jenis ikan hias tanpa oksigen di akuarium

7 Jenis Ikan Hias Bertahan Hidup Tanpa Tambahan Oksigen di Akuarium

Diposting pada

Pelangi News – ikan hias tanpa oksigen di akuarium. Bagi penggemar ikan hias, melihat ikan berenang di akuarium tampaknya menjadi kenikmatan tersendiri. Melihat hewan peliharaan yang sehat dan lincah merupakan kesenangan bagi pemiliknya. Sewaktu kita membeli akuarium, kita juga perlu membeli beberapa aksesoris lain agar hewan di dalamnya tidak mudah mati. Salah satu aksesoris yang dibutuhkan agar ikan bisa tahan lama di akuarium adalah pompa oksigen.

Ikan Hias yang Kuat Hidup

Sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Kuat Hidup di Akuarium. Dan postingan kali ini kita akan memperdalam bahasan kita tentang 7 jenis ikan hias bisa hidup tanpa oksigen di akuarium. Sebagai pemula yang menggeluti hobi memelihara ikan hias, membeli aerator atau pompa oksigen masih sering dipertimbangkan. Pasalnya fungsi aerator sangat efektif untuk mengedarkan oksigen di dalam air, sehingga penghuni akuarium bisa bertahan hidup. Namun terkadang karena minimnya biaya, pencinta ikan hias pemula enggan untuk membeli membeli alat ini.

Kenapa ikan hias di akuarium sering mati?

Dilansir dari situs gerava menyebutkan salah satu penyebab kenapa ikan hias di akuarium sering mati, salah satunya adalah buruknya kualitas air dalam akuarium. Kualitas air memiliki peranan besar dalam merawat ikan hias. Apabila hal ini tidak diperhatikan, maka ikan hias kita yang akan menjadi korbannya. Beberapa hal yang bisa mengakibatkan buruknya kualitas air dalam akuarium, di antaranya banyaknya kotoran ikan, sisa makanan yang membusuk pada bagian bawah akuarium, dan ikan mati yang tidak segera untuk dibuang. Selain kualitas air akuarium yang buruk masih banyak lagi penyebab ikan hias mudah mati.

Baca juga: cara ikan hias yang tidak mudah mati

Ikan Hias Bertahan Hidup tanpa Oksigen di Akuarium

Beberapa pecinta ikan hias bertanya tanya bagaimana cara merawat ikan hias tanpa oksigen? Mengingat betapa pentingnya peran aerator untuk kelangsungan hidup ikan hias dalam akuarium. Tapi kita tak peruh khawatir, karena masih banyak jenis ikan yang masih bisa hidup tanpa pompa oksigen. Dan berikut ini 7 Ikan hias ini bisa dipelihara tanpa aerator, dan cocok untuk pemula.

1. Ikan Koki

ikan hias koki

Ikan hias dengan memiliki keunikan berupa tonjolan di kepala serta kombinasi warna orange dan putih. Tentu saja hal ini membuat ikan koki menjadi salah satu ikan hias yang cantik dan wajib dipelihara . Ikan hias jenis ini termasuk dapat hidup sehat tanpa aerator, Namun kita tetap harus memperhatikan kualitas airnya. Dengan cara mengatur Frekuensi penggantian air akuarium agar ikan koki tetap sehat meskipun tanpa pompa oksigen di akuarium. Segeralah mengganti air atau menguras akuarium bila airnya terlihat kotor.

2. Ikan Lele Hias

jenis ikan lele hias

Ada jenis ikan yang bisa dibesarkan sebagai ikan hias, salah satunya ikan lele hias. Warna ikan lele hias ini berbeda dengan ikan lele biasanya. Pasalnya ikan hias ini memiliki bintik merah jambu dan merah tua dengan warna putih bening. Selain itu Ikan lele hias juga termasuk jenis ikan hias yang tahan di lingkungan sedikit keruh. Sehingga dapat dipelihara tanpa tambahan pompa oksigen.

