Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Memahami Pentingnya Tidur Bayi dan Mengatur Pola Tidurnya

  • Bagikan
pola tidur bayi

Pentingnya tidur bayi untuk tumbuh kembang nya. Apa sih tugas seorang bayi? Apakah hanya tidur, menangis, dan menyusu pada Ibu nya? Di usia 1 bulan dari Ia lahir, bayi tidur rata rata 16 sampai 20 jam sehari dan terjaga sekitar 3 jam saja. Ada yang dapat tertidur secara cepat dan pulas, ada juga bayi yang kerap
terjaga dalam tidurnya.

Menangis merupakan cara seorang bayi untuk berbicara dengan orang di sekitarnya. Biasanya bayi menangis karena ia merasa tidak nyaman. Perlu diketahui bahwa, yang dibutuhkan seorang yaitu pelukan penuh cinta dari orang di sekelilingnya, terutama Ibu. Mendengar detak jantung ibu nya dipercaya dapat menghentikan tangisan bayi lho. Karena itu, menggendong dan mendekapnya bukanlah sebuah tindakan yang tabu. Dan air susu ibu (ASI) merupakan makanan penting bagi bayi pada usia 6 bulan pertama dalam kehidupannya. Ingat, bayi bisa tumbuh sehat hanya dengan mengkonsumsi ASI, tanpa perlu diberikan makanan sebelum umurnya cukup buat memperoleh makanan padat (MPASI).

Pentingnya Tidur Bayi

Separuh dari semua jam tidur bayi dipakai untuk tidur aktif atau tidur fase Rapid Eye Movement (REM). Para pakar pediatri menjelaskan, bahwa tidur aktif ini penting untuk bayi yang baru lahir untuk membangun jaringan otak. Saat tertidur, otak bayi justru akan bekerja Iebih aktif dibandingkan saat ia terbangun.

Bayi membutuhkan banyak tidur untuk meningkatkan massa otot, tangan dan juga kaki serta susunan rangka tubuhnya. Sangat penting buat bayi, untuk tidur pulas pada tempat tidur yang bersih dan nyaman. Cara termudah menidurkan bayi ialah dengan menggendong atau pun mengayun-ayunkannya. Bayi yang baru lahir suka bedong atau dibungkus, karena ia merasa ada di dalam kandungan Ibu. Bedong ini diperlukan bayi baru lahir untuk membantunya memperoleh rasa nyaman.

Di Mana Bayi Sebaiknya Ditidurkan?

Di mana bayi sebaiknya ditidurkan? Pada tempat tidur bersama ibu dan ayahnya, atau tidur sendiri di boks yang telah disiapkan. Kedua tempat tersebut dapat Anda pilih dan gunakan untuk menidurkan bayi Anda. Dari kedua tempat tidur tersebut mempunyai sisi lebih dan kurangnya masing masing.

Saat tidur bersama orang tua, tentu membuat bayi Iebih tenangtidurnya karena ibu bisa Iebih cepat menanggapi setiap tangisannya. Untuk ibu, tidur bersama bayi dapat mempermudah Ibu mengapai bayinya. Jadi Ibu tidak perlu turun dan berjalan untuk menghampiri tempat tidur bayi atau boks. Pada kondisi kecapekan, tangis bayi dapat membuat ibu frustrasi dan stres karena setiap waktu harus turun dari tempat tidur untuk menenangkan bayi yang tidur sendirian di tempat tidurnya. Kondisi seperti ini membutuhkan energi yang cukup besar tentunya.

Sebenarnya apa pun pilihan Anda, sebaiknya dipikir secara matang dan dimusyawarahkan bersama pasangan. Apabila Anda memutuskan tidur terpisah dengan bayi, usahakan tempat tidur yang sedang saja. jangan menempatka pada tempat yang luas karena hal tersebut kurang aman bagi si kecil.

Pola Tidur Bayi

Setiap bayi mempunyai pola tidur masing-masing yang berbeda. Ada yang dapat tertidur semalaman tanpa terjaga, ada yang bangun berulangkali untuk menyusu atau rewel karena popoknya basah. Kapan bayi mulai bisa tidur sepanjang malam tanpa terjaga, juga berlainan pada tiap-tiap bayi. Namun tidur lelap bayi dapat Anda upayakan dengan melakukan pembiasaan. Jam tidur bayi dapat Anda pelajari dan Anda juga dapat mengondisikan sesuai dengan alurnya.

