Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

7 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

  • Bagikan
manfaat olahraga untuk kecantikan kulit

Manfaat olahraga untuk kecantikan kulit. Banyak orang lebih memusatkan usaha untuk mempunyai kulit cantik, sehat, dan menarik pada produk produk kosmetik, perawatan di sebuah salon kecantikan atau dokter spesialis kulit, memenuhi keperluan tubuh dan kulit dengan gizi terbaik, dan mengontrol pola makan.

Berbagai usaha tersebut pastinya sangatlah benar dan memang seharusnya dilaksanakan untuk memperoleh kulit yang cantik penuh daya tarik. Tetapi, ada satu lagi usaha yang bisa dilaksanakan untuk menggapai impian memiliki kulit yang cantik dan sehat, yakni dengan melakukan olahraga. Seperti apakah olahraga untuk kecantikan kulit tersebut?

Tidak disangsikan jika manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh begitu banyak. Tetapi, apakah ada korelasi atau hubungan yang signifikan antara berolahraga dengan kulit yang sehat dan cantik? Sebenarnya, peran dari aktivitas olahraga yang sudah dilakukan dengan teratur pada terbentuknya kulit cantik cukuplah besar.

A. Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit

Manfaat olahraga untuk kecantikan kulit diantaranya seperti berikut ini:

1. Membuat kulit sehat, cerah, segar, dan glowing

Olahraga bisa membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga suplai oksigen dan nutrisi penting yang dibawa oleh darah ke beberapa sel tubuh, termasuk kulit bisa terpenuhi. Dengan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup atau terpenuhi maka kulit akan jadi sehat, cerah, segar, awet muda dan glowing.

2. Kulit menjadi lebih kencang

Olahraga bisa membantu untuk mengencangkan otot-otot tubuh, begitu pun pada kulit. Kulit yang kencang akan membuat penampilan menjadi awet muda, halus dan jauh dari tanda tanda penuaan dini.

3. Mengurangi selulit pada kulit

Satu diantara penyebab terciptanya selulit ialah lemak tubuh yang berlebihan. Olahraga dapat bermanfaat untuk membakar lemak di tubuh sehingga lemak di tubuh bisa berkurang. Ketika berolahraga maka terjadilah pembangunan dan peregangan otot. Itulah mengapa, dengan olahraga secara teratur, selulit di tubuh bisa berkurang dan bahkan bisa hilang.

4. Membantu mengeluarkan toksin di dalam tubuh.

Kegiatan berolahraga akan membuat seorang berkeringat. Keluarnya keringat ini berguna untuk mengeluarkan toksin atau racun pada tubuh, termasuk toksin yang berada di dalam kulit. Dengan dikeluarkannya beberapa zat toksin tersebut maka badan dan juga kulit menjadi sehat dan bersih. Kulit bisa menjadi lebih segar dan terlindungi dari tanda tanda penuaan dini.

5. Dapat Merangsang produksi kolagen.

Penurunan produksi kolagen yang terjadi bersamaan dengan bertambahnya umur seseorang ternyata dapat mengakibatkan kulit kehilangan fleksibilitas hingga jadi kendur dan muncul keriput atau kerutan di kulit. Dengan olahraga secara teratur akan menstimulasi produksi kolagen maka dari itu kulit akan menjadi kenyal, lentur, dan glowing tentunya.

6. Membantu Mengurangi Gejala Stres

Depresi atau stres sering kali mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon pada tubuh yang bisa memacu munculnya permasalahan kulit misalnya jerawat, kulit terlihat pucat, dan kulit di sekitar mata dan mulut kelihatan gelap. Dengan berolahraga berguna untuk mengurangi depresi atau stres sehingga beberapa masalah kulit yang umumnya ada karena stres bisa dihindari atau dikurangi dengan mengerjakan olahraga dengan teratur.

7. Dapat membantu memenuhi kebutuhan tidur

Beragam permasalahan di kulit bisa muncul karena tidur yang kurang ataupun kurang berkualitas. Olahraga dapat membuat seseorang gampang istirahat dan tidak alami masalah seperti kesulitan tidur atau insomnia. Dengan berolahraga dapat memperbaiki postur badan dan menghindari seseorang dari kegemukan. Kedua hal itu
sebagai bagian dari kecantikan yang cukup penting, selainnya penampilan kulit yang memikat.

B. Tips Menjalani Kegiatan Olahraga untuk Kecantikan

Ada beberapa hal yang penting diperhatikan berkenaan dengan kegiatan olahraga yang akan ditempuh, diantaranya:

  • Untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari olahraga, Kegiatan berolahraga ini harus dilakukan dengan teratur, 5 sampai 6 kali dalam satu minggu selama kurang lebih 30 menit dengan latihan yang sedang. Olahraga di alam terbuka seperti berenang, naik sepeda, dan jalan sebagai menjadi opsi olahraga yang bagus karena dapat membantu kulit untuk bernapas dan mengeluarkan toksin atau racun. Kegiatan fisik lain yang bisa membantu memperbaiki kecantikan kulit yakni, seperti kegiatan bercocok tanam di kebun, mengerjakan tugas rumah tangga, dan beberapa aktivitas lain di kehidupan setiap hari yang memaksa seseorang untuk menggerakkan badannya secara intensif termasuk juga bentuk olahraga ringan yang bagus untuk dipraktikkan.
  • Saat sebelum mengerjakan olahraga di luar ruangan,
    Janganlah lupa memakai tabir surya yang berfungsi untuk membuat perlindungan pada kulit dari pancaran cahaya matahari.
  • Saat melakukan olahraga maka tubuh akan kehilangan banyak cairan. Maka dari itu minumlah air putih saat sebelum, selama, dan setelah berolahraga yang berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang bersama keringat dan agar kelembaban kulit tetap terjaga.
  • ¬†Membersihkan muka dan badan dengan mandi sesudah melakukan kegiatan olaharga. Hal ini berguna untuk membersihkan keringat dan kotoran yang melekat di kulit kita.
  • Selalu memakai pelembab sesudah mandi untuk menghindari kulit jadi kering dan bersisik.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai manfaat olahraga untuk kecantikan kulit dan wajah. Semoga artikel uang ringan ini berguna dan bisa menambah wawasan kita terkait kecantikan kulit dan wajah.

  • Bagikan