dilahirkan di Klaten, 12 Desember, 2007.
D. Roni dilahirkan di Klaten, 12 Desember 2007.

Jawaban : Roni dilahirkan di Klaten, 12 Desember 2007.

30. Bacalah !

Ayahku bernama Martono, S.Pd. Beliau adalah seorang guru. Beliau lahir di Klaten, 2 Februari
1979. Sekarang beliau tinggal di Jalan Melati Nomor 3 ( Klaten )

Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat di kalimat ….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat

Jawaban : Sekarang beliau tinggal di Jalan Melati Nomor 3 ( Klaten ) seharusnya Sekarang beliau tinggal di Jalan Melati Nomor 3 Klaten.

Soal Bahasa Indonesia Kelas 6 pdf

Banyak orang yang mencari soal bahasa indonesia kelas 6 pdf karena bisa dikerjakan secara ofline di rumah. Selain itu kita lebih nyaman dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal yang ada dengan lebih mudah. Namun sayangnya kami belum bisa menyediakan soal bahasa indonesia kelas 6 semester 1 dan 2 pdf . Apabila adik adik menginginkan tinggal menyalin try out online bahasa indonesia kelas 6 pada word dan sejenisnya. Mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang soal bahasa indonesia kelas 6 ini.

1. Bacalah!

Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk membuat lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah sentra pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga kemudian diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.

Makna kata area dalam paragraf tersebut adalah….
A. tempat
B. daerah
C. lokasi
D. peta

Jawaban: menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata area memiliki arti daerah.

2. Bacalah !

Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.

Makna istilah kompos pada kalimat di atas adalah….
A. Pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik dan kotoran hewan.
B. Pupuk campuran yang terdiri atas sisa makanan hewan yang membusuk.
C. Pupuk campuran yang terdiri atas kotoran hewan unggas dan kotoran kambing.
D. Pupuk campuran yang terdiri atas sisa makanan manusia dan sisa sayuran.

Jawaban: Makna kompos di KBBI adalah: pupuk campuran yang terdiri atas bahan organik (seperti daun dan jerami yang membusuk) dan kotoran hewan.

3. Bacalah !

Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur seperti kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur kemudian dikumpulkan di sentra bersama dengan sampah kebun.

Antonim kata memisahkan pada kaliamat di atas adalah….
A. memadukan
B. membaurkan
C. mengadukan
D. menyatukan

Jawaban: antonim atau lawan kata dari memisahkan adalah menyatukan.

4. Bacalah !

Masyarakat Kampung Hijau Rawajati, membuat lingkungan hijau dengan beragam tanaman.

Sinonim kata beragam pada kalimat di atas adalah….
A. model
B. corak
C. jenis
D. warna

Jawaban: ragam sama artinya dengan macam atau jenis.

5. Bacalah !

Mencuci tangan harus sesuai prosedur supaya efektif memberantas kuman penyebab penyakit. Pertama basahi kedua telapak tangan, beri sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan. Langkah kedua, usap dan gosok kedua punggung tangan kemudian sela-sela jari dan bersihkan ujung jari secara bergantian. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian. Letakkan ujung jari ke telapak tangan, gosok perlahan dan dilanjutkan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan dengan handuk kering atau tisu.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah….
A. Sebelum membasahi tangan, beri sabun dan gosok kedua tangan.
B. Mencuci tangan cukup dengan menggosok-gosok kedua telapak tangan.
C. Langkah terakhir dalam mencuci tangan adalah membilas dengan air bersih mengalir.
D. Mengeringkan tangan harus dilakukan menggunakan handuk.

Jawaban: Langkah terakhir dalam mencuci tangan adalah membilas dengan air bersih mengalir.

6. Bacalah !

Buah pisang yang belum matang berwarna hijau. Buah pisang berwarna kekuningan ketika sudah matang. Buah pisang tersusun dari beberapa sisir dan satu tandan. Biasanya satu tandan terdiri beberapa sisir. Hampir seluruh bagian dari pohon pisang memiliki manfaat.

