Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Inilah 5 Jenis Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

  • Bagikan
jenis jenis kulit

Jenis jenis kulit dan cara perawatannya. Kulit memerlukan perawatan yang pas dan teratur supaya selalu sehat dan memukau. Namun, keperluan akan perawatan kulit untuk tiap orang tidaklah sama. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, perawatan kulit dan pemakaian kosmetika harus dilaksanakan sesuai jenis kulit nya.

Cara Merawat Kulit Wajah

Perawatan dan pemakaian kosmetika yang tidak sesuai jenis kulit akan beresiko membuat kulit mengalami beragam permasalahan kulit. Oleh sebab itu, mengenal jenis kulit adalah perihal yang mutlak dan harus dikerjakan sebelumnya melakukan perawatan dan pemakaian kosmetika tertentu.

Dalam artikel ini akan diulas berkenaan tentang beberapa jenis kulit menurut ciri-cirinya, permasalahan yang barangkali muncul untuk tiap jenis kulit, dan perawatan yang sesuai untuk tiap-tiap jenis kulit tersebut.

A. Kulit Normal

Kulit wajah normal adalah jenis kulit yang bisa disebut sebagai kulit bagus atau kulit idaman. Perihal ini karena kulit normal biasanya tidak mempunyai permasalahan yang serius dan perawatanya juga lebih gampang dibandingkan dengan jenis kulit yang lain.

1. Ciri-ciri Kulit Normal

Kulit yang normal mempunyai beberapa ciri antara lain: memiliki tekstur lembut atau pun halus, nampak cerah, terlihat segar, mempunyai pori-pori yang kecil, memiliki sifat lentur atau elastis, mempunyai kelembapan yang baik, warna kulit yang merata dan tidak berminyak dan juga tidak kering.

2. Perawatan pada Kulit Normal

Walaupun kulit normal jarang memiliki masalah dan penampilannya juga halus, cerah, dan segar, jenis kulit ini masih tetap membutuhkan perawatan secara teratur. Apabila tidak dirawat secara baik, kulit normal yang disebut kulit idaman seluruh orang ini bisa saja keadaannya menurun sampai berbagai macam permasalahan kulit muncul.

Perawatan kulit normal lebih gampang untuk dilaksanakan. Perawatan kulit jenis ini mempunyai tujuan untuk menjaga kecantikan kulit sehingga kulit masih tetap sehat, segar, dan bersinar, tidak untuk menangani beragam permasalahan kulit yang muncul. Berikut beberapa langkah perawatan yang tepat pada kulit normal.

  • Rutin membersihkan kulit, cara ini termasuk membersihkan kulit wajah memakai pembersih, diteruskan dengan pemakaian penyegar setiap akan make up wajah dan ketika hendak tidur malam. Sebaiknya kita memilih produk pembersih kulit yang sesuai jenis kulit kita, yakni jenis kulit normal.
  • Memakai pelembap, untuk kulit normal sekurang-kurangnya sekali dalam sehari.
  • Membersihkan wajah memakai air hangat, selanjutnya dilanjutkan memakai air dingin saat malam hari. Langkah ini berguna untuk merangsang kulit tersebut.
  • Memakai cream malam dengan teratur di tiap malam hari. Cream malam berfungsi untuk membenahi sel kulit dan menjaga keseimbangan kandungan minyak dan air pada kulit
  • Melakukan scrubbing pada kulit wajah dengan teratur satu minggu sekali. Perawatan ini bertujuan untuk mengangkat beberapa sel kulit mati sehingga kulit jadi lembut, cerah, dan tidak nampak kusam.
  • Memakai masker wajah yang halus dan tidak membuat wajah jadi kering.Untuk melakukan perawatan ini cukup satu minggu sekali. Masker ini bisa dibikin sendiri, misalkan memakai masker dengan bahan buah-buahan.
  • Selalu memakai tabir surya, setiap akan melakukan aktivitas di luar ruangan.

B. Kulit Kering

Ada beragam hal yang menimbulkan kulit jadi kering, diantaranya cuaca, pemakaian sabun yang tidak sesuai, sering mandi, efek pemakaian beberapa obat tertentu, aspek genetik, faktor umur, kekurangan gizi, dan sering berada di tempat ber-AC.

Ciri-ciri Kulit Kering

Adapun Kulit kering mempunyai beberapa ciri diantaranya : kering, nampak kusam, gampang muncul kerutan, kulit terlihat pecah-pecah, terasa kaku dan nampak bersisik.

