Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

13 Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Subur dan Cepat Berbunga

  • Bagikan
cara merawat anggrek bulan

Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Cepat Berbunga. Anggrek bulan tergolong satu diantara bunga nasional Indonesia. Puspa pesona Nusantara ini benar-benar sudah sepantasnya tak diragukan lagi pesonanya. Terpancar dari lekuk elok kelopaknya serta keanekaragaman warna yang tak dimiliki oleh bunga-bunga lain, sungguh menyejukkan mata siapa saja yang memandangnya. Lantas bagaimana cara menanam anggrek bulan yang benar agar cepat berbunga dan berbunga lebat.

Dengan keelokan dari bunganya, membuat banyak penghobi bunga berasa wajib untuk mempunyai anggrek ini di dalam rumah mereka. Terkenal bernama Butterfly Orchid, kelopak anggrek bulan sungguh mirip sayap kupu-kupu yang membentang dengan kombinasi corak warna begitu indah. Keindahan ini membuatnya menjadi tipe anggrek yang paling banyak dicari.

Cara Menanam Anggrek Bulan

Ada 2 golongan anggrek yakni Epiphyt serta Terrestris atau anggrek tanah. apa diferensi dari kedua anggrek itu ? Anggrek Epiphyt hidup melekat pada tanaman lain namun tak merugikan tanaman yang ditumpanginya. Anggrek Terrestris hidup di tanah humus yang subur, kalian mesti paham mengenai media atau tempat menanam bunga anggrek yang tepat menyesuaikan tipe anggrek tersebut. Untuk menanam bunga anggrek, kalian tak harus memakai pot, lantaran tanaman anggrek dapat hidup melekat pada tanaman lain. Akan tetapi guna memperoleh hasil budidaya yang optimal pastinya kalian mesti memanfaatkan pot tersendiri.

Untuk para penggemar bunga tentunya terasa belum sempurna jika tak memiliki bunga anggrek bulan. Budidaya bunga ini termasuk lumayan gampang, ditambah lagi bunga ini dapat tumbuh di berbagai iklim. Budidaya bunga ini dapat dijalankan dengan cara alami akan tetapi ada pula yang membutuhkan tehnik khusus. Indonesia tenar di dunia lantaran mempunyai bunga anggrek dengan banyak jenis. Yakni kira-kira 3500 spesies yang didapatkan hasil dari kawin silang.

Tipe anggrek terbanyak yang dikembangbiakkan di Indonesia yakni tipe Dendrobium lantaran tipe anggrek ini memiliki harga terjangkau, banyak varian warna serta perawatan yang mudah. di bawah ini kami jelaskan beberapa langkah dan cara menanam anggrek bulan.

1. Menentukan Bibit Bunga Anggrek

Cara merawat anggrek bulan yang pertama adalah menentukan bibit bunga anggrek. Saat sebelum menanam bunga anggrek, kalian mesti memilih bibit dengan kualitas bagus. Pilih bibit yang siap dibudidayakan, syarat bibit yang baik yaitu|yakni bibit yang berumur satu tahun dan sudah mempunyai daun serta akar.

Tanamlah bibit berkualitas baik itu ke plastik selama kurang lebih 2 bulan, selanjutnya dipindah ke pot kecil berdiameter 6 cm sampai dengan 12 cm. Kalian mesti memberi pupuk organik secara tepat sepanjang proses pembibitan supaya dapat} tumbuh dengan baik. Sesudah 3 bulan ada di pot kecil, pindahkan anggrek bulan ke pot yang lebih besar.

2. Tanam Di Tempat Yang Tepat

Cara menanam anggrek bulan berikutnya adalah menanamnya di tempat yang tepat. Anggrek bulan tak membutuhkan cahaya matahari yang banyak, dibutuhkan kira-kira 20% tiap hari. Letakkan anggrek di lokasi yang teduh atau tidak terkena cahaya matahari langsung , seperti di bawah pohon yang teduh atau digantung di atap teras rumah. Temperatur yang pas untuk anggrek di siang hari kira-kira 30 derajat celcius serta saat malam hari kira-kira 23 derajat.