Paragraf di atas termasuk jenis teks….
A. persuasi
B. narasi
C. argumentasi
D. deskripsi

Jawaban: termasuk paragraf deskripsi karena menggambarkan buah pisang.

Bacaan berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 7 – 9 !

Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dhena. Dia hidup bersama istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubug sederhana. Sudah seminggu ini, turun hujan. Dhena pun tidak dapat pergi ke hutan mencari kayu bakar. Istri Dhena berkata kepada suaminya bahwa persedian makanan hampir habis, hanya lima butir kentang yang mereka miliki. Dhena mengatakan kepada istrinya agar kentang yang mereka miliki disiapkan untuk anak-anaknya.

7. Tokoh cerita di atas adalah….
A. Dheda
B. Dhena
C. Dheva
D. Dhewa

Jawaban: tokoh utama pada cerita di atas adalah Dhena.

8. Latar tempat terjadinya cerita di atas adalah….
A. hutan
B. ladang
C. gubug
D. desa

Jawaban: latar tempat untuk cerita di atas yaitu sebuah gubug sederhana.

9. Watak tokoh cerita di atas adalah….
A. tegas
B. sabar
C. pemarah
D. jujur

Jawaban: sabar.

10. Bacalah !

Aisyah adalah seorang gadis di desaku yang cantik, ramah, dan sangat taat. Semua perintah dan nasihat dari orang tua dipatuhinya. Budi pekertinya baik, tutur katanya manis, rendah hati, dan hampir tidak ada celanya. Tidak heran kalau Aisyah menjadi buah bibir orang-orang di desaku.

Maksud dari kalimat yang bercetak miring adalah….
A. Pantas orang sedesa membicarakan kebaikan Aisyah.
B. Kejelekan Aisyah dibicarakan oleh orang satu desaku.
C. Banyak orang di desa mencela sikap Aisyah.
D. Karena sikap Aisyah maka orang-orang menghormatinya.

Jawaban: Pantas orang sedesa membicarakan kebaikan Aisyah.

11. Bacalah!

Banyak orang yang menyukai pohon kelapa. Pohon kelapa juga banyak manfaatnya. Meskipun pohonnya tinggi orang-orang tidak pernah lelah dalam merawatnya. Pohon kelapa ini selalu digunakan sebagai bahan bangunan terutama kayu. Di samping itu buah kelapanya juga digunakan sebagi bahan bahan memasak.

Informasi yang tersirat pada teks di atas adalah ….
A. Sistem merawat pohon kelapa.
B. Manfaat pohon kelapa yang di sukai banyak orang.
C. Pohon kelapa sebagai bahan untuk memasak.
D. Sebuah bangunan membutuhkan pohon kelapa.

Jawaban: Manfaat pohon kelapa yang di sukai banyak orang.

12. Bacalah !

Makanan pokok: nasi, jagung, dan ketela mengandung karbohidrat sebagai sumber tenaga bagi tubuh kita. Protein sebagai zat pembangun tubuh dapat dikonsumsi dengan makan susu, telur, ikan, dan jenis kacang-kacangan. Sebagai pengatur suhu tubuh, vitamin kita dapat dari mengkonsumsi buah dan sayuran. Oleh sebab itu makana bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh.

Simpulan paragraf di atas adalah ….
A. Makanan bergizi mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh.
B. Karbohidrat berguna sebagai sumber tenaga tubuh kita.
C. Protein merupakan zat pembangun yang diperlukan tubuh.
D. Buah dan sayuran mengandung vitamin bagi tubuh.

Jawaban: kesimpulan dari teks di atas adalah Makanan bergizi mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh.

13. Bacalah !

Anton diminta ibu membeli obat di apotek. Di jalan ia melihat pertunjukan seni lukisan. Anton tertarik dan menonton pertunjukan seni lukisan tersebut. Tiba-tiba, adiknya menyusul Anton di tempat tersebut. Anton baru sadar akan tugas yang diberikan ibunya. Ia segera berlari ke apotek.

