10 Jenis Ikan Hias yang Kuat Hidup Tanpa Aerator Cocok untuk Pemula

Diposting pada

Ikan hias yang kuat hidup tanpa aerator? Di postingan ini akan kita bahas jenis ikan hias yang kuat hidup tanpa aerator atau pompa oksigen. Memiara ikan hias kadang memang membutuhkan perhatian dan sikap khusus ke ikan yang kita piara supaya ikan-ikan yang dipiara hidup lama dan sehat. Tetapi di beberapa orang pecinta ada yang senang dengan ikan hias akan tetapi malas dalam soal membersihkan aquarium dan menjaga ikan tersebut maka ikannya tidak terurus secara baik yang bisa menjadikan kematian pada ikan karena tidak diurus.

Ikan Hias Air Tawar yang Tahan Lama

Dari banyaknya ikan hias sangat perlu memberi perhatian khusus dan sikap khusus supaya ikan-ikan hidup lama dan sehat. Namun bagaimana dengan orang yang sibuk kerja? Tentunya perhatian dan sikap ke ikan itu tidak maksimal. Ini mengakibatkan si ikan bisa mati.

Nah, kesempatan ini kita akan ulas sejumlah ikan hias kuat hidup walaupun tak perlu memerhatikan dengan maksimal. Tentunya benar-benar sesuai buat Kamu yang sangat sibuk kerja.

1. Ikan Lele Hias

Ikan lele termasuk satu diantara ikan yang tahan dibanting. Bahkan juga semua tipe ikan hias tahan dibanting.

Oleh karena itu lele yang buat dipiara dapat lele tipe RTC (Red Tail Catfish), Tiger Shovelnose Catfish, dan lain lainnya yang enak dilihat bila dipiara.

2. Gourame Sabah

Gourame memang ikan konsumi tetapi untuk Gurame Sabah alias red gourami ini lumayan khusus karena sangat jarang dan banyak hobyes yang cari ikan gourame ini.

Ikan ini juga kuat hidup, pokonya pas kali untuk Kamu yang tidak bisa memberi perhatian khusus untuk ikan hias karena sibuk kerja.

3. Ikan Koki

Ikan koki seringkali kita temui di toko ikan, badannya yang bundar gendut dengan berenangnya yang unik menambahkan kesan-kesan lucu. Oleh karena itu ikan koki jadi satu diantara ikan hias favorite.

Ikan koki juga benar-benar gampang untuk dipiara dan lumayan kuat, benar-benar pas buat kamu yang baru mengawali hobi ikan hias. Namun tahukah kamu ? Rupanya ikan koki bisa hidup tanpa aerator di aquarium.

Meskipun begitu, kamu perlu memerhatikan keadaan aquarium dan airnya. Pemberian pakan yang cukup dan kualitas air yang bagus akan membuat ikan terus sehat dan berusia panjang.

4. Ikan Pleco Hias

Ikan pleco atau yang umum kita mengenal bernama ikan sapu-sapu adalah satu diantara ikan yang kuat hidup tanpa oksigen / aerator. Bagaimana tidak kuat, ikan sapu-sapu bisa dijumpai di sungai yang terkontaminasi dan masih tetap hidup dengan sehat.

Tetapi sekarang dengan adanya banyak jenis ikan sapu-sapu yang mempunyai corak warna yang cantik. Ikan pleco jadi alternative ikan hias piaraan di rumah. Ikan pleco bisa dipadukan dengan ikan hias lainnya. Karena ikan ini cukup pasif dan hidup di dasar aquarium.

Selain corak berwarna yang cantik, alasan untuk memiara ikan ini karena ikan pleco dapat membersihkan beberapa sisa makanan ikan yang tidak habis dan makan alga yang tumbuh di aquarium, hingga aquarium punyamu masih tetap bersih dan tidak menghijau karena alga.

5. Ikan Pedang atau Swordtail Fish

Swordtail fish atau ikan pedang masih terhitung di dalam tipe ikan platy, keunikan ikan pedang ialah wujud ekor yang serupa dengan pedang terutamanya di bagian bawah ekor.

Sama dengan ikan platy, ikan pedang dapat hidup walau tanpa aerator di aquarium. Ikan ini dapat dikombinasi dengan ikan hias yang lain seperti guppy, molly, platy, tetra, dan lain-lain.

6. Ikan Red Tail Catfish

Bila kamu ingin memelihara ikan predator yang kuat hidup tanpa oksigen di aquarium, kamu dapat mengawalinya dengan ikan Red Tail Catfish. Ikan ini sebagai famili dekat dari ikan lele.

