Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Terbukti ! Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah dan Garam

  • Bagikan
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah dan Garam

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah dan garam. Pasti cukup mengganggu, jika ada kutu di rambut atau kulit kepala kita. Jika terus dibiarkan dan tidak segera dihilangkan, kutu rambut tersebut bisa berkembang dan menyebabkan infeksi. Nah, cobalah cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

Sebelum kita mencoba menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami. Tak ada salahnya apabila kita mengetahui penyebab kutu rambut. Salah satu penyebab kutu rambut adalah kebersihan kulit yang kurang terjamin.  Di tambah lagi beberapa peralatan seperti sisir, handuk, pakaian, seprai, bahkan karpet yang buruk.

Akhirnya, kutu akan mulai menumpuk di rambut atau kulit kepala kita. Kutu akan tinggal di rambut untuk menghisap darah, dengan maksud untuk bertahan hidup dan juga berkembang biak. Agar bisa menghilangkan kutu rambut dan telurnya, cobalah terapkan beberapa cara menghilangkan kutu di rambut di bawah ini.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah dan Garam

Salah satu cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat secara alami adalah dengan menggunakan garam. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah dan garam terbukti cepat dan tuntas.

Kutu rambut membuat kulit kepala kita menjadi gatal. Apabila tidak segera diatasi maka akan membuat kulit kepala menjadi lebih parah dan bahkan infeksi. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen. Lantas bagaimana cara membasmi kutu rambut secara permanen?

Ada satu cara membasmi kutu rambut secara alami yaitu dengan menggunakan bawang merah. Untuk mempraktikkan cara ini sangatlah mudah. Kita siapkan 4 sampai 5 siung bawang merah. Setelah itu parut bawang merah tersebut dan jangan lupa campur dengan sedikit garam. Aduk kedua bahan tersebut agar tercampur merata. Langkah selanjutkan oleskan parutan bawang merah dan garam tersebut pada rambut kita, dan diamkan 1 sampai 2 jam. Saat ini gunakan penutup kepala, misal handuk untuk menutupi rambut kita. Usahakan ramuan tersebut merata hingga pangkal rambut kita. Langkah terakhir bilas atau keramaslah hingga rambut kita bersih.

Perlu diketahui bahwa kutu rambut dan telurnya tidak akan bisa bertahan dengan bawang merah dan garam. Pasalnya bawang mengeluarkan bau yang menyengat yang tidak disukai oleh kutu rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan lakukan perawatan ini minimal tiga kali dalam seminggu.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam

Banyak orang bilang bahwa cara menghilangkan kutu rambut dengan kombinasi garam dan cuka  terbilang manjur membasmi telur dan kutu rambut. Namun kamu bisa melakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan garam tanpa cuka, jika memang benar benar tidak tersedia cuka di rumah.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan garam hampir sama dengan menggunakan bawang merah. Ternyata cara menghilangkan kutu rambut dengan garam cukup mudah dan efektif. Garam merupakan bahan alami yang mempunyai sifat antiseptik alami. Cara mengaplikasikannya, campurkan garam dengan cuka, jika tidak ada cuka cukup garam saja. Lalu oleskan secara merata pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Langkah berikutnya diamkan kira kira selama 1 sampai 2 jam. Yang terakhir bilas atau keramaslah dengan air bersih.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Lidah Buaya

Selain dengan bawang merah dan garam, nyatanya lidah buaya atau aloevera bisa digunakan untuk membasmi telur kutu dan kutu secara tuntas. Perlu diketahui bahwa lidah buaya mengandung senyawa bradikinase, merupakan bahan alami yang bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat telur dan kutu rambut di kepala. Untuk menggunakan lidah buaya ini cukuplah sederhana. Potonglah batang lidah buaya, lalu kita ambil gelnya. Lalu kita oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Kemudian diamkan beberapa saat, yakni 1 sampai 2 jam. Setelah itu, bilas atau keramas seperti biasa kita keramas.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kayu Putih

Biasanya kita menggunakan minyak kayu putih untuk membantu meredakan nyeri otot dan perut kembung. Ternyata bahan yang biasanya untuk menghangatkan badan ini ampuh untuk dijadikan obat kutu rambut. Ada beberapa tahapan yang perlu kita lakukan untuk membasmi kutu rambut dan telurnya secara cepat. Simaklah penjelasannya berikut ini.

