Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

10 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Cantik, Indah dan Mudah Dirawat

  • Bagikan
Jenis Tanaman hias indoor

Ada banyak jenis tanaman hias indoor yang cantik, indah dan mudah dirawat. Mengisi hunian dengan perlengkapan tentunya telah jadi hal yang umum dan wajar. Akan tetapi, membuat hunian lebih asri dan indah dengan tanaman hias tentunya bakal menjadi suasana yang baru dan mempesona. Benar, memang tanaman memerlukan sinar matahari untuk pertumbuhannya, namun ada pula tanaman hias indoor yang dapat ditempatkan di dalam rumah tanpa harus takut layu bahkan mati. Lantas seperti apakah jenis tanaman hias indoor yang mudah dirawat tersebut?

Jenis Tanaman Hias Indoor

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, kita tak perlu takut tanaman hias tersebut akan layu bahkan mati. Pasalnya ada beberapa jenis tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik dan subur meskipun mendapatkan sinar matahari yang sedikit. Yang terpenting kita bisa memastikan sirkulasi udara yang bagus dan penyiraman yang teratur, maka tanaman hias tersebut akan tumbuh dengan subur.

Dilansir dari berbagai sumber ada beberapa jenis tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat, di antaranya:

1. Jenis Tanaman Hias Indoor – Peace Lily

Tanaman peace lily

Tanaman hias yang ini sesuai untuk ditempatkan di dalam rumah (indoor) pada sisi ruangan mana saja. Asalkan ruangan tersebut cukup cahaya. Kita bisa memberikan cahaya berupa lampu neon sebagai penerangannya. Dengan cahaya lampu neon yang cukup tanaman peace lily dapat tumbuh dengan subur, lho.

Tanaman hias indoor ini bisa dijadikan opsi untuk menghiasi dalam ruangan kita. Pasalnya tanaman peace lily ini mempunyai daya tarik berupa warna daun hijau pekat dan bunga warna putih. Kombinasi warna yang elok ini kita jadikan hiasan meja ruangan tengah. Disamping itu, tanaman peace lily bisa juga membantu membersihkan polutan yang ada di dalam ruangan.

2. Tanaman Hias Anthurium

Tanaman Anthurium

Tanaman bunga anthurium begitu cantik untuk jadi dekorasi di dalam rumah. Tanaman hias ini memiliki bentuk daun dan bungan yang unik serta cantik. Anthurium dapat kita tanam tanpa memakai tanah, tetapi menggunakan media tanam berupa air. Tanaman bunga anthurium pada tempat yang bening transparan, maka akan terlihat akar-akarnya yang bakal menghadirkan kesan alami di dalam rumah kamu. Untuk menjaga agar tanaman anthurium tumbuh dengan subur, maka kadang kala mengeluarkan tanaman ini dari ruangan untuk mendapatkan sinar matahari dan udara yang cukup.

3. Lavender

Tanaman lavender

Ada beberapa kegunaan yang dapat kamu peroleh dari menanam bunga lavender. Aroma yang harum dari bunga lavender akan membuat kamar atau ruangan jadi lebih fresh alami. Ditambah lagi, aroma ciri khas bunga lavender justru tidak disukai oleh nyamuk. Maka, kamu dapat lebih nyaman tinggal di rumah tanpa ada gangguan dari nyamuk.

Selain itu tanaman bunga lavender mempunyai warna ungu yang unik.  Tentu saja warna tersebut akan membuat ruangan kamu menjadi makin cantik dengan kehadirannya. Menariknya lagi tanaman lavender tidak memakan banyak tempat, pasalnya bunga lavender gampang dirawat cukup hanya dengan tanah dan pot kecil.

4. Tanaman Oxalis Plant

Tanaman Oxalis Plant

Warna daun oxalis plant atau tanaman kupu kupu ini berwarna ungu. Disebut tanaman kupu kupu karena memiliki bentuk daun seperti sayap kupu-kupu. Tentu saja bentuk daun tanaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta tanaman hias. Di samping itu tanaman hias nan cantik ini bisa ditanam di dalam ruangan atau indoor.

Tanaman oxalis termasuk tanaman hias yang mudah perawatannya. Maka tak heran jika banyak pecinta tanaman hias memburu tanaman ini. Tanaman oxalis ini dapat ditanam di dalam rumah memanfaatkan pot. Namun tetap saja kita harus kadang kala mengeluarkan dari ruangan untuk mendapatkan cahaya atahari dan udara yang cukup. Perlu diketahui jika tanaman kupu kupu ini ditempatkan di tempat yang gelap maka tanaman ini sulit untuk berbunga.

