Cara Menghilangkan Tikus Di Rumah Secara Alami dan Ampuh

Posted on
67 / 100

Bagaimana cara menghilangkan tikus di rumah? Tikus merupakan salah satu hewan yang sering diusir dan bahkan dibasmi oleh manusia. Pasalnya tikus sering mengganggu lahan pertanian petani. Tak hanya itu, tikus pun kerap masuk ke dalam rumah. Tentunya hal ini sangat merepotkan penghuni rumah, karena tikus merupakan hewan yang suka merusak, memakan dan mengotori rumah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengusir atau membasmi tikus di rumah. Anda bisa mencoba cara menghilangkan tikus di rumah secara alami.

Cara Mengusir Tikus di Rumah Tanpa Racun

Bagaimana cara menghilangkan tikus di rumah? Cara mana yang diperlukan dan efektif untuk menghilangkan tikus di rumah dengan mudah ? Dan beberapa cara di bawah ini tidak menggunakan racun, hanya menggunakan bahan-bahan alami yang direkomendasikan di bawah ini!

Tikus adalah hewan kecil yang sangat dibenci banyak orang. Hewan ini biasanya hidup di tempat yang kotor, seperti selokan, pipa, persawahan, bahkan tong sampah. Oleh karena itu memang pantas apabila tikus membawa kotoran dan bakteri ke dalam rumah. Apabila sudah begini, tentunya akan menimbulkan berbagai penyakit. Dan perlu Anda ketahui bahwa kencing dan kotoran tikus dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

Cara Ampuh Menghilangkan Tikus Di Rumah Secara Alami

Seperti yang kami sampaikan di awal bahwa cara mengusir tikus dari rumah saat ini adalah menggunakan bahan bahan alami. Dan sementara kita lupakan penggunaan obat kimia atau racun tikus. Pasalnya kedua bahan tersebut memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan.

Dan berikut ini beberapa bahan alami untuk cara mengusir tikus di rumah. 

1. Irisan Bawang

Kita tentu tahu bahwa tikus merupakan salah satu hewan yang dianggap menjijikan. Salah satu cara mengusir tikus di rumah secara alami yaitu dengan menggunakan irisan bawang. Perlu diketahui bahwa tikus ternyata tidak menyukai bau yang dikeluarkan irisan bawang ini. Irisan bawang merah dipercaya sangat efektif untuk mengusir tikus dari rumah.

Cara pemakaian: Letakkan irisan bawang merah di tempat keluar masuk atau sering dilewati oleh tikus. Tikus tidak akan berlama lamaan berada di tempat yang ada irisan bawang merah tersebut.

2. Kulit Durian

Selain dengan irisan bawang, ternyata kulit durian juga terbilang efektif dalam mengusir tikus dari rumah. Caranya cukup mudah yakni dengan memotong kulit durian. Kemudian Anda tempatkan kulit durian tersebut, dimana tikus sering berada. Aroma durian yang tajam dan menyengat terbilang efektif menghilangkan tikus yang mengganggu di dalam rumah Anda.

3. Buah Mengkudu

Buah mengkudu dipercaya sangat ampuh untuk mengusir tikus dari rumah. Anda dapat melakukannya dengan menghancurkan buah mengkudu lalu melarutkannya ke dalam air. Setelah itu, Anda semprotkan larutan tersebut ke area yang sering dilewati tikus atau semprotkan pada lubang tikus. Cara ini terbilang efektif untuk mengusir tikus dari rumah.

4. Bubuk Kopi

Hampir setiap keluarga memiliki bahan ini. Mengapa harus dengan kopi bubuk? Tikus ternyata memiliki indra penciuman yang kuat. Dengan kemampuan ini malah menjadi titik lemah bagi tikus. Seperti yang kita ketahui bersama, ampas kopi juga memiliki aroma yang kuat. Tikus tidak menyukai bau ini, jadi mereka menghindari area yang terdapat ampas kopi tersebut.

Dan berikut ini cara menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan tikus di rumah:

  • Siapkan bubuk kopi hitam secukupnya,
  • Lalu taburkan di sudut ruangan yang sering dilewati tikus,
  • Dan jangan lupa, bubuk kopi yang digunakan haruslah kopi hitam.

