Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

8 Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Kamu Hindari

  • Bagikan
makanan penyebab jerawat

Makanan penyebab jerawat ternyata cukup banyak jumlahnya. Setiap orang pasti menginginkan wajah yang mulus dan cerah. Faktor gaya hidup dan polusi memicu timbulnya komedo hingga jerawat. Sebenarnya jerawat adalah sebuah peradangan dari kelenjar minyak (kelenjar sebacea) yang pada umumnya terjadi pada masa remaja akibat aktifitas hormon, dan juga bisa diakibatkan oleh faktor eksternal seperti gaya hidup ataupun dari segi makanan.

Jenis Jenis Jerawat

Jenis jerawat bisa bervariasi, mulai dari sekedar komedo (jenis whitehead atau blackhead), nodus (pembengkakan), pustul (pembengkakan disertai dengan adanya peradangan), papul (merah), hingga jaringan parut hipotrofik (cekung) atau hipertrofik (seperti keloid) yang terjadi akibat kelainan aktif tersebut. Yang penting jerawat adalah musuh bagi setiap wanita maupun laki-laki.

Padahal jerawat bisa dicegah dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan menghindari segala makanan-makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat itu sendiri.

8 Makanan Penyebab Jerawat

makanan penyebab jerawat di pipi atau bagian wajah lainnya, yang sebaiknya di hindari agar wajah kita tidak bermasalah dengan penyakit kulit ini, antara lain:

1. Gorengan

Siapa yang tidak asing dengan makanan satu ini. Enak dan mengenyangkan tapi bersiaplah jerawatmu akan timbul satu persatu. Inilah efek yang paling sering terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Intinya makanan yang digoreng seperti tempe, tahu, ikan, ayam, dan makanan lain yang digoreng tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsinya. Jadi gorengan sendiri mengandung lemak trans yang menjadi penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah, jantung, hingga timbulnya stroke.

Lemak yang terkandung dalam gorengan akan menyumbat pori-pori di kulit yang mengakibatkan sulitnya sebum untuk keluar hingga menimbulkan penyumbatan yang berujung pada infeksi dan timbulnya jerawat.
Namun masih tidak ada penelitian yang mengungkap bahwa gorengan merupakan penyebab utama terjadinya jerawat.

Dan dr Maya Milani Sp.KK, mengungkapkan bahwa meski sudah banyak penelitian tentang makanan penyebab jerawat, tapi tidak ada teori pasti soal hubungan jerawat dan makanan berminyak seperti pada gorengan.
Hanya saja konsumsi gorengan yang terlalu banyak dapat menimbulkan jerawat akibatkan kandungan lemak tidak sehat yang ada di dalamnya. Jadi aneka gorengan mungkin saja berpengaruh tapi tidak secara langsung. Sekarang kita tahu bahwa gorengan termasuk makanan yang tidak boleh dimakan untuk wajah berjerawat.

2. Susu

Apa saja makanan yang menyebabkan jerawat batu? Tidak selamanya minum susu menyenangkan bukan? Beberapa pakar kecantikan menyebut bahwa susu turut bertanggung jawab terhadap timbulnya jerawat pada wajah ataupun anggota tubuh lainnya. Jadi bukan berarti kamu jadi menghindari minum susu. Tetap saja dibolehkan tetapi tidak mengonsumsinya terlalu sering jika kamu tidak ingin jerawat memenuhi wajah indahmu. Kenapa bisa demikian?

Konsumsi susu dalam waktu lama, menyebabkan hormon dalam susu dengan kalsium yang tinggi menimbulkan timbulnya jerawat. Selain itu, susu juga menyebabkan kelenjar minyak menghasilkan sebum yang lebih banyak pula sedangkan pori-pori yang ada tersumbat sehingga timbulnya jerawat pun semakin rentan.

Baca Juga : makanan penyebab jerawat dan komedo.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Academy of Dermatology bahwa mereka yang mengkonsumsi susu lebih dari tiga gelas setiap hari akan mengalami permasalahan jerawat semakin besar dibandingkan yang mengkonsumsi hanya satu gelas. dan mereka yang mengkonsumsi 2 sampai tiga gelas susu skim setiap hari juga akan mengalami permasalahan jerawat.

Sebenarnya minum susu tidak menimbulkan jerawat, tetapi bagi mereka yang memiliki kecenderungan berjerawat, seperti mereka yang memang memiliki faktor genetik berjerawat, produk susu memang memperparah timbulnya jerawat. Seperti halnya pada susu skim. Apa yang salah? Sebenarnya kesalahan terdapat pada proses pengolahan susu yang meningkatkan hormon yang ada didalam susu, yaitu hormon androgen yang berpotensi memperparah jerawat. Selain itu kandungan Glycemic Index (GI) pada susu akan memicu timbulnya fluktuasi (naik turunnya hormon insulin) yang juga dapat memperparah jerawat.