  • Campurkan beberapa 1 sendok makan minyak kayu putih dengan perasan 2 buah jeruk nipis.
  • Aduklah bahan tersebut agar tercampur merata.
  • Oleskan campuran bahan tersebut ke permukaan rambut dan kulit kepala.
  • Tak lupa lakukan pula pemijatan ringan agar lebih rileks dan agar lebih meresap.
  • Biarkan selama 1 – 2 jam dengan ditutupi dengan handuk atau penutup rambut.
  • Yang terakhir bilas dengan air bersih atau berkeramaslah.

Perlu diketahui cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak kayu putih ini pernah diteliti para ahli. Dan bahkan Penelitian tersebut juga dipublikasikan di Journal of Medical Entomology, dilansir dari klikdokter.com.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Autan

Selain bahan tersebut di atas, kamu bisa menggunakan autan atau soffel sebagai cara menghilangkan telur kutu rambut. Selama ini kita mengenal autan dan soffel sebagai bahan untuk mengusir nyamuk. Nyatanya kedua bahan ini bisa digunakan untuk membasmi telur dan kutu rambut yang membandel. Untuk mengaplikasikannya, oleskan autan ke seluruh permukaan rambut usahakan dari pangkal dan ujung rambut. Lalu bungkus rambut atau kepala dengan handuk kira-kira 2 sampai 3 jam. Setelah itu keramaslah seperti kita keramas biasanya.

Bisa dikatakan Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Autan atau pun Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan soffel ini aman untuk kulit anak anak. Selain itu tidak menimbulkan bau tidak enak, malah rambut menjadi harum. Selain itu juga praktis dan lebih murah. Untuk hasil yang maksimal usahakan minimal 2 kali perawatan.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Menurut Dokter

Selain cara cara alami di atas, kamu bisa melakuan cara yang lain untuk membasmi kutu rambut dan telurnya secara permanen. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu cara menghilangkan kutu rambut menurut dokter. lantas bagaimana cara mengobati kutu rambut menurut medis? Tentu saja menggunakan beberapa obat pembasmi kutu.

Apabila cara-cara menghilangkan kutu rambut secara alam di atas belum efektif, kamu bisa mencoba membasmi telur dan kutu rambut menggunakan obat kutu rambut yang dijual bebas atau dengan resep dokter. Pada umumnya di dalam obat kutu rambut terdapat kandungan permethrin, benzyl alcohol, ivermectin, atau pun malathion.

Sedangkan untuk jenis atau merk obat pembasmi kutu yang ampuh antara lain:

  1. Peditox, obat kutu rambut ini mungkin yang paling terkenal di tengah masyarakat. Peditox merupakan obat kutu rambut yang terbilang cukup murah tergolong obat generik. Untuk harga peditox di pasaran sekitar Rp 10.000 – 15.000.
  2. G-Walet, merupakan shampo khusus untuk membasmi kutu rambut. Bisa dikatakan G Walet obat kutu yang ampuh dan aman bagi anak-anak, pasalnya tidak terdapat kandungan pestisida. Selain itu tidak menimbulkan iritasi pada kulit kepala, seperti kulit kepala terasa panas dan gatal.
  3. Shampo Shirami, merupakan obat kutu yang ampuh mengandung zat aktif ekstrak Citrus Lemonium dan juga Allium Cepa, yang berguna dalam membantu menghilangkan kutu rambut dan memberikan efek segar di rambut.
  4. Tumbonan, merupakan obat kutu yang berbentuk spray. Di dalam tumbonan terdapat kandungan bahan herbal dari daun maupun kulit batang tumbuhan pipturus incanus. Di mana tumbuhan ini diyakini ampuh membasmi kutu rambut dan telurnya di rambut anak-anak.
  5.  Tumoklin, hampir sama dengan tumbonan yaitu obat kutu yang berbentuk spray. Tumoklin dibuat dari bahan alami, sehingga aman digunakan pada rambut anak-anak.
  6. Shampo Anti Lice, Shampo ini aman digunakan untuk rambut anak-anak karena tidak memiliki kandungan zat lindane. Pasalnya zat lindane ini memiliki efek kurang baik bagi pemakaiannya, salah satunya dapat meracuni pemakainya. Harga dari shampo anti lice freshy ini sekitar Rp. 50 ribu.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami tanpa merusak rambut. Kamu bisa memilih satu di antara sekian cara menghilangkan kutu rambut yang telah kita ulas. Namun, sebelum menerapkan berbagai cara membasmi kutu rambut dan telurnya di atas, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter kepercayaan kamu, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bawang Merah dan Garam.

  • Bagikan