Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Kenapa Bayi Tidak Boleh Ditinggal Sendirian, Inilah Alasannya

  • Bagikan
kenapa bayi tidak boleh ditinggal sendirian

Kenapa bayi tidak boleh ditinggal sendirian. Saat bayi baru lahir, sedapat mungkin di amkan ia tidur dalam pelukan ibunya. Karena menurut beberapa pakar, kontak ibu dan bayi saat bayi tidur akan mempengaruhi ikatan batin di anatara mereka.

Kenapa bayi tidak boleh ditinggal sendirian

Seperti dikutip The Sun, Sabtu (13/2/2021), riset yang sudah di lakukan University of CapeTown, Afrika Selatan mendapati bayi yang tidur sendiri cenderung mempunyai depresi lebih dan kerusakan perubahan otak di bandingkan dengan bayi yang tidur di samping pelukan ibu mereka.

“Kami yakin, untuk perkembangan maksimal perlu ibu di samping bayi mereka. Minimal, diamkan mereka tidur di samping ibu selama beberapa minggu awal,” tutur periset Dr Nils Bergman.

Menurut Bergman, saat ini lebih banyak orang-tua cemas tidak dapat tidur bersama anak bayinya karena cemas mereka dapat tanpa sengaja menindih anaknya saat tertidur. Walau sebenarnya riset di Inggris mengutarakan, dua pertiga kematian bayi pada tempat tidur belum pasti karena orangtuanya.

“Saat orang-tua tanpa menyengaja menindih bayi sampai wafat, tidak berarti mereka salah. Karena ada resiko lain seperti asap beracun atau rokok yang terisap, alkohol, bantal besar dan mainan beresiko,” katanya.

Dalam riset ini, kata Bergman, ada sekitaran 16 bayi yang tidur selain ibu mereka. Dan sesudah di kaji, bayi yang tidur sendiri 3x lebih depresi di banding bayi yang tidur bersama ibunya.

Dr Bergman menambah, peralihan otak karena hormon depresi bisa membuat jalinan yang kuat di masa datang dan menyebabkan permasalahan seperti pertemanan bebas.

Bolehkah membiarkan bayi tidur sendiri?

Tidur bersama bayi memang mempunyai faedah tertentu, tetapi sebuah riset telah membuktikan jika kita membiarkan bayi tidur sendiri dapat membuat tidur semakin lama. Sekolah tinggi Dokter Anak Amerika (AAP) mereferensikan jika bayi seharusnya tidur di kamar orangtuanya, minimal sampai bayi berumur 6 bulan.

Kenapa bayi tidak boleh tidur di tengah orang tua?

Hal yang perlu di jauhi saat tidur dengan bayi yaitu menaruh bayi tidur di tengah-tengah orang tua. Posisi bayi ada di tengah dapat menaikkan risiko bayi tertekan antara ayah dan ibu. Apa lagi bila ayah dan ibu terhitung orang yang deep sleeper, ini dapat benar-benar beresiko tinggi pada bayi.

Amankah bayi tidur bersama orang tua?

Apa resikonya bila bayi tidur bersama orangtua? Salah satunya resiko beresiko yang umum terjadi saat bayi tidur seranjang bersama orang tuanya ialah sudden infant death syndrome (SIDS) atau yang kita mengenal dengan panggilan sindrom kematian tiba-tiba pada bayi.

Bayi baru lahir seharusnya tidur di mana?

Bahwa bayi harus tidur di kamar yang serupa dengan orangtua, tapi pada permukaan yang terpisah, seperti tempat tidur bayi.

Nah, itulah alasan kenapa bayi tidak boleh di tinggal sendirian. Semoga bisa menambah wawasan bunda. Terima kasih.

  • Bagikan