Ada bayi yang tidur pulas sesudah ia mandi. Sebelum bayi Anda tidur, maka usap badan bayi dengan air hangat untuk membantu tidurnya makin pulas. Ada juga bayi tidur pulas sesudah perutnya kenyang. Maka Anda bisa memastikan perut si kecil kenyang saat sebelum ia tidur. Pasalnya jika bayi lapar, umumnya tidurnya akan terganggu untuk meminta menyusu.

Ada juga bayi tidur pulas jika didengarkan bunyi bunyian, seperti musik atau suara ibunya. Maka Anda bisa memainkan musik atau pun menyanyikan untuk si kecil. Walaupun bayi belum mengerti isi lagu yang dinyanyikan, namun bisa membuatnya tenang dan tertidur. Dan di usia agak besar Anda bisa membacakan sebuah cerita sebagai pengantar tidurnya.

Ada juga bayi yang lebih senang digendong saat tidur, karena ayunan dan bunyi detak jantung ibu membuat tidur bayi makin pulas. Sesudah tidur, tempatkan bayi pada tempat tidur. Di umurnya agak besar, bayi akan tahu, jika dia digendong berarti waktunya untuk tidur. Tidak perlu khawatir berlanjut hingga ia besar. Seiring dengan perkembangannya, anak akan memilih sendiri cara untuk tidurnya.

Pola tidur bayi 1 bulan

Saat menginjak umur 1 bulan, waktu tidur bayi menjadi 14 sampai 16 jam seharinya. Jam tidurnya dapat terdiri dari 8 sampai 9 jam untuk tidur malam dan 6 sampai 7 jam untuk tidur siang. Di umur ini, bayi umumnya mulai mengenal siang dan malam. Biasanya bayi akan semakin banyak menghabiskan jam tidurnya saat malam hari.

Pola tidur bayi 3 bulan

Pada umur 3 bulan, waktu tidur bayi tidak berbeda jauh dengan bayi berumur 1 bulan, yakni kurang lebih 14 sampai 16 jam seharinya. Tetapi bedanya, pada umur ini, waktu tidur malam bayi menjadi 10 sampai 11 jam, sedangkan untuk tidur siangnya menjadi 4 sampai 5 jam.

Bayi 6 bulan

Saat mencapai umur 6 bulan, bayi membutuhkan tidur sekitar 14 jam per harinya. Biasanya durasi waktu ini akan terdiri jadi 3 jam untuk tidur siang dan 11 jam untuk tidur malamnya. Untuk pola tidur bayi 8 bulan juga sama dengan usia bayi enam bulan ini.

Pola tidur bayi 9 bulan sampai 12 bulan

Pada umur 9 -12 bulan, waktu tidur bayi sedikit akan berkurang jadi 13,5 jam per harinya, yang terbagi dalam 11 waktu tidur malam dan 2,5 waktu tidur siang. Di umur ini, bayi kemungkinan susah tidur atau bahkan juga tidak ingin tidur bila tidak bersama sama orang tuanya. Di umur ini, merasa tidak nyaman saat gigi mulai tumbuh. Pasalnya dapat mempengaruhi kenyamanan si bayi.

Kesimpulan

Nah perlu diingat bahwa Waktu dan pola tidur bayi perlu disamakan dengan umurnya. Disamping itu, sikap tidur bayi perlu diperhatikan. Upayakan supaya bayi tidur terlentang dan tidak dalam status miring atau tengkurap. Apabila si Kecil terlihat mengalami permasalahan saat hendak tidur atau mengalami masalah tidur tertentu, seharusnya Bunda konsultasi dengan dokter untuk memperoleh jalan keluar yang terbaik.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai pola tidur bayi dari umur 1 bulan hingga 12 bulan atau 1 tahun. Semoga sedikit informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bisa membantu tumbuh kembang si buah hati agar tumbuh sehat dan optimal.

  • Bagikan