Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Nyesel Baru Tahu! Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Yang Benar

  • Bagikan
Cara merawat kulit wajah

Cara merawat kulit wajah yang baik dan benar. Kulit cantik serta sehat benar-benar merupakan karunia tiada tara buat yang mempunyainya. Bagaimana tidak, dengan kulit yang bersih, mulus, cerah, elastis, dan nampak segar dan awet muda, seseorang bisa menjadi pribadi yang begitu menarik. Ia akan menjadi pusat perhatian sebab beberapa orang di sekitarnya seakan tak pernah jemu memandang kulitnya yang mempesona. Tidaklah aneh, jika kulit menjadi satu diantara faktor utama membangun kepercayaan diri seseorang. Lantas bagaimana cara merawat wajah agar putih dan tidak berjerawat.

Cara Merawat Kulit Wajah

Akan tetapi, untuk memperoleh kulit yang cantik dan mempesona dibutuhkan usaha ekstra, ketekunan, kesabaran, dan kedisiplinan dalam mengerjakan beragam perawatan. Tak hanya itu kita juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan itu. Tanpa perawatan yang teratur dan sesuai sama dengan kebutuhan, dan dilaksanakan secara disiplin, tidak mungkin kulit sehat dan mempesona dapat diperoleh.

Kulit yang sebelumnya sehat dan cantik pun, apabila tidak dirawat, dapat rusak dan akan muncul beragam problem. Hal tersebut bisa muncul karena beberapa faktor, seperti bertambahnya umur, pengaruh buruk dari lingkungan, terpapar cahaya matahari, debu dan kotoran yang menempel di kulit, depresi yang berlebihan, gaya hidup yang kurang sehat, terkena bahan-bahan kimia tertentu, dan pola makan yang tidak sehat.

Dengan perawatan yang tepat atau sesuai dengan target yang dilakukan secara kontinu, berbagai problem yang mungkin muncul di kulit bisa dihindari dan diminimalisasi sampai kulit tersebut nampak cantik dan menarik.

Perawatan apa saja yang perlu dijalankan untuk memperoleh kulit yang cantik dan menarik? Bagaimana cara
melaksanakan perawatan kulit yang betul untuk memperoleh hasil yang maksimal? Artikel ini akan mengulas tentang perawatan untuk memperoleh kulit yang sehat, cantik, dan penuh daya tarik.

Cara merawat wajah agar tidak kusam

Banyak orang yang mengatakan bahwa wajah adalah cerminan dari jiwa. Semua yang tebersit di pikiran, terasakan di hati, dan bermacam emosi yang menggores di jiwa umumnya bisa nampak melalui ekpresi wajah kita. Lisan berkata bohong, namun ekspresi wajah biasanya susah untuk diajak berbohong.

Wajah adalah anggota tubuh yang paling sering jadi pusat perhatian. Sewaktu seseorang berbicara dengan orang lain, maka wajah dan mata lah yang ditatap. Wajah jadi pusat kecantikan seorang wanita atau ketampanan dari seorang pria. Oleh sebab itu, kulit wajah perlu memperoleh perhatian dan perawatan ekstra supaya selalu segar, cerah, dan awet muda. Pada wajah yang terawat dan segar, maka aura kebaikan hati dan kemuliaan jiwa akan lebih terpancar secara baik.

Beberapa langkah penting dalam perawatan wajah mencakup membersihkan, menjernihkan, melembapkan, mengangkat sel-sel kulit mati, serta memberikan nutrisi yang tepat.

Cara Perawatan Wajah Sehari-hari

Cara perawatan wajah sehari hari bisa disebut dengan perawatan harian pada wajah.

Untuk mempunyai kulit wajah cantik dan mempesona, perawatan teratur harian penting untuk dikerjakan. Perawatan wajah harian terdiri dari dua jenis, yakni perawatan pada pagi hari dan perawatan pada malam hari.

1. Perawatan Wajah di Pagi Hari

Untuk perawatan wajah di pagi hari antara lain sebagai berikut:

a. Membersihkan wajah dan leher memakai susu pembersih atau milk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit kita. Sebaiknya membersihkan wajah secara lembut dan hindari menggosok wajah dengan keras ketika membersihkannya.

b. Mencuci wajah dengan memakai air saja atau bisa saja dengan sabun muka yang memiliki sifat yang lembut. Perihal ini berguna untuk memperbaiki dan pengangkatan kotoran di wajah. Seperti saat membersihkan memakai milk cleanser, membersihkan wajah dengan air atau memakai sabun muka harus juga dikerjakan secara halus.

• Mengeringkan wajah dengan memakai handuk bersih. Caranya cukup dengan menepuk-nepukkan handuk ke wajah secara halus atau lembut. Jangan menggosok muka dengan keras memakai handuk karena hal tersebut bisa membuat kulit mengalami iritasi dan kehilangan kelembapannya.