Tentukan tempat yang memiliki paparan sinar matahari yang bagus sebab perkembangan tanaman anggrek ditentukan oleh intensitas paparan sinar matahari. sesuaikan juga tipe tanaman anggrek dengan tempat penanaman menurut intensitas sinar matahari yang diterima sehingga anggrek dapat tumbuh dengan optimal. Menurut intensitas paparan sinar matahari, ada 3 tipe anggrek.

Tipe pertama tanaman anggrek yang perlu terpapar cahaya matahari langsung, yakni anggrek Vanda, anggrek Arachnis serta anggrek Renanthera, tipe kedua yaitu tipe anggrek yang dapat tumbuh di lokasi yang tak terpapar cahaya matahari secara langsung, yakni anggrek Ancedium, anggrek Dendrobium serta anggrek Cattleya. Tipe tanaman anggrek ketiga yang tak suka terpapar cahaya matahari mesti diletakkan pada tempat yang teduh. Untuk kalian yang memiliki pekarangan rumah yang teduh ada baiknya kalian menanam tipe anggrek Paphiopedilum serta anggrek Phalaenopsis.

3. Mengatur Ketinggian Pot Anggrek

Cara merawat tanaman anggrek bulan, Di samping keadaan lingkungan, ketinggian lokasi penanaman juga dapat berdampak pada perkembangan anggrek yang kalian budidaya, berdasar pada ketinggian lokasinya, tanaman anggrek ada tiga tipe. Apabila kalian tinggal di lokasi dengan ketinggian 1001 meter di atas permukaan laut (MDPL), tipe anggrek yang sesuai bagi kalian untuk ditanam yaitu anggrek cymbidium serta anggrek miltonia. Bila tinggal di ketinggian 500 sampai 1000 MDPL, kalian dapat menanam anggrek tipe Dendrobium, Oncidium atau Cattleya.

Tipe ketiga adalah anggrek yang dapat tumbuh di ketinggian maksimal 500 MDPL, contoh tanaman anggrek yang tumbuh di ketinggian ini yaitu anggrek tipe Vanda dan Arachnis, disamping ketinggian lokasi tanam, kalian juga memperhatikan sirkulasi udara. Lokasi yang tepat perkembangan anggrek yaitu lokasi yang mempunyai angin semilir yang tidak terlalu kencang. Humidity (kelembaban udara) juga mesti diperhatikan supaya tanaman anggrek dapat tumbuh subur serta berbunga cantik.

4. Memantau Anggrek Dari Daunnya

Hasil perawatan anggrek bulan dapat disaksikan dari warna daunnya. Apabila daun anggrek bulan berwarna hijau mengindikasikan anggrek mendapat paparan cahaya matahari yang cukup. Apabila daun berwarna hijau tua mengindikasikan anggrek kurang memperoleh paparan sinar matahari. Apabila daun anggrek berwarna kecoklatan mengindikasikan anggrek kelebihan paparan sinar matahari.

5. Menjaga Kelembapan Tanaman Anggrek

Meskipun anggrek lebih senang hidup pada lingkungan kering, akan tetapi penyiramannya perlu selalu teratur supaya anggrek tumbuh dengan maksimal. Perlu kalian ingat, jumlah air yang berlebih dapat beresiko bagi tanaman ini sebab anggrek bulan cuma dapat beradaptasi pada tingkat kelembaban udara maksimal 70%. Wadah tanam yang terlalu basah bisa mengakibatkan anggrek membusuk lantaran jamur atau bakteri di wadah tanam makin bertambah.

6. Menjaga Sirkulasi Udara

Hembusan angin yang sesuai/tidak begitu kuat bisa membantu mempercepat perkembangan tanaman anggrek bulan agar bunga dapat mekar dengan sempurna. Hembusan angin dapat pula membantu mengontrol temperatur serta kelembaban udara lingkungan, apabila sirkulasi udara pada tempat budidaya anggrek kurang optimal, kalian dapat menempatkan kipas angin sebagai pengganti hembusan angin.