Berwarna yang tidak monoton hitam membuat ikan ini opsi untuk kamu yang pemula dalam memiara dan perawatan ikan predator. Karena ikan Red Tail Catfish lumayan kuat, bahkan juga Red Tail Catfish bisa hidup tanpa memakai aerator.

7. Ikan Guppy

Ikan hias yang kuat hidup tanpa oksigen setelah itu ikan guppy. Ikan yang ini juga sering kita temui di toko ikan atau pedagang ikan kecil.

Harga juga bervariatif dimulai dari yang beberapa ribu sampai juta-an, harga itu ditetapkan dari jenis, genetik dan line dari ikan itu. Yang umum kita temui dipasaran dengan harga terjangkau ialah ikan guppy rijek atau cendolan yang genetiknya telah tercampur banyak tipe ikan guppy yang lain. Ikan semacam ini rawan terserang penyakit dan tidak kuat lama.

Berlainan dengan ikan cupang yang memerlukan satu aquarium satu ikan, kamu dapat memiara ikan guppy dengan jumlah banyak pada sebuah aquarium. Namun penting diperhatikan populasi dan ukuran aquarium supaya kesehatan ikan tetap terjaga.

8. Ikan Platy

Ikan platy sebagai salah satunya tipe ikan livebearer, Ikan livebearer sebagai tipe ikan yang mempunyai intensitas berkembang biak yang cepat. Karena tipe ikan livebearer tidak bertelur seperti ikan yang lain, tetapi langsung melahirkan anakan ikan yang bertubuh prima dan dapat berenang dan cari makan sendiri.

Sama dengan ikan guppy dan molly yang tergolong ikan livebearer yang lain, ikan platy dapat bertahan hidup tanpa memakai aerator di tank aquarium. Ukuran ikan platy cenderung lebih kecil dibandingkan ikan molly, yang membedakannya ada di bagian sirip ekor serta bentuk badannya.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Hias Bertahan Hidup Tanpa Tambahan Oksigen di Akuarium

9. Ikan Sepat Mutiara

Ikan sepat mutiara sebagai ikan hias yang disebut satu kerabat dengan ikan gurame. Ikan sepat mutiara mempunyai nama latin Trichogaster leeri dengan bahasa inggris disebutkan Pearl Gourami, Mosaic/Lace Gourami.

Keunikan ikan sepat mutiara yakni ada bercak-bercak pada sekujur badan sampai siripnya. Warna badannya yang kemerahan serta bercampur biru meningkatkan keeksotisannya, ada juga garis hitam dari mulut sampai ke tubuhnya.

10. Ikan Komet

Ikan komet masih keluarga dekat ikan mas, ikan koki, dan ikan koi. yang menjadi keunikan ikan komet ialah ekornya yang panjang dan melambai-lambai. Ikan komet tergolong ikan hias air tawar yang kuat dan tahan banting, tidak berarti kuat dibanting ya. Artinya daya tahannya lumayan baik sepanjang pemberian pakan dan kualitas air terjaga.

Ikan komet bisa juga dipiara di aquarium atau kolam, perawatannya juga lumayan gampang dan tidak rewel harus gunakan heater atau aerator. Harga ikan komet terhitung yang ramah di kantong, meskipun demikian ikan komet masih tetap mempunyai warna serta kecantikannya tersendiri.

Q & A: Ikan Hias yang Tahan Hidup

Ikan apa saja yg bisa hidup tanpa aerator?

Ada beberapa jenis ikan hias yang dapat hidup tanpa bantuan aerator, di antaranya:

  • Guppy.
  • Molly.
  • Lele.
  • Pleco.
  • Cupang.
  • Oscar.
  • Channa (Gabus)
  • Tetra.

Apakah ikan molly bisa hidup tanpa aerator?

Ikan molly tidak bisa bertahan hidup tanpa oksigen dan setiap kandungan oksigen dalam akuarium turun, ikan Anda akan menderita serta dapat menyebabkan ikan Molly sakit.

Apakah ikan tetra bisa hidup tanpa aerator?

Neon tetra adalah ikan yang tidak rewel dan benar-benar pas untuk para pecinta ikan hias pemula. Ikan ini benar-benar gampang dipiara karena sanggup bertahan hidup tanpa memakai filter atau aerator. Cupang menjadi satu diantara ikan hias yang kuat. Mengurusinya tidak susah, bahkan juga Kita dapat memiara ikan ini dalam toples selai.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 10 jenis ikan hias yang kuat hidup, sehingga mudah untuk dipiara oleh para pemula.

Gambar Gravatar
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.