• Selanjutnya usapkanlah penyegar atau toner. Caranya mula mula kita tuangkan toner ke kapas, lalu kita usapkan ke wajah secara halus. Disamping memberi kesegaran, toner ini berguna untuk menyingkirkan sisa sabun muka yang masih menempel di wajah dan membantu memperkecil pori- pori di wajah.

• Kemudian kita berikan pelembap yang memiliki kandungan tabir surya.

• Langkah terakhir yakni dengan memakai tabir surya membuat perlindungan wajah setiap akan beraktivitas di luar ruang pada siang hari.

b. Perawatan Malam Hari

• Untuk perawatan wajah di malam hari dimulai dengan cara membersihkan wajah dan leher memakai susu pembersih atau milk cleanser. Pilihlah milk cleanser yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Lakukan cara ini seperti perawatan mirip seperti melaksanakan perawatan wajah saat pagi hari.

• Selanjutnya melakukan pembersihan wajah dengan memakai air saja. Namun kamu bisa menggunakan sabun muka yang sifatnya halus.

• Kemudian usapkan cairannpenyegar penyegar atau toner secara perlahan lahan di wajah.

• Yang terkahir usapkan cream malam secukupnya untuk membantu meremajakan kulit.

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

2. Perawatan Kulit Wajah Mingguan

Untuk perawatan kulit wajah secara mingguan yakni peeling dan penggunaan masker wajah.

a. Peeling

Perawatan wajah berupa Peeling berguna untuk mengangkat beberapa sel kulit mati yang menimbun di wajah. Penimbunan beberapa sel kulit mati ini menyebabkan kulit jadi kusam dan juga kasar. ltulah penyebabnya, beberapa sel kulit mati perlu diangkat, yakni dengan peeling supaya wajah jadi cerah, lembut dan juga segar.

Kegunaan lainnya dari peeling ini yaitu untuk membersihkan flek bekas jerawat atau pun Iuka. Banyak produk peeling yang tersebar di pasar. Namun, supaya tidak melukai kulit wajah kita, maka seharusnya kita memilih dan memakai peeling yang mempunyai butiran yang lembut.

Beberapa langkah dalam mengerjakan peeling ialah seperti berikut:

• Mula mula kita membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih atau milk cleanser.

• Selanjutnya kita Lakukan peeling dengan memberi pijatan halus pada wajah dengan arah melingkar.

• Kemudian lakukan pemijatan lebih lama pada beberapa daerah yang ada bekas Iuka atau bekas jerawat.

• Setelah itu lakukan pula pemijatan selama 2 sampai 5 menit. Hindari melakukan peeling yang terlalu lama, karena membuat pori-pori jadi membesar.

• Perlu diingat, sebaiknya melakukan peeling dengan teratur yakni satu minggu sekali.

b. Merawat Wajah denga Masker

Umumnya pemakaian masker wajah dilaksanakan sesudah peeling dikerjakan. Maka, perawatan wajah dilaksanakan pada suatu rangkaian, yang dengan diawali dengan pembersihan, lalu peeling, dan selanjutnya dengan menggunaka masker. Namun, masker dapat dilaksanakan tanpa didahului dengan aktivitas peeling, apabila wajah kamu sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Merawat kulit wajah secara alami

Banyak produk masker yang tersebar di pasaran dan siap untuk dipakai. Membeli produk masker wajah memang lebih praktis dan efektif. Tetapi, membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami akan memberikan hasil lebih maksimal. Masalah ini karena kandungan yang ada dalam beberapa bahan tersebut tidak tercampur bahan kimia, bisa dibilang masih asli dan terlepas kemungkinan dari rusak atau kandungannya menyusut karena proses pengolahan di pabrik. Selain itu, memakai masker wajah bikinan sendiri dari bahan- bahan natural lenih murah dan jauh dari beresiko.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa diramu untuk dijadikan masker.

Cara membuat masker daun pepaya untuk wajah

Masker daun pepaya berguna untuk mengurangi atau menangani masalah jerawat. Langkah langkah membuat masker daun pepaya antara lain:
a. Persiapkanlah 2 sampai 3 helai daun pepaya yang telah tua.
b. Setelah itu cuci daun pepaya tersebut sampai bersih.
c. Kemudian kita rebus sesaat dan kemudian kita tumbuk sampai lembut atau halus.
d. Jangan lupa kita tambahkan air secukupnya.
e. Setelah itu kita aplikasikan masker daun pepaya di bagian wajah dan diamkan kira kira selama 15 sampai 20 menit.
f. Yang terakhir bilas wajah dengan air hangat dan lakukan perawatan ini secara rutin.