Amanat yang tepat untuk cerita di atas adalah …
A. Lakukan hal-hal yang kamu suka.
B. Hiburan yang menarik harus ditonton.
C. Kerjakan tanggung jawab sebaik mungkin.
D. Ucapan orang tua harus kita taati.

Jawaban:  Kerjakan tanggung jawab sebaik mungkin.

14. Bacalah!

Dalam terik matahari
Esok hari kumasih duduk di sini
Bak senggok sampah
Tertiup angin kemarau yang membawa jiwa
Tergores luka berdarah – darah
Ingin menjerit sekuat tenaga
Namun mulut terbekap pisau kedudukan

Tema puisi di atas adalah….
A. Kesanggupan menahan angin.
B. Kepasrahan menjalani hidup.
C. Keperkasaan menantang bahaya.
D. Kesepian menghalau kedudukan.

Jawaban: tema puisi di atas adalah Kepasrahan menjalani hidup.

Download Soal Bahasa Indonesia Kelas 6

15. Bacalah !

Gedung itu direnovasi dengan … ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
A. Menyibukan
B. Menampilkan
C. Menjadikan
D. Melibatkan

Jawaban: melibatkan.

16. Bacalah !

Rafa murid kelas VI. Ia selalu ingin membeli berbagai mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia sering meminjam uang kepada teman- temannya. Padahal setiap hari ia diberi saku Rp 7.000,00 oleh ayahnya, sedangkan harga mainan yang ia beli seharga Rp 10.000,00. Sikap Santosa bagaikan sebuah peribahasa.

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks tersebut atas adalah . . . .
A. Sekali mendayung dua pulau terlampaui.
B. Besar pasak daripada tiang.
C. Air susu dibalas dengan air tuba.
D. Berakit dahulu berengan ketepian.

Jawaban: Besar pasak daripada tiang.

17. Perhatikan !

Perhatikan petunjuk acak berikut!
(1) Tekan tombol star
(2) Masukkan cucian ke dalam tabung mesin cuci
(3) Hubungkan mesin cuci dengan sumber air
(4) Pastikan mesin cuci memiliki sumber air
(5) Tuangkan detergen
(6) Tutup pintu mesin

Urutan petunjuk menggunakan mesin cuci yang tepat adalah …
A. 4 – 3 – 2 – 5 – 6 – 1
B. 4 – 2 – 5 – 3 – 6 – 1
C. 4 – 1 – 2 – 5 – 3 – 6
D. 4 – 3 – 2 – 1 – 5 – 6

Jawaban: 4 – 2 – 5 – 3 – 6 – 1.

18. Bacalah !

Pantai merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati masyarakat. Tempat ini sungguh luar biasa dengan ombak yang begitu indah. Bahkan para turis mancanegara banyak yang datang ke pantai. Oleh karena itu panti sebagai destinasi wisata masyarakat.

Jenis teks di atas adalah …..
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. persuasi

Jawaban: paragraf deskripsi yakni menggambarkan keindahan destinasi pantai.

19. Bacalah !

Para siswa SD Tunas Muda mendapat tugas mengamati sawah sekitar sekolah. Pengamatan itu dilaksanakan pada hari Senin, 8 Januari 2020 saat istirahat. Mereka mengamati tumbuhan yang hidup di sawah …. Dengan demikian siswa-siswi mengetahui jenis tumbuhan yang terdapat di sawah.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan rumpah di atas adalah ….
A. Tumbuhan padi sangat subur karena pengairannya cukup.
B. Selain padi masih ada tambahan lain yang hidup di sawah.
C. Pak tani senang melihat tanaman padi yang hampir menguning.
D. Tumbuhan itu, antara lain: padi, jagung, talas dan kacang.

Jawaban: Tumbuhan itu, antara lain: padi, jagung, talas dan kacang.

