Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

5 Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Lebat, Subur dan Berbunga Besar

  • Bagikan
cara merawat tanaman mawar

Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Lebat, Subur dan Berbunga Besar. Mawar merupakan satu di antara jenis tanaman semak dari kerabat Rosaceae. Kata rosa sendiri datang dari bahasa Latin yang memiliki arti yaitu bunga mawar. Tanaman mawar ini mempunyai bermacam warna, dari yang paling dikenali yakni mawar merah, kuning, putih, merah muda, sampai yang jarang dijumpai seperti mawar dengan warna ungu.

Cara Merawat Tanaman Mawar

Mawar adalah satu diantara tanaman hias yang paling terkenal dan hampir semua orang tahu dan pernah melihatnya. Dengan memiliki beragam jenis warna, bunga mawar jadi tanaman hias yang dicintai oleh kebanyakan orang. Apabila Kamu mempunyai tanaman mawar di dalam rumah, maka ada beberapa cara untuk membuatnya tumbuh lebat, subur, dan berbunga besar. Lantas bagaimana cara merawat mawar bisa tumbuh lebat, subur dan berbunga besar?

Dilansir dari Kompas (25/10/2021) ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tanaman mawar Kamu bisa tumbuh lebat, subur dan berbunga besar, di antaranya:

1. Pilihlah Pot dan Media Tanam yang Ukurannya Tepat

Pot dan media tanam yang pas merupakan perihal yang pokok di dalam merawat tanaman bunga mawar. Perlu diketahui bahwa ukuran pot tanaman bunga mawar sebaiknya disamakan dengan ukuran tanaman bunga mawarnya.

Maka kamu jangan menggunakan pot yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan ukuran tanaman bunga mawar yang berada di dalamnya. Karena, hal tersebut akan membuat tanaman bunga mawar jadi tumbuh kerdil dan tentu saja kekurangan unsur hara yang bisa menyuburkan tanaman tersebut.

Sementara itu untuk media tanam yang cocok untuk tanaman bunga mawar ialah kombinasi dari sekam, tanah, dan kotoran hewan. Tanaman bunga mawar tidak cocok ditanam pada media tanam yang sangat gembur dan sangat tandus, maka dari itu kombinasi tanah, sekam, dan kotorannya harus tepat.

Dan inilah komposisi media tanam yang pas untuk tanaman bunga mawar yaitu 1 bagian sekam, 1 bagian tanah, dan 1/2 bagian kotoran hewan. Setelah itu aduk atau campur seluruh bahan secara merata saat sebelum digunakan untuk menanam tanaman bunga mawar.

2. Melakukan Penyiraman secara Rutin dan Tepat

Melakukan penyiraman tanaman bunga mawar seperlunya saja, tidak boleh berlebihan sampai menumpahi media tanam tersebut. Apabila tanaman bunga mawar ditempatkan di bawah atap yang tidak terkena hujan, maka penyiraman bisa dilaksanakan sekitar dua kali dalam sehari. entah itu pada musim penghujan maupun pada musim kemarau. Tetapi, untuk tanaman bunga mawar yang ada di luar ruangan yang memungkinkan terkena hujan secara langsung, maka penyiramannya cukup sekali dalam sehari saat musim penghujan dan dua kali dalam sehari pada saat musim kemarau.

3. Lakukan Pemeriksaan dan Pemotongan secara Rutin

Selalu lakukan pemeriksaan secara rutin pada bagian daun, ranting, dan juga bunga, supaya tidak ada bagian tanaman yang busuk atau pun terkena hama. Kamu juga bisa melaksanakan pemotongan di bagian bunga mawar yang telah kering atau pun busuk. Tetapi, hindari menggunting dengan pola diagonal atau menyerong. Kamu harus menggunting bagian bunga yang telah kering tersebut dengan pola lurus memakai gunting.

Jadi sebaiknya kita pangkas bunga yang kering secara lurus, di atas ranting yang telah bercabang. Selanjutnya bunga kering yang telah dipotong tersebut dapat kita buang. Perlu diketahui Maksud dari pemotongan ini untuk memunculkan ranting-ranting atau tunas yang baru, sehingga tanaman bunga mawar jadi lebih lebat atau rimbun.

4. Lakukan Pemupukan secara Tepat

Supaya tanaman bunga mawar lebat, subur, dan berbunga besar, yakinkan untuk memberi pupuk dengan teratur. Untuk pupuk tanaman bunga mawar, Kamu dapat memakai pupuk NPK Mutiara 16-16-16 tiap satu minggu sekali. Tekniknya dengan meleburkan 1 sdk makan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 ke 8 liter air dan setelah itu campurkan sampai merata. Selanjutnya larutan pupuk NPK Mutiara 16-16-16 tersebut kemudian kita siramkan ke masing-masing media tanam bunga mawar seperlunya saja. Ingat ya jangan sampai berlebihan.

5. Rutin Menyemprotkan Insektisida

Untuk melindungi tanaman bunga mawar dari serangan hama yang merusak tanaman, kamu wajib memberinya obat pestisida dengan merk rizotin. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan obat pestisida tersebut dengan air sesuai dengan petunjuk yang tertera pada bungkus atau kemasannya. Setelah itu kita semprotkan pestisida atau insektisida tersebut secara rutin, yakni tiap satu atau dua kali dalam satu bulan.

Baca Juga: 20 Tanaman Hias Gantung Daun yang Cantik dan Mudah Dirawat

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai Cara Merawat Tanaman Bunga Mawar Agar Lebat, Subur dan Berbunga Besar.

  • Bagikan