2. Perawatan Kulit Kering

Mempunyai kulit yang kusam, tidak segar, bersisik, dan terdapat keriput yang muncul sebelum waktunya sudah pasti membuat seorang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Kulit yang kering harus selekasnya ditangani. Bila tidak, keadaan kulit dapat semakin kering yang pasti benar-benar mengurangi kecantikan kulit tersesebut. Perawatan untuk kulit kering bisa dijalankan melalui cara seperti berikut ini:

  • Menghindari terlalu sering membersihkan kulit. Sering membersikan kulit atau pun mandi, apa lagi memakai sabun yang formulasinya keras, hal tersebut tentu bisa membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya. Masalah ini menyebabkan kulit jadi semakin kering. Saat membersihkan kulit atau pun mandi, pakailah sabun dengan formulasi yang halus atau ringan.
  • Memakai pelembap secara rutin. Kulit kita menjadi kering lantaran kehilangan kelembapan alaminya. Oleh sebab itu, pemakaian pelembap benar-benar dibutuhkan untuk membantu mengembalikan kelembapan alami kulit. Maka Pakailah pelembap tiap hari dengan teratur, khususnya sesudah mandi.
  • Melakukan pemijatan wajah memakai cream atau losion yang kaya akan zat nutrisi. Melakukan perawatan ini tiap pagi dan juga malam hari, khususnya pada beberapa daerah kulit yang paling kering.
  • Memakai tabir surya jika hendak keluar rumah. Pancaran cahaya matahari bisa membuat kulit kita jadi kering. Pemakaian tabir surya bisa membantu untuk mengurangi pengaruh buruk dari cahaya matahari pada kulit, termasuk kekeringan pada kulit. Oleh sebab itu, memakai tabir surya saat sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan harus dikerjakan. Gunakanlah tabir surya yang memiliki SPF sedikitnya 15.
  • Memakai pelindung tangan. Memakai sarung tangan atau pelindung tangan atau lainnya saat akan menggunakan detergen. Beberapa bahan kimia yang ada di dalam detergen bisa membuat kulit jadi
    kering, bahkan juga mengalami iritasi.
  • Hindari terlalu lama dalam ruangan AC. AC adalah satu diantara pemicu kulit menjadi kering. Menghindari terlalu lama ada di ruang ber-AC adalah satu diantara langkah yang bisa dikerjakan untuk menghindari kulit menjadi kering.
  • Mencukupi kebutuhan air minum harian. Air putih penting untuk perawatan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Air putih juga berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Minumlah air putih, 8 sampai 10 gelas tiap hari, maka bisa membantu jaga kulit tetap segar, lembap dan tidak kering.
  • Rutin mengkonsumsi sayur dan buah. Buah-buahan dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali kesehatan kulit. Pasalnya di dalam buah dan sayur terdapat kandungan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari efek radiasi.
  • Olahraga dengan teratur. Selainnya menyehatkan tubuh, olahraga dapat membuat kulit lebih sehat dan segar.

3. Melembabkan Kulit dengan Bahan Alami

Selainnya minum banyak air putih, memakai pelembap, dan menggunakan tabir surya, untuk melembapkan kulit dapat dilaksanakan memakai beberapa bahan alami yang bisa diramu sendiri di rumah. Dan berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit kering.

a. Mentimun

Mula mula kita siapkan 1 buah mentimun. Setelah itu kita Belah mentimun tersebut. Selanjutnya, kita gosokkan di wajah sampai merata. Langkah berikutnya diamkan atau biarkan hingga mengering.Langkah terakhir bersihkan wajah dengan membilas dengan air sampai bersih. Kerjakan perawatan ini dengan teratur tiap hari.

b. Apel

Persiapkan 1/4 buah apel. Selanjutnya kita kupas kulitnya, setelah itu apel tersebut diparut. Langkah berikutnya taruh dan simpan ramuan tersebut dalam lemari es sampai dingin. Selanjutnya usapkan secara merata pada wajah kita dan diamkan kira kira selama 15 sampai 20 menit. langkah terakhir kita Bersihkan muka sampai bersih dengan air hangat.

c. Susu dan madu

Campurkanlah 4 sendok makan susu bubuk dengan 2 sendok makan madu. Jangan lupa tambahkan 2 sendok makan air hangat. Lalu kita aduk aduk sampai tercampur rata. Terapkan ramuan tersebut di wajah sebagai masker. Selanjutnya diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit. Langkah terakhir kita bilas muka sampai bersih.

d. Mandi susu

Persiapkan air hangat di bathtube. Tambah beberapa sendok makan susu bubuk dan dua sendok teh minyak almond atau minyak zaitun. Pakailah semua itu untuk berendam. Ketika mengeringkan tubuh, jangan menggosok dengan kasar memakai handuk. Keringkan tubuh dengan cukup menepuk-nepuk halus memakai handuk.

C. Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak cenderung lebih memiliki masalah dibanding dengan jenis kulit lainnya. Beberapa masalah yang umumnya terjadi pada kulit berminyak yakni mudah muncul jerawat dan rasa gatal di muka saat berkeringat.
Jerawat gampang muncul pada kulit berminyak karena kandungan minyak yang berlebihan pada kulit bisa menutupi pori-pori dan jadi tempat bersarangnya bakteri. Bermacam kotoran juga gampang menempel pada kulit yang berminyak.

