Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Manfaat Buah Jambang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

  • Bagikan

Manfaat Buah Jambang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui. Buah Jamblang merupakan tanaman dari bangsa jambu-jambuan (Myrtaceae). Namun belakangan ini buah yang berbentuik lonjong dengan warna hitam kalau sudah matang ini terbilang sudah jarang ditemui. rasa buah jamblang yaitu manis sedikit asam.

Buah ini memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah. Di jawa, buah ini disebut juwet atau duwet, jambu, sedangkan di Minang disebut dengan kalang, jambe kleng di Aceh, Jamblang di Betawi dan Sunda, dhuwak di Madura, raporapo jawa di Makasar, klayu di Sasak dan sebagainya. Baca juga artikel tentang buah jamblang untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Jamblang

Buah Jamblang ini mengandung banyak zat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita seperti senyawa Jambosin, falponoid, antioksidan, protein, mineral dan vitamin C, minyak atsiri, resin berwarna merah tua yang kaya dengan kandungan asam elagat, asam organic, tannin dan juga triterpenoid. Lain kali kita akan bahas khasiat kulit pohon buah jamblang, tunggu artikel selanjutnya.

Dengan berbagai kandungan tersebut, buah Jamblang kaya manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Berikut manfaat Jamblang bagi kesehatan yang dilansir dari merdeka.com (18/10/2015) :

1. Membantu Mengobati Diabetes

Anda membaca artikel manfaat buah duwet. Secara ilmiah, Jamblang memiliki indeks glikemik rendah. Senyawa-senyawa seperti jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin di dalam buah jamblang menjadi senyawa anti diabetes yang bekerja membantu memecah gula menjadi energi sehingga kadar gula di dalam darah lebih stabil. Hal itulah yang membuatnya menjadi pilihan tepat bagi para penderita diabetes.

Selain itu dari sebuah penelitian menyebutkan biji buah jamblang bisa menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Manfaat buah ini dikaitkan dengan menurunkan risiko komplikasi akibat diabetes.

2. Sebagai Bahan Anti Kanker

Kandungan antioksidan berupa polifenol dan antosianin mampu mengikat sel radikal bebas yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Sehingga kita bisa terhindar dari penyakit kanker dengan mengkonsumsi buah ini.

3. Menjaga kesehatan Jantung

Jamblang memiliki kandungan Kalium yang tinggi sehingga bagus untuk Jantung kita. Dari sebuah penelitian, setiap 100 gram buah jamblang akan mengandung sebanyak 55 mg kalium. Selain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, unsur ini juga akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit stroke dan tekanan darah tinggi. Manfaat buah jamblang bagi kesehatan tak perllu diragukan lagi.

4. Sebagai Obat Infeksi

Selain itu manfaat buah jamblang dapat mengobati infeksi. Tanaman jamblang menyimpan senyawa seperti asam malat, asam galat, asam oksalat dan tanin. Kandungan senyawa tersebut berfungsi sebagai antimalaria, sifat antibakteri dan gastroprotektif.

5. Mempercantik Kulit

Manfaat buah jamblang selanjutnya yakni mempercantik kulit. Kandungan vitamin C pada buah jamblang bisa membuat kulit kita menjadi lebih cantik dan halus. Anda hanya perlu mengkonsumsi buah ini secara rutin dan tidak perlu melakukan perawatan uyang mahal untuk mendapatkan kulit yang halus dan cantik.

Nah, itulah beberapa manfaat dari Jamblang. Semoga pembahasan kita ini bisa menambah wawasan kita. Sekian pembahasan kita tentang Manfaat Buah Jambang Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui.

  • Bagikan