20. Bacalah !

Bulan April tahun ini siswa sekolah dasar se-Indonesia melaksanakan ujian sekolah. Pelaksanaanya dilakukan serentak di seluruh wilayah. Para siswa semangat untuk … diri menghadapi ujian tersebut. Berbagai cara tiap sekolah melakukan persiapannya salah satunya mengadakan les di luar jam sekolah.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. bersiapkan
B. siapkan
C. bersiap
D. mempersiapkan

Jawaban: mempersiapkan.

21. Kalimat di bawah ini yang tidak sesuai dengan tanda baca yang tepat adalah . . . .
A. Banyuwangi terkenal kota yang indah, dan mempesona di wilayah Jawa Timur.
B. Ibu datang dari Jakarta pukul 11; 35; 10
C. Sebelum pergi, ia berpamitan kepada sanak saudaranya
D. Aduh, kepalaku pusing sekali!

Jawaban: Aduh, kepalaku pusing sekali!

22. Penulisan kata depan pada pernyataan di bawah ini adalah . . . .
A. Simpanlah uangmu di bank biar lebih aman!
B. Sampah berserakan dihalaman sekolah
C. Ibu di antar Ayah ke dokter umum
D. Kucingku diberi makan dengan ikan bandeng

Jawaban: Simpanlah uangmu di bank biar lebih aman! ( antara di dan bank harus dipisah ).

23. Bacalah

Teks 1

Cuaca yang buruk menyebabkan terhambatnya distribusi barang – barang ke Pulau Sumatera. Kapal – kapal feri tidak beropersi karena tinggi ombak di Selat Sunda. Akibatnya puluhan truk mengantre di Pelabuhan Merak. Hal ini cukup merugikan produsen, distributor, dan konsumen

Teks 2

Pagi menjelang, aktivitas sehari – hari di mulai di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Seiring irama alam, beberapa nelayan mulai melakukan aktivitas melaut. Mereka mulai bergegas, berlomba dengan sang waktu. Jangan sampai mereka didahului oleh sengatan terik matahari dan gulungan ombak yang semakin tinggi menjulang. Warga di kawasan Pantai Pangandaran memang dikenal sebagai nelayan yang tangguh karena sebagian besar dari mereka berasal dari Cilacap yang dikenal nelayan – nelayan yang pandai melaut.

Persamaan kedua teks di atas adalah . . . .
A. Kondisi wilayah perairan.
B. Aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat.
C. Ketinggian gelombang di laut.
D. Keragaman budaya di Indonesia.

Jawaban: Ketinggian gelombang di laut.

24. Bacalah !

Pak Anton memiliki seorang anak, Intan namanya. Ia ingin sekali bersekolah. Ia bercita – cita bisa bersekolah hingga lulus perguruan tinggi. Pak Anton yang bekerja sebagai pemulung tidak tega mengecewakan cita – cita anaknya. Beliau bekerja membanting tulang demi cita – cita anaknya. Usaha Pak Anton pun tidak sia – sia .

Prediksi yang akan terjadi dengan keberhasilan Intan adalah . . . .
A. Intan pesimis dengan upaya kerja keras ayahnya.
B. Pak Anton pasrah dengan kondisi keluarganya.
C. Beberapa tahun kemudian Intan berhasil menyelesaikan kuliah.
D. Rintangan Pak Anton dihadapi dengan sabar.

Jawaban: Beberapa tahun kemudian Intan berhasil menyelesaikan kuliah.

25. Sikap yang patut di teladani pada tokoh di atas adalah . . . .
A. Pemalas
B. Pemaaf
C. Jujur
D. Pantang menyerah

Jawaban: pantang menyerah.

26. Amanat dari cerita di atas adalah . . . .
A. Kesuksesan seseorang tergantung dari usahanya sendiri.
B. Kesuksesan seseorang meliputi usaha yang sungguh- sungguh, dan peran orang tua.
C. Cita –cita cukup dengan berdoa saja.
D. Usaha seseorang didasari bekerja tanpah lelah.

