Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

13 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari

  • Bagikan
Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari. Panu adalah suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala panu adalah bercak putih pada kulit disertai rasa gatal. Warna bercak tidak selalu putih, tapi coklat, merah, atau hitam, tergantung warna kulit penderita. Panu berbeda dengan jerawat. Jerawat terlihat menonjol, sedangkan panu biasanya tidak menonjol seperti kulit pada umumnya.

Saat kita berkeringat, kulit yang terkena panu tersebut akan terasa gatal. Malassezia merupakan salah satu jenis jamur yang menyebabkan panu. Jamur ini tidak berbahaya dan kebanyakan dijumpai pada kulit manusia. Namun apa ada Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari?

Cara Menghilangkan Panu Sampai ke Akarnya

Penyakit panu juga tidak menular, tetapi jika kamu menderita panu biasanya, terdapat bercak di kulit kamu dan akan melebar seiring waktu. Hal ini disebabkan pertumbuhan jamur yang tidak terkontrol. Hal ini akan menambah rasa gatal karena area kulit yang terinfeksi cacing tinea. Selain itu biasanya akan semakin terasa gatal dan membuat kulit menjadi kasar seperti bersisik. Mari kita bahas bagaimana Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari?

13 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Tentunya selain membuat tidak nyaman, situasi ini juga bisa mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika panu muncul di bagian tubuh yang kerap terlihat seperti wajah. Oleh karena itu, cara yang terbaik adalah menyelesaikan masalah penyakit kulit tersebut dengan segera. Apalagi jika segera diobati maka kondisi ini bisa menyebar ke area permukaan kulit lainnya. Apabila kamu menginginkan cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, mungkin artikel ini bisa dicoba. Dan berikut ini obat panu alami paling ampuh dan cepat hilang.

1. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa menjadi bahan alami yang digunakan sebagai obat panu alami di wajah dan tubuh hingga ke akarnya. Obat panu paling ampuh ini mempunyai kandungan senyawa yang bersifat sebagai antiinflamasi dan antibakteri. Sifat antibakteri pada bawang putih terbilang ampuh bekerja melawan peradangan bakteri penyebab panu.

Tetapi, kamu juga harus berhati-hati saat menggunakan bumbu dapur yang satu ini, untuk mengobati panu di wajah. Pasalnya, sifat panas yang dihasilkan dari bawang putih apabila digunakan secara berlebihan bisa membuat kulit terasa terbakar. Selain itu dampak lainnya kulit menjadi kering dan bahkan mengelupas. Perlu diingat cara ini kurang aman untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih

Ambil satu siung bawang putih dan potong menjadi dua. Gosok bagian dalam bawang putih pada kulit yang terinfeksi panu sampai kulit agak merah dan terasa sedikit perih. Ketika terasa nyeri sebaiknya kamu tahan, dan jika rasa perih tersebut berkurang kita lanjutkan menggosok lagi hingga kulit memerah dan kembali perih. Lalu diamkan beberapa saat sampai bakteri jamur mati. Cara ini bisa menjadi alternatif cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari.

2. Cara Menghilangkan Panu Dengan Bawang Putih Dan Minyak Kayu Putih

Selain dengan bawang putih kamu juga bisa menerapkan cara menghilangkan panu dengan bawang putih dan minyak kayu putih. Beginilah caranya: minyak putih ini cukup efektif untuk mengobati berbagai infeksi kulit seperti panu. Untuk pemakaian minyak kayu putih ini cukup dengan mengoleskan minyak kayu putih selama 2 minggu. Mudah mudahan cara ini bisa mengobati panu secara alami.

3. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Kombinasi belimbing wuluh dan kapur sirih dipercaya dapat dipakai sebagai cara menghilangkan panu sampai ke akarnya. Bahkan ramuan ini terbilang sangat efektif dalam pengobatan panu dan jamur kulit. Cara mengobati panu dengan belimbing wuluh dan kapur sirih yaitu tumbuk halus belimbing dan kapur sirih seperlunya. Kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit yang terkena panu. Diamkan beberapa saat hingga mengering setelah itu bilas hingga bersih.

4. Cara Menghilangkan Panu dengan Jeruk Nipis dan Belerang

Ekstrak vitamin C di dalam jeruk nipis dan senyawa dalam sulfur (belerang) terbilang secara efektif dapat membunuh bakteri dan jamur membandel, terutama panu. Cara menghilangkan panu dengan jeruk nipis dan belerang cukuplah mudah. Mula kita haluskan kedua bahan tersebut secukupnya. Lalu aduk kedua bahan tersebut agar tercampur secara merata. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Lakukan perawatan ini secara rutin 2-3 kali sehari, niscaya panu akan hilang dengan cepat.

5. Cara Menghilangkan Panu di Wajah tanpa Bekas

Kamu dapat menggunakan cara alami untuk menghilangkan panu dengan cepat. Selain itu, kamu juga dapat membeli dan menggunakan obat antijamur yang dijual secara bebas di toko atau apotik tanpa menggunakan resep dokter. Selain itu, kamu bisa mencoba cara menghilangkan panu sampai ke akarnya dengan bahan alami yaitu dengan sari cuka apel.

Cara menghilangkan panu dengan sari cukuplah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh sari cuka apel ke dalam secangkir air. Setelah itu aduk hingga merata lalu oleskan pada area kulit yang terkena panu tersebut. Untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan setiap hari.

