Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka dan Indah

Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka yang Kuat Hidup di Akuarium

Diposting pada

Ikan hias air tawar langka. Ikan hias air tawar sering dicari untuk dijadikan hiasan di akuarium rumah. Biasanya mereka dicari karena mempunyai bentuk yang unik dan warna yang cantik. Tak hanya itu ada sebagian pecinta ikan hias rela mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan ikan hias air tawar yang langka.

Jumlah populasi ikan hias jenis ini makin hari makin menyusut. Hal ini disebabkan banyak diburu dan pencemaran air di habatitnya. Tentu saja hal ini bisa memperburuk kualitas hidup ikan hias tersebut. Sehingga menyebabkan beberapa jenis ikan hias air tawar langka di beberapa tahun terakhir ini.

Dan kami akan merangkum 6 jenis ikan hias air tawar langka beserta gambarnya.

1. Malawi Cichlids

 

Ikan jenis ini lebih dikenal mempunyai warna dan corak yang unik. Jenis ikan hias langka ini bisa kamu jumpai di danau Malawi, Afrika. Ikan Malawi Cichlids ini tergolong dalam kelompok ikan hias air tawar langka dan mulai susah dijumpai di alam liar saat ini.

Sesuai dengan habitat asalnya berupa perairan yang cukup luas. Untuk memilihara ikan air tawar langka ini memerlukan akuarium dengan ukuran yang besar. Namun kamu tak perlu khawatir ikan Malawi Cichilds ini bisa dipelihara pada aquarium ukuran sedang asal jumlah komunitas ikan di dalam juga sedikit.

Supaya ikan Malawi Cichlids bisa berkembang dengan maksimal, pastikan air dalam aquarim tersebut mempunyai kandungan pH yang tinggi. Dan lebih bagus lagi memanfaatkan air alkali, agar sesuai habitat asli ikan tawar ini.

Ikan hias Malawi Cichlids ini tidak memerlukan banyak hiasan atau tanaman agar tetap hidup. Kamu hanya menambahkan batu aquarium 3 dimensi yang berperan sebagai mencontoh habitat asli ikan hias tawar ini di danau. Kamu juga bisa menempelkan pemandangan bertema Danau Malawi untuk mempercantik aquariummu.

2. Zebra Pleco

 

Ikan hias air tawar langka kedua yaitu ikan Zebra Pleco. Jenis ikan air tawar ini termasuk yang jarang dijumpai. Biasanya diburu orang karena memiliki corak dan bentuk tubuh yang unik dan cantik.

Ikan Zebra pleco konon berasal dari Brasil, tepatnya di sungai Rio Xingu. Ikan Zebra Pleco ini terkenal dengan spesies ikan kerdil. Pasalnya hanya mempunyai panjang maksimal kurang lebih 7 cm. Maka dari itu iakn jenis ini cocok untuk aquarium ukuran kecil hingga sedang.

Apabila kamu ingin memelihara ikan Zebra Pleco di aquariummu. Sebaiknya atur ph air dalam aquarium kira kira 6,5 sampai 7,0. Selain itu usahakan temperatur air di antara 21 sampai 27 derajat celcius agar sesuai dengan habitat aslinya. Untuk mempercantik aquariummu, kamu bisa menambahkan beberapa bebatuan dan kayu apung untuk tempat berlindung ikan tersebut.

Perlu diketahui bahwa ikan Zebra Pleco termasuk jenis karnivora. Maka untuk memberinya makan, pilihlah bahan makanan yang mengandung daging seperti pelet, udang dan bloodworm. Agar ikan ini tumbuh maksimal sebaiknya kamu tidak memelihara ikan jenis lain dalam satu aquarium. Pasalnya ikan air tawar langka ini termasuk jenis ikan pemalu dan kalah dalam bersaing berebut makanan.

3. Discus

Ikan Discus tergolong jenis ikan hias air tawar langka di alam liar saat ini. Ikan hias yang mempunyai nama latin Symphysodon ini mempunyai ukuran yang cukup besar dan corak yang cerah. Sebagian orang menyebut ikan Discus dengan sebutan Raja Aquarium karena keindahan tubuhnya.

Konon Ikan Discus berasal dari daerah lembah sungai Amazon dan beberapa anak sungainya, sepert sungai kawasan Rio Negro. Kebiasaan dari ikan hias air tawar ini suka berkumpul di dekat pohon yang roboh dan perairan yang tenang. Habitat seperti itu menjadi tempat yang menyenangkan bagi ikan Discus ini.

Apabila kamu ingin memelihara ikan ikan hias air tawar langka dan mahal ini dalam akuariummu. Maka pastikan aquariummu memiliki PH air sekitar 6,0 sampai 7,0. Selain itu air di dalam aquarium 27 derajat celcius. Dan yang tidak boleh dilupakan pastikan juga tingkat kesadahan atau tingkat mineral air di angka 3dGH sampai 9dGH.

Untuk dekorasi aquarium, kamu bisa menambahkan beberapa kayu lapuk yang disusun secara vertikal agar mirip pohon yang roboh. Selain itu kamu bisa menambahkan tanaman air yang berdaun lebar dan besar serta tanaman mengapung untuk berteduh ikan hias air tawar ini.

Sedangkan untuk pakan ikan Discus, kamu bisa memberikan cacing dan krustasea atau udang-udang kecil. Kamu juga bisa memberikan makanan seperti spirulina, butiran, alga, dan pelet udang. Pasalnya jenis ikan air tawar langka ini pencari makanan biota di dasar bebatuan.