Jawaban: Kesuksesan seseorang meliputi usaha yang sungguh- sungguh, dan peran orang tua.

27. Bacalah!

Hasil pembuatan kerajinan anyaman kelas enam setelah dikasihkan guru kesenian ada perintah untuk direpisi.

Pebaikan kata yang dicetak miring adalah ….
A. revisi
B. refisi
C. refleksi
D. relaksi

Jawaban: kata baku nya adalah revisi.

28. Bacalah !

Ada seorang siswa perempuan (1 ) tinggal di Jalan Solo nomor 10 Kalasan Sleman. (2) Ia bernama Tsalasa Aisya Putri. (3) Lahir di Sleman tanggal 15 Desember tahun 2008.(4) Ia sekolah di SD Sukamaju.

FORMULIR PENDAFTARAN ANGGOTA PMI CABANG YOGYAKARTA
Bersama ini saya :
Nama :
tempat/tanggal lahir :
alamat :
sekolah :
Mendaftarkan diri sebagai anggota PMI cabang Yogyakarta

Sleman, 2 Pebruari 2021
Pemohon

……………………

Urutan pengisian formulir yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 2 – 1 – 3 – 4
C. 2 – 3 – 1 – 4
D. 3 – 1 – 4 – 2

Jawaban: 2 – 3 – 1 – 4.

29. Bacalah !

Matahari merupakan bola gas yang sangat panas dan menghasilkan cahaya. Matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari adalah sebuah bintang. Matahari tampak begitu besar dan panas dibanding bintang lainya karena jaraknya yang sangat dekat dengan bumi. Kita tidak melihat bintang lain di siang hari, karena pancaran cahayanya tersilaukan oleh sinar matahari. Cahaya yang tampak datang dari planet dan satelit sebenarnya adalah cahaya matahari yang dipantulkan oleh planet atau satelit tersebut. Matahari sebagai pusat tata surya, dikelilingi delapan planet seperti: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet tersebut memiliki waktu bergerak mengelilingi matahari yang berbeda – beda. Planet Merkurius membutuhakan 88 hari untuk bergerak mengelilingi matahari, dan rotasi 59 hari. Venus revolusi 225 hari, rotasi 243 hari. Bumi revolusi 365, 25 hari, rotasi 24 jam. Mars revolusi 687 hari, rotasi 24,6 jam. Jupiter revolusi 11,9 tahun, rotasi 9 jam 55 menit. Saturnus revolusi 29,5 tahun, rotasi 10,7 jam. Uranus revolusi 84 tahun, rotasi 10,7 jam. Neptunus revolusi 165 tahun, rotasi

Berikut data gerakan rotasi yang memiliki durasi waktu yang sama adalah . . . .
A. Saturnus dan Uranus
B. Bumi dan Mars
C. Uranus dan Neptunus
D. Jupiter dan Neptunus

Jawaban: Saturnus dan Uranus berotasi selama 10,7  jam.

30. Kita harus memperhatikan pola makan untuk menjaga tahan tubuh di saat Pandemi Covid -19 yang melanda seluruh bumi.

Perbaikan tepat untuk kata bercetak tebal pada kalimat di atas adalah . . . .
A. Mempertahankan
B. Dipertahankan
C. Ditahan
D. Ketahanan

Jawaban: ketahanan.

Unduh Soal Kelas 6 Yang Lain

Untuk soal kelas 6 semester 1 dan 2 yang lain bisa dibaca di bawah ini.

Soal PKn kelas 6 klik di sini

Soal Matematika kelas 6 klik di sini

Soal IPA kelas 6 klik di sini

Soal IPS kelas 6 klik di sini

Soal Bahasa Jawa kelas 6 klik di sini

Soal PAI kelas 6 klik di sini

Demikianlah sedikit ulasan mengenai soal bahasa Indonesia kelas 6 dan kunci jawaban.

Gambar Gravatar
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.