Pori-pori yang tersumbat, bakteri, dan kotoran ini yang mengakibatkan jerawat mudah muncul. Permasalahan yang lain kebanyakan ada pada kulit berminyak ialah rasa gatal di wajah saat berkeringat. Pemicu rasa gatal ini ialah jamur yang menempel di kulit. Saat permukaan kulit basah oleh keringat, maka benang-benang jamur tersebut menjadi lebih gampang menembus sisi luar kulit ari. Inilah yang mengakibatkan munculnya rasa gatal.

1. Penyebab Kulit Berminyak

Pemicu kulit berminyak antara lain faktor genetik, pola makan yang kurang sehat (gula yang terlalu banyak, makan gorengan, makanan pedas,makanan yang memiliki kadar lemak tinggi, dan santan) Makanan jenis ini yang bisa membuat kulit berminyak. Selain itu kulit berminyak bisa disebabkan oleh kesetidakimbangan hormon (misalkan, pada periode pubertas dan saat menstruasi. kesetidakimbangan hormon ini mengakibatkan produksi minyak jadi berlebihan. Tak hanya itu penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat membuat kulit berminyak.

1. Ciri-ciri Kulit Berminyak

Adapun Beberapa ciri kulit berminyak, diantaranya : memiliki sifat basah, mengkilap, mempunyai pori-pori yang lebar dan terbuka, gampang berjerawat, apabila disentuh, ada sisa minyaknya.

2. Perawatan Kulit Berminyak

Kulit berminyak memerlukan perawatan ekstra untuk menghindari munculnya jerawat dan mengurangi kandungan minyak di kulit tanpa mengakibatkan munculnya permasalahan baru. Ini karena perawatan atau penanganan yang keliru bisa membuat kulit berminyak jadi kering atau malah semakin berminyak. Perawatan kulit berminyak bisa dilaksanakan dengan beberapa cara diantaranya seperti berikut.

  • Membersihkan wajah secara teratur dua kali satu hari, memakai pembersih khusus untuk kulit yang berminyak.
  • Memakai toner yang sifatnya ringan, sesudah membersihkan wajah selanjutnya dilanjutkan dengan penggunaan pelembap atau losion yang bebas minyak.
  • Menjauhi terlalu sering membersihkan wajah. Sering membersihkan wajah akan menstimulasi kulit wajah menghasilkan minyak yang semakin banyak. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan dengan memilih sabun muka dengan formulasi halus dengan bahan dasar yang alami dan hindari pemakaian sabun yang bisa mengakibatkan kulit wajah jadi kering dan bersisik.
  • Rutin memakai tabir surya yang bebas minyak, untuk setiap akan melakukan aktivitas di luar ruangan.
  • Mulailah menerapkan pola makan yang sehat. Awasi konsumsi minuman atau makanan yang dapat menyebabkan munculnya keringat dan memiliki kandungan minyak yang banyak. Selain itu perbanyaklah makan sayur dan buah untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit kita.

3. Menangani Kulit Berminyak dengan Bahan-bahan Alami

a. Seledri

Mula mula kita persiapkan daun seledri seperlunya, lalu kita cuci sampai bersih. Kemudian daun tersebut dipotong kecil-kecil. Rendamlah di panci yang berisi air mendidih. Biarkan sampai air menjadi dingin. Setelah itu Usapkan air rebusan seledri yang sudah dingin tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata. Yang terakhir Biarkan sampai kering lalu bilas wajah sampai bersih. Lakukanlah perawatan ini secara teratur tiap hari.
Masker seledri ini juga bermanfaat untuk melembutkan dan mengencangkan kulit wajah dan membuatnya makin berseri-seri.

b. Putih telur dan jeruk nipis

Mula mula kita siapkan bahannya seperti: 1 butir telur yang telah diambil putihnya saja, 1/2 sendok teh air jeruk nipis, dan 1/2 sendok teh madu. Setelah itu kocok putih telur, dan masukkan air jeruk nipis dan juga madu. Selanjutnya aduk bahan bahan tersebut sampai tercampur merata. Terapkan ramuan tersebut di wajah sebagai masker. lalu Biarkan sampai mengering. Dan cuci wajah dengan memakai air hangat yang terkahir bilas dengan memakai air dingin.

D. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit sangat umum dipunyai oleh banyak orang. Kulit gabungan merupakan kombinasi dari dua jenis kulit yang tidak sama, yakni kulit kering dan kulit berminyak.

1. Beberapa ciri Kulit Kombinasi

Ciri-ciri kulit wajah kombinasi ialah di bagian T-zone (hidung, dahi, dagu, dan sisi atas mata) berminyak, kelihatan mengkilat, dan pori-porinya terbuka lebar atau besar. Sedangkan, kulit di wilayah lain cenderung kering atau pun normal.