3. Ikan Molly

ikan molly

Ikan Molly biasanya disebut juga ikan balon, karena perut ikan Molly dewasa membucit seperti balon. Ikan hias jenis ini mempunyai harga yang sangat murah. Selain itu keunikan dari ikan hias ini mempunyai corak yang beragam, sehingga banyak dicari oleh para pecinta ikan hias.

Ikan Hias tanpa Oksigen di Akuarium – Ikan Molly

Ikan molly atau ikan balon mudah dipelihara didalam akuarium. Selain itu ikan hias seperti ini tidak begitu membutuhkan perawatanyang intensif, seperti memerlukan aerator. Ikan balon mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Menariknya lagi, ikan molly mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

4. Ikan Komet

ikan komet

Ikan Komet adalah salah satu jenis ikan hias yang sungguh elok. Ikan Komet memiliki tubuh yang ramping dengan warna merah atau putih perak yang mengkilap. Ikan hias jenis ini mempunyai ekor yang panjang dan melambai-lambai ketika berenang. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan komet. Perlu diketahui bahwa ikan komet mirip dengan ikan koi karena masih satu kerabat.

Ikan Hias tanpa Oksigen di Akuarium – Ikan Komet

Walaupun memiliki tubuh yang indah, harga ikan komet terbilang murah. Selain itu perawatan ikan satu kerabat dengan ikan koi ini terbilang gampang. Siapa saja dapat memelihara ikan ini bahkan pemula sekali pun. Pasalnya pakannya gampang dan tidak menggunakan tambahan pompa oksigen.

5. Ikan Cupang

ikan hias cupang termahal

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang bisa bertahan hidup meski tanpa aerator. Selain itu ikan cupang tergolong ikan hias yang murah dan memiliki bentuk tubuh yang cukup cantik. Ikan cupang mempunyai ekor dan sirip yang lebar dan mengembang dengan beragam warna cerah, sehingga terlihat mewah bagi pecinta ikan hias.

Ikan Cupang tergolong ikan hias yang memiliki sifat agresif namun dapat hidup di air yang sedikit. Disamping itu jenis ikan hias air tawar ini masih dapat bertahan tanpa pompa oksigen. Oleh karena itu, maka tak heran jika ikan ini dapat hidup di ukuran akuarium sebesar toples. Meski begitu, kita harus tetap menjaganya secara baik, dengan memberikan makan teratur dan mengawasi supaya tidak stres.

6. Ikan Guppy

ikan guppy

Seperti ikan molly, ikan guppy mempunyai beberapa jenis yang unik, dimulai dengan jenis lokalan sampai yang impor. Untuk masalah harganya cukup bervaresi, tetapi tetap masih dapat dijangkau atau alias muarah. Perawatan ikan guppy terbilang cukup gampang dan dapat dipiara secara bersamaan, berbeda dengan ikan cupang yang perlu dipisah dengan yang lain supaya tidak bertarung. Disamping itu, ikan guppy gampang untuk dibudidayakan.

7. Ikan Nila Hias

ikan nila hias slayer

Perlu diketahui , bahwa ikan Nila tidak hanya jenis ikan yang dapat dikonsumsi. Namun ternyata ada pula jenis ikan Nila jenis hias. Ikan Nila hias ini mempunyai kecantikan pada corak tubuh dan warna yang bervariasi maka dari itu sedap untuk dilihat. Ikan Nila hias ini harganya terbilang murah namun juga gampang dibudidayakan.

Ikan nila hias mempunyai ketahanan yang cukup tinggi. Bahkan tak heran jika ikan hias jenis ini bisa hidup di kolam tanpa bantuan aerator atau penambah oksigen. Namun sebaiknya kita pisahkan antara Ikan Nila hias ini dengan Ikan yang lain. Karena ikan Nila tergolong jenis ikan hias air tawar predator yang mau menyerang ikan jenis yang lain dengan ukuran lebih kecil.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai 7 ikan hias tanpa oksigen di akuarium. Semoga ulasan yang sedikit dan cukup ringan ini dapat menambah wawasan kita terkait hobi memiara ikan hias. Terima kasih.

Gambar Gravatar
Aku hanya seorang ibu rumah tangga dengan hobby membaca dan menulis. Dari blog Pelangi News ini saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui agar lebih bermanfaat.