Sebenarnya minum susu tidak menimbulkan jerawat, tetapi bagi mereka yang memiliki kecenderungan berjerawat, seperti mereka yang memang memiliki faktor genetik berjerawat, produk susu memang memperparah timbulnya jerawat. Seperti halnya pada susu skim. Apa yang salah? Sebenarnya kesalahan terdapat pada proses pengolahan susu yang meningkatkan hormon yang ada didalam susu, yaitu hormon androgen yang berpotensi memperparah jerawat. Selain itu kandungan Glycemic Index (GI) pada susu akan memicu timbulnya fluktuasi (naik turunnya hormon insulin) yang juga dapat memperparah jerawat.

3.

Makanan Penyebab Jerawat –┬áKafein

Minumlah minuman berkafein secukupnya tidak berlebihan. Semua jenis minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman bersuplemen dapat menimbulkan jerawat. Asupan kafein yang berlebih akan meningkatkan kadar adrenalin di dalam tubuh dan sebagai akibatnya tubuh akan rentan terkena stres. Kompensasi tubuh jika mengalami stres adalah salah satunya timbulnya jerawat. Kafein juga memicu peningkatan produksi sebum.

Sebum bisa menutup pori-pori dan folikel rambut sehingga jerawat menjadi lebih mudah untuk muncul. Yang lebih parahnya lagi, ternyata kandungan cafein dapat memunculkan dehidrasi maka kulit akan berada pada keadaan paling buruknya.

Jadi mulailah dari sekarang untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein. Jika kamu minum kopi setiap hari, maka cobalah untuk mengurangi intensitas jadi tiga kali dalam seminggu. Jangan biarkan semua jerawat yang ada menutupi kecantikanmu.

4. Makanan Penyebab Jerawat – Gula

Jadi segala makanan yang mengandung tinggi gula sangat berpotensi menimbulkan yang namanya jerawat. Makanan yang mengandung gula akan meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh sehingga hormon dan protein akan berubah yagn berujung pada timbulnya jerawat. Selain itu, gula juga menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Menurut Sebuah penelitian oleh Danby FW di Dartmouth Medical School di Manchester, mendapati jika makanan yang tinggi kandungan gula akan menyebabkan kelebihan produksi serum dan juga insulin, yang mungkin bisa mengusik keseimbangan hormon.

Hal ini akan mengarah ke ketidakseimbangan hormonal, dan kemungkinan berkontribusi terhadap perkembangan jerawat. Oleh karena itu, makanan yang mengandung tinggi gula mulai dikurangi seperti permen, soda, softdrinks, cokelat, biskuit, dan lain-lain. Seimbangkan makanan tersebut dengan syuran dan buah-buahan.

5. Makanan instan (Junk Food)

Siapa yang tidak pernah mengonsumsi junk food? Burger, sosis, sandwich, kentucy, adalah salah satu bentuk makanan instan yang sering kamu konsumsi sehari-hari terutama pada anak dan remaja. Sebenarnya kandungan gizi yang terdapat mada makanan ini tidaklah bermanfaat bagi tubuh malah banyak memberikan efek yang buruk seperti timbulnya jerawat. Hanya saja cita rasa yang enak, menjadikan makanan ini sangat familiar dikalangan remaja.

6. Daging dan telur ayam broiler

Apakah telur menyebabkan jerawat? Ayam broiler adalah satu jenis ayam ras yang dipelihara untuk diambil dagingnya. Ciri khas ayam ini pertumbuhannya yang pesat. Namun beberapa dari unggas ini disuntikan hormon untuk mempercepat pertumbuhannya. Inilah yang memberikan efek buruk bagi kulit yaitu timbulnya jerawat.

Baca Juga: buah penyebab jerawat.

Umumnya ayam pedaging juga disuntikkan antibiotik yang bisa mengganggu keseimbangan jumlah bakteri di dalam usus. Menurut riset yang diterbitkan di dalam Jurnal Gut Pathogen di tahun 2011, bakteri usus ini bisa memainkan peranan penting di dalam timbulnya jerawat di kulit.

7. Alkohol

Memang efek buruk alkohol tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Hanya bisa memabukkan dan memberikan halusinasi secara terus menerus. Darah yang memiliki kandungan alkohol yang banyak akan membuat kulit jadi kering dan mengalami dehidrasi. Sedangkan jerawat tersebut gampang muncul dan mengalami infeksi pada kondisi semacam itu.

8. Makanan Penyebab Jerawat – Garam

Garam memang tambahan sebuah masakan yang sering digunakan untuk memasak. Dibalik nikmatnya sebuah masakan ada taburan garam yang pas hingga menambahkan cita-rasanya jadi mantap. Tetapi tahukah anda, mengkonsumsi garam beryodium yang berlebihan akan membuat wajah berjerawat.

Konsumsi garam secara berlebihan dapat mengalami pembengkakan yang terjadi pada jaringan wajah. Pembengkakan yang tidak segera diatasi dan akhirnya terpapar oleh polusi dari luar dapat memicu munculnya jerawat besar di wajah.

Nah, itulah 8 makanan penyebab jerawat yang wajib kita hindari agar kita terbebas dari masalah kulit yang menjengkelkan ini.

  • Bagikan