2. Perawatan untuk Kulit Kombinasi

Perawatan untuk kulit kombinasi bisa dilaksanakan melalui cara di antaranya seperti berikut.

  • Memakai pembersih muka yang tidak memiliki kandungan sabun. Perihal ini untuk menghindari area yang kering jadi semakin kering sekaligus berguna untuk menghentikan produksi minyak berlebih di area kulit yang berminyak.
  • Memakai toner yang sifatnya enteng pada tempat kulit yang berminyak. Pemakaian toner enteng ini berguna untuk membenahi tekstur kulit tersebut.
  • Memakai pelembap di seluruh bagian muka.
  • Memakai tabir surya setiap akan melakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Perawatan Kulit Kombinasi Memakai Bahan-banan Alami

a. Masker telur dan madu,

Persiapkan kuning telur dari 1 butir telur, 1 sdt madu, dan 1 sdt minyak sayur. Campur ketiga bahan tersebut lalu kita tambahkan 2 sdt gula. Aduk sampai betul-betul tercampur dengan merata. Terapkan di wajah sebagai masker. Setelah itu biarkan masker tersebut jadi kering. Yang terakhir kita bersihkan muka memakai air hangat sampai bersih. Perlu diketahui bahwa masker ini juga berguna untuk membersihkan dan menghaluskan tekstur kulit wajah kita.

b. Masker mawar

Persiapkan 1 kelopak bunga mawar, 1 sdt air mawar, yoghurt, dan madu secukupnya. Kelopak mawar dilumatkan, selanjutnya dicampur dengan beberapa bahan yang lain sampai tercampur dengan merata. Terapkan pada di wajah sembari dipijat dengan pergerakan memutar. Biarkan kira kira selama 15 menit, lalu bilas wajah kita dengan air hangat sampai bersih.

E. Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang memberi respons secara berlebihan pada beberapa benda atau keadaan tertentu, misalkan perubahan suhu, cuaca, bahan kosmetik, atau pun beberapa bahan kimia lainnya yang dapat mengakibatkan munculnya masalah pada kesehatan kulit.

1. Penyebab Kulit Sensitif

Setidaknya ada beberapa penyebab kulit jadi sensitif diantaranya;

  1. Pemakaian kosmetik yang memiliki kandungan bahan aktif yang tidak bisa diterima oleh kulit atau pemakaian kosmetik yang berlebihan dalam waktu yang lama.
  2. Penipisan susunan kulit karena pemakaian produk kosmetik yang memiliki kandungan bahan yang memiliki sifat mengangkat sel-sel kulit dalam jangka yang cukup lama.
  3. Pancaran cahaya matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.
  4. Makanan tertentu yang bisa mengakibatkan alergi hingga kulit jadi sensitif.

2. Ciri-ciri Kulit Sensitif

Beberapa ciri kulit sensitif diantaranya: kulit gampang memerah, gatal atau perih saat terkena beberapa zat tertentu, dan seringkali diikuti dengan kulit kering dan munculnya jerawat.

3. Perawatan Kulit Sensitif

Perawatan pada kulit sensitif harus dilaksanakan dengan esktra kehati-hatian. Masalah ini karena perawatan yang tidak pas dan pemakaian kosmetik yang tidak tepat bisa mengakibatkan munculnya beragam permasalahan di kulit seperti perih, gatal, kulit jadi kering, kulit memerah, kulit terasa panas, atau munculnya jerawat.

Untuk merawat kulit sensitif, bisa dilaksanakan dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Pakailah produk perawatan kulit yang hipoalergenik untuk menahan terjadinya reaksi alergi atau iritasi di kulit. Atau, pakai beberapa produk khusus untuk kulit sensitif yang ada merk for sensitive skin.
  • Memakai pelembap yang sifatnya enteng.
  • Pilihlah pembersih muka yang halus yang tidak memiliki kandungan sabun atau soap free bisa juga berupa pembersih make-up yang halus.
  • Pakailah air, tisu, atau tisu pembersih wajah khusus make-up saat akan membersihkan dandanan muka. Jauhi pemakaian waslap karena sangat keras dan bisa membuat iritasi kulit. Selain itu Jauhi pula pemakaian air yang sangat dingin atau air panas. Karena, temperatur yang berlebihan bisa membuat iritasi kulit dalam waktu cepat.
  • Jauhi scrub dengan bentuk bulir-bulir.
  • Pakailah penyegar yang tidak beralkohol. Perihal ini karena produk yang beralkohol akan memacu reaksi di kulit sensitif.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai jenis jenis kulit dan bagaimana cara merawatnya. Mudah mudahan postingan singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang kecantikan kulit.

  • Bagikan