Perlu diingat memelihara ikan hias air tawar terindah ini bukan untuk kalangan pemula. Pasalnya butuh persiapan dan pengalaman yang matang agar ikan bertahan hidup dan tumbuh maksimal. Selain itu ikan Discus tergolong ikan hias air tawar langka dan mahal.

4. Hatchetfish

Ikan hias air tawar langka berikutnya adalah Hatchetfish atau ikan kapak. Ikan hias air tawar ini sering dicari pecinta ikan untuk menghiasi aquarium di rumahnya. Ikan Hatchetfish banyak diburu karena memiliki bentuk tubuh yang unik yakni seperti kepala kapak.

Disamping itu, ikan hias air tawar ini mempunyai keunikan yanglain seperti bisa melompat ke udara dengan cara mengepakan siripnya. Biasanya ia lakukan untuk menangkap serangga yang ada di atasnya. Karena kebiasaanya ini ikan Hatchetfish dikenal sebagai ikan terbang.

Untuk daerah asalnya, Ikan Hatchetfish ini termasuk ikan hias air tawar dari daerah Panama dan Amerika Selatan. Ukuran tubuh ikan hias ini relatif kecil yakni sekitar 4 cm. Di habitat aslinya, ikan tawar ini dikenal sebagai jenis ikan yang tenang dan pemalu. Sehingga cocok dipelihara bersamaan dengan jenis ikan lainnya.

Lantaran ikan kapak ini sering berenang di dekat permukaan air, maka perlu dipastikan ada beberapa tanaman terapung di aquarium seperti Amazon Frogbit. Meskipun ikan Hatchetfish ini tergolong jenis ikan hias air tawar yang tahan lama. Namun tidak Walau mempunyai kekuatan bertahan hidup yang tinggi, tetapi ikan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh peternak ikan hias pemula.

Untuk pakan favorit ikan jenis ini, kamu bisa menyiapkan makanan berupa udang dan larva serangga. Di mana makanan tersebut mirip dengan makanan di habitat aslinya yaitu krustasea, dan serangga air.

5. Arwana

Ikan hias air tawar yang tergolong langka yang lain ialah ikan arwana. Mereka kerap dipelihara karena mempunyai bentuk badan yang cantik unik. Menurut riset, ikan ini berasal dari daerah lembah sungai Amazon. Uniknya dari ikan Arwana ini bisa tumbuh sampai 120 cm di alam liarnya, namun untuk di penangkaran hanya bisa tumbuh sekitar 70 cm saja. Maka jika ingin memelihara jenis ikan hias air tawar langka di indonesia ini kamu harus menyiapkan aquarium dalam ukuran yang besar.

Agar ikan Arwana bisa bertahan hidup dan tumbuh maksimal maka buatlah aquarium seperti habitat aslinya. Kamu bisa menambahkan beberapa tumbuhan, pasir, dan batu-batuan. Pastikan pula air dalam aquarium memiliki temperatur kurang lebih 27 derajat celcius dan pH air 6,5 sampai 7,5. Dan agar ikan ini tidak melompat ke luar maka berilah penutup aquarium di atasnya.

Untuk pakan ikan arwana, kamu bisa memberinya ikan-ikan yang memiliki ukuran kecil, krustasea dan serangga. Pasalnya ikan arwana tergolong hewan karnivora yakni hewan pemakan daging.

6. Dwarf Puffer Fish

Ikan hias air tawar langka yang patut untuk dibudidaya supaya tidak punah ialah ikan The dwarf pufferfish. Ikan yang dikenal dengan sebutan Carinotetraodon travancoricus ini merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil. Konon ikan jenis ini berasal dari daerah Kerala dan Karnataka Selatan di India.

Keunikan dari ikan hias air tawar ini yaitu memiliki tubuh yang buntal. Mungkin bentuk tubuh seperti ini sangat jarang dimiliki oleh ikan tawar jenis yang lain.

Menurut riset, warna dan corak pada badan ikan hias ini tergantung pada kondisi hati ikan tersebut. Mulai dari warna hijau sampai cokelat dengan bercak-bercak gelap, dan juga warna putih atau kuning pada bagian perutnya.

Selainnya mempunyai bentuk badan yang tidak biasanya, ikan ini tidak memerlukan bak air yang berukuran besar karena ukuran badan ikan hias air tawar ini relatif mungil.

Supaya berkembang biak dengan maksimal, buatlah tempat berlindung yang banyak supaya ikan hias ini merasakan aman. Kamu juga bisa menambahkan dekor untuk dijelajahi ikan-ikan ini karena ikan jenis ini memiliki ingin tahu dan mudah jemu. Kamu bisa menambahkan tanaman aquascape Java moss dan Java fern yang sesuai dengan habitat aslinya

Untuk jenis pakan ikan ini, kamu bisa memberikannya makanan beku seperti cacing darah, jentik nyamuk, tubifex, dan sebisa mungkin hindari memberi makanan berupa pellet dan makanan bubuk lainnya.

Nah Itulah 6 jenis ikan hias air tawar langka di alam liar saat ini. Biasanya disebabkan karena kerap diburu dan lingkungan yang tercemar. Supaya populasi mereka tidak menurun dan bahkan punah, seharusnya yang kita lakukan yakni dengan melakukan perawatan dengan optimal termaksud menyediakan tempat tinggal yang sesuai habitat mereka di alam liar.
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai

Gambar Gravatar
Aku hanya seorang ibu rumah tangga dengan hobby membaca dan menulis. Dari blog Pelangi News ini saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui agar lebih bermanfaat.