7. Intensitas Penyiraman Harus Tepat

Penyiraman anggrek bulan baiknya dijalankan 2 atau 3 kali dalam satu hari saat cuaca sedang panas pada musim kemarau. Cara penyiraman yang tepat yaitu penyiraman dengan air bersih diarahkan langsung ke akar di sore dan pagi hari, hindari penggunaan air kotor untuk menyirami tanaman anggrek.

8. Proteksi Anggrek Dari Hama serta Penyakit

Untuk mencegah dan menghilangkan serangan hama penyakit, kalian lakukan penyemprotan insektisida dan fungisida 1 kali per minggu saat sore hari.

9. Mengatur Jumlah Nutrisi Bagi Tanaman

Pemupukan yang teratur dilaksanakan bertujuan mengontrol tercukupinya kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan anggrek bulan. Pemberian pupuk yang teratur bisa membantu tanaman tumbuh subur dan sering berbunga. Seyogyanya pupuk yang dipakai mempunyai kandungan kalsium “Ca”, Phospor “P” serta Kalium “K”. Pemupukan dijalankan secara teratur tiap dua minggu sekali, pupuk dapat diberikan dengan cara dilarutkan atau disemprotkan dengan memanfaatkan sprayer, kalian bisa pula menambahkan pupuk daun supaya anggrek bulan lebih tumbuh subur serta telihat indah.

10. Perlakuan Terhadap Akar Bibit Bunga Anggrek

Cara merawat anggrek bulan selanjutnya, Sesudah tiga bulan akar mulai tumbuh, kerap kali akar itu menyembul keluar dari media. Ketika mendapati kondisi semacam ini acapkali secara spontan kalian memasukkan kembali akar yang menyembul ke tanah. Hal semacam itu tidak boleh dilakukan sebab akan dapat memberi dampak negatif pada tanaman anggrek yang kalian tanam. Sebaiknya kalian menempatkan tanaman itu ke pot yang lebih besar.

11. Memantau Pertumbuhan Batang Bunga Anggrek

Berikutnya, cara budidaya anggrek bulan yaitu dengan memeriksa batang bunga anggrek, kebanyakan tanaman anggrek yang mempunyai batang yang panjang. Supaya batang tersebut tak rawan ambruk. Kalian dapat memasang tiang penyangga pada batangnya, tiang penyangga ini berfungsi untuk membantu batang bunga anggrek dapat berdiri tegak.

12. Meletakkan Tanaman Anggrek Pada Temperatur Yang Sesuai

Anggrek bakal tumbuh dengan optimal di tempat yang memiliki temperatur kira-kira 14 derajat celcius, sampai 36 derajat celcius, rahasia terpenting supaya anggrek bulan bisa tumbuh segar sepanjang waktu yaitu dengan menjaga temperatur lingkungannya tetap sesuai.

13. Cara Memindahkan Tanaman Anggrek

Tidak boleh memindahkan anggrek secara asal-asalan, sebelum mencabut bibit anggrek, persiapkan pot kosong yang lain untuk difungsikan sebagai tempat baru anggrek tersebut. Apabila pot baru telah siap digunakan, kalian dapat memindahkan tanaman anggreknya. Harus Kalian pastikan posisinya kelihatan sempurna serta tambahkan media tanam yang lain seperti pakis cincang.

Baca Juga: Rugi Baru Tahu ! Cara Menanam Anggrek Untuk Pemula agar Tumbuh Subur

Tanaman anggrek merupakan jenis tanaman yang hidup menempel, jadi tambahan pakis cincang ini sebagai media tempel tanaman anggrek. Untuk pemula yang ingin mencoba budidaya tanaman anggrekdapat mencoba dengan membudidayakan anggrek hitam atau anggrek bulan di pekarangan rumah kalian. Anggrek tersebut lumayan gampang untuk dibudidayakan dalam pot.

Nah, inilah sedikit petunjuk cara menanam dan merawat anggrek bulan agar cepat berbunga. Semoga artikel yang singkat ini dapat menginspirasi kita untuk makin rajin berkebun dan bertanam tanaman hias.

  • Bagikan