Cara membuat masker pepaya untuk wajah

Selain dengan daun pepaya kita bisa memanfaatkan buah pepaya untuk membuat masker wajah. Masker pepaya berguna untuk menangani jerawat, mengusung sel-sel kulit mati, melembutkan dan meremajakan kulit, dan menunda hadirnya tanda tanda penuan, seperti kulit keriput. Langkah langkah membuat masker pepaya seperti berikut ini.
a. Mula mula kita siapkan daging buah pepaya yang sudah masak sesuai kebutuhan.
b. Setelah itu lumat dengan cara memblendernya.
c. Setelah itu aplikasikan pada wajah dan leher sebagai masker.
d. Selanjutnya diamkan kira kira selama 15 sampai 20 menit.
e. Langkah terakhir bilas wajah dan leher dengan menggunakan air hangat.
Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara membuat masker pisang untuk wajah

Masker pisang berguna untuk membuat kulit wajah jadi halus, bersih, cerah, dan glowing. Masker pisang juga berguna juga untuk melembapkan kulit kering. Langkah membuat masker pisang adalah sebagai berikut:
a. Mula mula kita persiapkan dulu 1 buah pisang memiliki ukuran sedang dan 1/2 cangkir oatmeal.
b. Kemudian kita lumat buah pisang tersebut sampai lembut atau halus.
c. Masukkan oatmeal dikit demi sedikit sembari masih tetap ditumbuk.
d. Terapkan pada wajah sebagai masker.
e. Diamkan masker tersebut menempel di wajah kira kira selama 15 sampai 20 menit.
f. langkah terakhir bilas dengan air bersih atau air hangat.
Untuk hasil yang maksimal lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur.

Cara membuat masker wortel untuk wajah

Satu lagi buah yang bisa digunakan sebagai bahan masker yakni wortel. Masker wortel berguna untuk melembutkan kulit wajah. Langkah membuat masker woretel adalah seperti berikut.
a. Persiapkan 2 sampai 3 wortel jangan lupa kupas dan cuci hingga bersih.
b. Selanjutnya, kita parut.
c. Langkah berikutnya aplikasikan pada seleruh permukaan wajah sebagai masker.
d. Yang terkahir diamkan kira kira selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air bersih atau air hangat.

Cara memutihkan wajah dengan teh celup

Masker teh berguna untuk meremajakan kulit, melembutkan kulit, dan juga membuat wajah tetap kencang, sertamenghambat munculnya tanda tanda penuaan dini. Cara membuat masker teh adalah sebagai berikut ini:
a. Seduhlah teh kental di sore hari, kamu bisa memilih teh celup maupun teh bubuk.
b. Lalu keesokan harinya, pakailah teh yang sudah didiamkan semalam tersebut ini untuk membasuh wajah.

c. Kemudian Biarkan kurang lebih selama 15 sampai 20 menit.
d. Langkah terakhir bilas menggunakan air bersih atau air hangat.

Manfaat masker susu

Selain dengan teh kita juga bisa membuat masker wajah dengan susu. Masker susu berguna untuk melembapkan kulit yang kering, memutihkan kulit, menyamarkan flek hitam, dan membuat kulit wajah jadi kenyal dan glowing. Langkah atau tips membuat masker susu seperti berikut ini.
a. Mula mula kita menyiapkan 2 sendok makan susu bubuk, 1 sendok makan madu, dan 2 sendok makan air hangat.
b. Lalu ketiga bahan tersebut dicampur dan aduk sampai terccampur merata.
c. Setelah itu aplikasikan ramuan tersebut pada wajah dan leher.
d. Selanjutnya diamkan beberapa saat sampai mengering.
e. Yang terakhir bilas wajah dan leher dengan air hangat.

Cara membuat masker lidah buaya untuk memutihkan wajah

Masker Iidah buaya berguna untuk menangani kulit yang terbakar matahari, jerawat, dan noda hitam di kulit wajah. Langkah atau tips membuat masker lidah buaya seperti berikut.
a. Mula mula kita sediakan batang Iidah buaya.
b. Setelah itu kupas kulitnya dan usapkan lendirnya pada wajah sebagai masker.
c. Diamkan beberapa saat atau tunggu sampai mengering.
d. Yangterakhir bilas wajah menggunakan air dingin atau air hangat.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Cara membuat masker alpukat untuk wajah

Masker avokad berguna untuk menangani dan melembapkan kulit yang kering. Langkah atau cara membuat masker alvukat seperti berikut ini:
a. Mula mula kita siapkan 1/2 buah alpukat lalu ambil daging buahnya.
b. Kemudian lumat daging buah sampai benar benar halus.
c. Setelah itu campurkan 1/4 gelas madu dan aduk sampai merata.
d. Usapkan ramuan tersebut di wajah sebagai masker.
e. Yang terkahir diamkan kira kira 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air dingin atau air hangat.

Selain bahan bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan bengkoang, jeruk nipis, putih telur dan air bekas cucian beras.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara merawat kulit wajah. Dan semoga bisa menambah wawsan kita terkait kecantikan kulit wajah.

  • Bagikan