Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

10 Cara Merawat Payudara agar Tetap Sehat dan Kencang

  • Bagikan
cara merawat payudara

Cara merawat payudara memang terlihat mudah, namun butuh ketelatenan. Mempunyai payudara yang indah merupakan kebanggaan para wanita. Inilah sebabnya, mengapa payudara dianggap menjadi salah satu simbol yang mendukung sebuah hubungan intim. Untuk menjaga penampilan payudara, selain menggunakan bra yang tepat, dibutuhkan pula teknik khusus untuk menjaga dan merawat payudara.

Setiap wanita dewasa mempunyai bentuk dan juga ukuran payudara yang berbeda-beda. Namun, ukuran payudara bukanlah menjadi ukuran kecantikan, kesehatan tubuh atau daya tarik dari wanita. Yang terpenting yaitu keserasian yang terjadi antara bentuk tubuh dan bentuk payudara.

Cara Merawat Payudara

Untuk alasan ini, mempertahankan dan memelihara keserasian ukuran payudara lebih penting daripada hanya mengkhawatirkan ukurannya. Ada sebagian orang yang ingin memperbesar atau meningkatkan payudara, dan itu dapat dilakukan dengan menjalani perawatan khusus.

Jika ditinjau dari anatomi, payudara adalah terdiri dari jaringan kelenjar, puting, areola, dan jaringan ikat. Ukuran payudara sesunguhnya dipengaruhi oleh kekuatan jaringan ikat dan juga kandungan lemak di dalamnya. Namun, dari aspek kesehatan, itu tidak terlalu penting, kecuali bahwa memang ukurannya sangat kecil atau putingnya terbalik.

Cara Merawat Payudara Agar Sehat dan Kencang

Perkembangan payudara yang maksimal pada seorang wanita terjadi sebelum dan selama pubertas. Maka kondisi payudara di masa kanak-kanak atau sebelum pubertas belum bisa digunakan sebagai tolok ukur ukuran payudara. Untuk menjaga payudara tetap indah, kencang dan menawan, kamu harus melakukan perawatan berikut ini:

  1. Ketika duduk, cobalah untuk tidak terlalu mendekatkan pada meja, karena hal itu dapat membuat payudara kamu terhimpit. Sehingga bisa memungkinkan payudara kamu mengempis atau tertekan.
  2. Ketika melakukan latihan seperti lari, pastikan selalu menggunakan bra, karena hal ini dapat mempengaruhi perkembangan dari payudara dan juga bentuknya.
  3. Lakukan perawatan berupa pijatan di area payudara, karena ini akan menambah keindahan bentuk dan kekencangan payudara kamu.
  4. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, mengingat pengembangan jaringan kelenjar payudara juga memerlukan nutrisi yang cukup, layaknya anggota tubuh lainnya.
  5. Biasakan mengenakan bra yang cocok dengan bentuk dan ukuran payudara kamu. Dan jangan mengenakan bra yang ukurannya terlalu besar dan terlalu sempit, karena akan mempengaruhi perkembangan payudara tersebut.
  6. Jangan memaksakan perkembangan payudara terlalu cepat. Memang terkadang wanita merasa tidak puas dengan bentuk dan ukuran payudara yang dimilikinya. Mereka terkadang juga menganggap perawatan yang dilakukan sia sia. Perlu diingat bahwa yang namanya perawatan tentu membutuhkan waktu, tak terkecuali perawatan pada payudara.
  7. Jangan terlalu sering menarik payudara kamu ke bawah, pasalnya hal ini dapat mengakibatkan payudarakamu turun dan tidak enak dipandang mata. Biasanya bentuk payudara yang turun akan dialami oleh wanita yang telah menginjak usia di atas 40 tahun.

Tata Cara Perawatan payudara

Selain itu, jika kamu membutuhkan perawatan yang memakai baluran atau obat herbal, kamu bisa mengikuti resep di bawah ini. Dan kamu bisa memilih yang paling sesuai untuk kamu:

  1. Ambil 10 lajur kacang panjang, dan tumbuk sampai halus lalu beri sedikit air bersih. Kemudian ramuan tersebut diperas. Perasan ini bisa kamu gunakan untuk perawatan payudara dengan cara mengoleskannya. Perawatan ini memerlukan waktu sekitar tiga bulan. Dan sebaiknya perawatan ini dilakukan secara rutin setiap tiga hari atau dua kali dalam seminggu.
  2. Kamu juga bisa menggunakan air mawar, khususnya yang sering dipakai untuk terapi hidro. Caranya cukup mudah yakni dengan memakai selang atau pancuran, dan disemprotkan ke seluruh area payudara setiap hari ketika kamu mandi pagi.
  3. Lakukan pula pemijatan pada area payudara, dengan menggunakan lotion dan scrub. Lakukan perawatan ini selama 7 sampai 10 menit. Setelah dipijat biarkan selama 5 menit lalu bersihkan payudara tersebut. Sebaiknya perawatan ini dilakukakan setiap sore.

Nah, inilah cara me

  • Bagikan