5. Philodendron

Tanaman Philodendron

Cukup terkenal di kalangan para pecinta tanaman hias, philodendron bisa membuat hunian kita menjadi lebih indah dan asri. Dengan daun yang cukup lebar dan berbentuk unik, tanaman Philodendron ini bisa membuat ruangan kami makin indah dan bikin betah.

Tanaman Philodendron termasuk salah satu jenis tanaman hias yang kuat, pasalnya tanaman ini bisa disiram 1 sampai 2 minggu sekali. Tanaman hias Philodendron bisa kita letakkan di tempat yang pencahayaannya cukup. Namun jika merawat tanaman ini sebaiknya jauhkan anak anak dan hewan piaraan memakannya, karena konon berbahaya.

6. Tanaman Peacock Plant

Tanaman peacock plant

Tanaman peacock plant ini konon berasal dari Brazil. Tanaman hias merak atau peacock plant dapat kita taruh di ruangan sebagai dekorasi yang cukup simple namun indah. Sama dengan namanya, peacock plant mempunyai keunikan daun yang cantik, sama seperti bulu-bulu pada burung merak.

Selainnya cantik dan indah, tanaman hias peacock plant tidak begitu membutuhkan cahaya matahari, jadi dapat ditaruh di pojok rumah yang redup sekalipun. Justru, jangan pernah tanaman peacock plant terlalu terkena cahaya Matahari, karena daunnya akan menjadi pucat.

7. Jenis TanamanHias Indoor – Krisan

tanaman krisan

Tanaman hias krisan kerap kali dibuat teh. Tanaman krisan atau dengan nama latin Chrysanthemum ini sanggup membuat cantik ruangan kamu. Selain itu menurut riset dari NASA di tahun 1989 bahwa tanaman krisan mampu memfiltrasi polutan beresiko dari udara di dalam ruangan.

Namun, jika kamu menanam tanaman krisan ini, kamu perlu tahu bahwa tanaman hias yang satu ini menyukai cahaya matahari. Jika kamu merawat tanaman hias yang satu ini, pastikan terpenuhi kebutuhan cahaya nataharinya. Lebih mudahnya, kita letakkan dekat jendela agar tanaman hias ini bisa memperoleh pencahayaan yang cukup.

8. Tanaman Chinese Money

Tanaman Chinese money

Tanaman ini populer bagi beberapa orang yang tinggal di dalam rumah atau apartemen yang kecil. Tanaman Chinese Money ini mempunyai bentuk daun seperti uang koin. Kamu dapat memakai pot kecil untuk menanamnya tanaman hias yang satu ini.

Tempat yang terbaik untuk menaruh tanaman hias chinese money ini adalah dekat jendela agar dapat selalu terkena sinar matahari. Perkembangbiakannya juga lumayan gampang. Kamu tinggal memakai teknik stek dengan menggunting batangnya dan menanamnya di tanah.

9. Asparagus

Tanaman asparagus

Tanaman hias asparagus ini mempunyai daun yang ukurannya kecil, namun batangnya memanjang dan memberi aksen yang indah. Tanaman hias asparagus pas ditempatkan di pojok ruangan untuk mengisi ruangan kosong antara perlengkapan rumah kamu. Perlu diketahui, tanaman asparagus tidak begitu membutuhkan sinar matahari jadi cocok dijadikan tanaman hias indoor.

Walau namanya Asparagus, tanaman hias indoor ini masih tergolong keluarga lily (Liliaceae). Perkembangan dari tanaman ini terhitung yang paling cepat. Salah satunya manfaat dari tanaman ini ialah mengganti udara tercemar di rumah dengan udara yang lebih fresh.

10. Jenis Tanaman Hias Indoor – Spider Plant

Tanaman spider plant

Satu lagi jenis tanaman hias indoor yang wajib kita tanam di rumah adalah tanaman spider plant. Tanaman ini bisa kita letakkan di atas meja, namun tempat yang paling pas untuk tanaman hias yang satu ini adalah digantung. Sehingga menghadirkan pemandangan yang unik di dalam rumah kita.

Tanaman Spider plant memiliki bentuk daun seperti kaki laba-laba. Daunnya tipis panjang dan umumnya keluar dari wadah atau potnya. Warna daun dari tanaman hias ini kombinasi dari warna hijau muda dengan keputih-putihan. Dan sebaiknya untuk menanam tanaman ihias ini lebih dari satu pot agar bisa menghadirkan nuansa cantik dan unik di rumah kita.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Lebat

Nah, itulah 10 Jenis tanaman hias indoor yang cantik dan mudah dirawat. Mudah mudahan artikel yang pendek ini bisa menginspirasi kita dalam mencintai dan merawat tanaman hias.

  • Bagikan