simbol karya tari di Indonesia

Mengenal Simbol Karya Tari di Indonesia Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Setelah kemarin kita mengenal bentuk bentuk karya tari di Indonesia. Pada postingan kali ini kami akan berbagi sedikit informasi mengenai Mengenal Simbol Karya Tari di Indonesia Beserta Penjelasannya. Mari kita simak bersama sama penjelasan di bawah ini.

Pengertian Simbol Karya Tari

SImbol karya tari merupakan makna makna yang terkandung di dalam sebuah tarian. Simbol dalam karya tari ini, bisa terdapat pada gerakan tari, busana penari, tata rias yang dipakai penari. Dan bahkan sampai properti yang digunakan dalam tarian tersebut.

Simbol Gerak Karya Tari

Perlu diketahui bahwa setiap pembuatan karya tari tentu menggunakan gerakan tari sebagai simbol atau makna. Simbol gerak yang dipakai untuk menyampaikan cerita, perasaan bahkan keinginan melalui tarian tersebut. Simbol gerakan tari bisa berupa gerak yang menyimbolkan kesedihan, menyimbolkan memandang jarak jauh, menyimbolkan kekuatan dan menyimbolkan bekerja keras. Serta masih banyak lagi simbol yang terdapat pada gerakan sebuah tarian.

Dalam gerakan tari bisa dilakukan dnegan berbagai cara. Bisa dengan gerakan yang lemah gemulai, gerakan yang patah patah, gerakan dinamis dan bahkan dengan gerakan yang lincah.  Gerak tarian yang dilakukan dengan lemah lembut atau lemah gemulai menyimbolkan bahwa tarian tersebut penuh dengan kelembutan dan perasaan. Sedangkan gerakan tari yang patah patah menyimbolkan kekuatan serta ketegasan. Dan gerakan tari yang dilakukan secara dinamis menyimbolkan akan kelincahan, semangat dan kuat bertenaga.

Simbol Busana

Selain dari gerakan, tarian juga memiliki simbol melalui busana atau kostum yang dikenakan para penari. Busana yang digunakan ini memiliki simbol tertentu di dalam sebuah tarian. Pada simbol busana ini bisa kita amati pada warna dan juga penataan dari busana yang dikenakan oleh para penari. Sebagai contoh Tari Merak dari Jawa Barat, busana yang dipakai menyimbolkan burung merak yang cantik. Sedangkan Tari Topeng Menak Jingga dari daerah Yogyakarta, didominasi warna merah. Hal ini menyimbolkan watak yang nkejam, galak dan juga serakah.

Telah dibahas di atas bahwa simbol busana bisa dilihat dari warna busana yang dikenakan oleh seorang penari. Dan berikut ini simbol simbol warna busana tari secara umum:

  • warna putih menyimbolkan kesucian.
  • warna hitam menyimbolkan suatu kebijaksanaan.
  • warna merah menyimbolkan sifat kejam, galak dan serakah seperti yang dipakai pada Tari Topeng Menak Jingga dari daerah Yogyakarta.
  • warna biru merupakan simbol dari kesetiaan.
  • sedangkan warna kuning memiliki arti atau simbol gembira dan keceriaan.

Simbol Tata Rias

Yang ketiga, yakni simbol tata rias yang dipakai pada para penari. tat rias digunakan untuk mendukung suksesnya pertunjukan sebuah tari. Tata rias berguna untuk menciptakan wajah yang sesuai dengan karakter tari yang hendak ditarikan. Dengan adanya tata rias ini bisa mempertegas sifat dan karakter yang dibawakan oleh seorang penari.

Tata rias ini bisa menyimbolkan karakter, baik yang gagah, pemarah, penyabar dan lucu. Tata rias juga bisa menyimbolkan tokoh, misalkan tokoh yang memerankan Rama, Arjuna, Anoman bahkan tokoh hewan sekalipun.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat menambah wawasan kita tentang simbol karya tari di Indonesia.

Gambar Gravatar
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.