6. Lidah Buaya

Perlu diketahui bahwa tanaman lidah buaya atau lebih dikenal dengan sebutan aloevera mengandung protein 14 kDa. Di mana kandungan ini bersifat antijamur dan antiinflamasi. Kedua kandungan tersebut dipercaya sangat  efektif dalam mengobati perkembangan bakteri  atau jamur penyebab panu. Selain itu, Aloevera cukup efektif dalam membantu penyembuhan infeksi pada kulit yang rusak.

Cara menghilangkan panu dengan lidah buaya:

Setidaknya ada 2 cara menghilangkan panu secara alami, seperti apakah cara mengobati panu dengan lidah buaya?

  • Cara 1: Mula mula kita siapkan lidah buaya secukupnya, dan ambil gel segar dari batangnya. Lalu oleskan gel lidah buaya secara perlahan dan merata pada daerah kulit yang terinfeksi panu. Lakukan gerakan kira kira beberapa minggu ke depan.
  • Cara 2: Kita campurkan 1 sendok gel aloevera dengan sedikit minyak lavender. Setelah itu, oleskan pada permukaan kulit yang terkena panu. Sebaiknya cara menghilangkan panu dengan lidah buaya dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Selain bahan alami di atas, sebenarnya masih ada banyak bahan alami untuk mengobati panu dalam 1 hari, antara lain:

7. Dengan menggunakan yogurt.

8. Menghilangkan panu dengan madu.

9. Cara mengobati panu dengan kunyit.

10. Mengobati panu dengan minyak zaitun.

11. Menghilangkan panu dengan minyak kelapa

12. Cara mudah mengobati panu dengan minyakpohon teh.

13. Menghilangkan panu dengan garam.

Sabun untuk menghilangkan panu

Selain dengan bahan alami di atas, kamu bisa memakai cara menghilangkan panu dengan cepat dalam 1 hari menggunakan sabun. Saat ini di apotik, toko online dan bahkan supermarket terjual beberapa merk sabun yang bisa mengobati panu dengan cepat. Adapun jenis atau merk sabun yang ampuh mengobati panu, antara lain:

  1. Sabun Mandi Herbal Activated Charcoal Soap – harga sekitar Rp. 22.680-30.000.
  2. Holly Sabun Hijau – harga Rp. 4.999-15.900.
  3. Sabun Batang Sulfur Akui – harga Rp. 21.000-38.000.
  4. Sabun Gove – harga Rp. 12.000-15.900.
  5. Wahida Gamat Emas – harga Rp. 7.040-10.000.
  6. Grece Body Cristal – harga Rp. 37.500-50.000.
  7. Sabun Kolagen Transparan HPAI – harga Rp. 20.250-25.000.
  8. Sabun Lengkuas – harga Rp. 10.000-46.550.
  9. Sabun Sulfur – Produk Wish Dr. Boyke – harga Rp. 18.060-30.000.
  10. Nu Amoorea – harga Rp. 70.000 – Rp. 120.000.

Untuk harga sabun untuk panu di atas bisa berubah bahkan naik sewaktu-waktu. Harga di atas hanya sebagai harga gambaran saja.

Obat Menghilangkan Panu yang Membandel

Panu sering disebut oleh kebanyakan orang sebagai penyakit kotor, hal ini disebabkan karena tidak menjaga kebersihan diri, terutama kebersihan kulit. Penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur ini juga bisa disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

Penyakit panu ini menyebabkan bercak putih, yang dapat menyebar ke bagian tubuh tertentu seiring waktu. Untuk mencegahnya, selain menjaga kebersihan, Anda juga harus membutuhkan obat panu yang ampuh sebagai cara menghilangkan panu sampai ke akarnya.

Obat untuk panu sebaiknya tidak digunakan sembarangan. Karena ada banyak jenis obat panu yang dijual dipasaran yang terkadang bisa menyebabkan alergi. Maka dari itu sebaiknya gunakan salep panu atau obat panu dengan cermat dan hati-hati. Dan berikut ini 10 obat panu mujarab yang dijual di apotik:

  1.  Kalpanax – harga Rp 9.500 – Rp 13.000.
  2. Canesten – harga Rp 12.500 – Rp 24.500.
  3. Mycoral – harga Rp 10.000 – Rp 13.000.
  4. Thecort – harga Rp 45.000 – Rp 66.500.
  5. Neo Ultrasiline – harga Rp 9.000 – Rp 12.000.
  6. Qumixin Rugao – harga Rp 13.000 – Rp 20.000.
  7. Daktarin – harga Rp 21.000 – Rp 65.500.
  8. Exclear De Nature – harga Rp 100.000 an.
  9. Salep 88 – harga Rp 7.000 – Rp 10.000.
  10. Pi Kang Shuang – harga Rp 6.000 – Rp 14.000.

Perlu diketahui bahwa harga yang tercantum di atas bukan harga yang pasti. Harga tiap apotik untuk obat panu yang ampuh di atas berbeda beda di tiap apotek.

Demikianlah sedikit ulasan kami tentang 13 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari secara alami maupun dengan sabun dan obat panu. Semoga artikel ini menginspirasi dan menambah wawasan kita terutama mengenai cara menghilangkan panu sampai ke akarnya.

  • Bagikan