5. Lada Bubuk

Cara menggunakan merica untuk mengusir tikus adalah dengan meletakkan merica di tempat tikus bersembunyi atau tempat yang sering dilewati. Perlu diketahui bahwa di dalam lada bubuk terdapat senyawa piperin. Di mana senyawa piperin pada lada mempunyai aroma yang sangat kuat dan membuat tikus tidak betah berada di sekitarnya.

6. Kulit Telur

Selain menggunakan lada bubuk, cara mengusir tikus di rumah berikutnya adalah dengan menggunakan cangkang atau kulit telur. Caranya cukup mudah, haluskan kulit telur hingga menjadi bubuk. Kemudian Anda taburkan bubuk telur tersebut di tempat yang sering dilalui tikus.

7. Saus Cabai di Campur Detergen

Cara efektif lain untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dan deterjen. Kemudian kedua bahan tersebut di campurkan dengan air. Caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Saat tikus muncul, semprotkan cairannya tersebut. Cairan ini terbilang efektif mengusir tikus karena akan terasa panas.

8. Daun Mint

Perlu diketahui bahwa daun mint juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir tikus. Tikus tidak bisa tahan dengan bau tajam dari daun mint. Aroma daun mint ini bisa menyebabkan tikus takut.

Cara pemakian: Cara mengusir tikus dengan daun mint yaitu dengan menyiapkan beberapa daun mint dan kita mengambil sarinya. Setelah sari daun mint siap, kita semprotkan cairan mint tersebut di tempat yang sering dilewati tikus.

9. Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Pasalnya tikus tidak tahan terhadap bau yang menyengat. Caranya adalah dengan mencelupkan beberapa kapas ke dalam minyak peppermint, lalu kita taruh di tempat yang rawan tikus.

10. Baking Soda

Baking soda bisa menjadi pilihan untuk mengusir tikus dari rumah secara alami. Anda bisa melakukannya dengan mencampurkan soda kue atau baking soda ke dalam makanan yang sering menjadi target tikus. Tubuh tikus yang memakan makanan tersebut maka akan membengkak, karena tidak bisa melepaskan gas yang dihasilkan oleh soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, tapi akan mati di tempat terbuka karena gas beracun yang dimakannya.

11. Kantong Teh

Kantong teh di rumah tangga juga bisa digunakan untuk mengusir tikus secara alami. Daun mint dalam kantong teh bisa digunakan untuk mengusir tikus karena akan mengiritasi hidung tikus. Dengan daun mint membuat indra penciuman tikus tidak berfungsi dengan baik, sehingga tikus akan segera menghindar dan keluar dari rumah. Cara membasmi tikus dengan teh celup yaitu dengan meletakkan beberapa kantong teh bekas di dekat sarang tikus atau tempat yang sering ditinggali tikus.

12. Bawang Putih

Banyak yang mengira bawang putih hanya untuk bumbu dapur, tapi ternyata tikus juga takut dengan bawang putih ini. Anda cukup menyiapkan bawang putih dan kain kasa secukupnya. Lantas bagaimana cara membasmi tikus di rumah dengan bawang putih?

  • Mula mula kita siapkan beberapa kain kasa yang nantinya akan digunakan sebagai pembungkus bawang putih.
  • Lalu iris tipis bawang putih tersebut,
  • Selanjutnya bungkus bawang putih dengan kain kasa yang telah disiapkan,
  • Yang terakhir, letakkan kantong bawang putih di tempat yang sering lewati tikus.

13. Daun Sirsak

Cara lain untuk mengusir tikus dengan sirsak. Sebagai referensi Anda, bahwa daun sirsak mengandung zat yang bersifat menyengat yang mengeluarkan aroma yang dibenci oelh tikus. Sama seperti dengan daun mint, daun sirsak juga harus dihaluskan sebelum digunakan. Dan berikut ini caranya:

  • Mula mula Anda sediakan beberapa lembar daun sirsak,
  • Lalu potong daun sirsak tersebut menjadi potongan kecil,
  • Taruh potongan daun sirsak tersebut di tempat yang sering dilalui dan dihuni tikus.

Demikian cara menghilangkan tikus di rumah secara alami dan mudah. Mudah mudah cara yang telah kami bagikan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Gravatar Image
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.