9 cara menghilangkan kerak kapur pada keramik yang membandel

9 Cara Menghilangkan Kerak Pada Lantai Kamar Mandi yang Membandel

Diposting pada

Cara menghilangkan kerak pada lantai kamar mandi akan jadi pokok bahasan kita kali ini. Kamar mandi jadi salah satunya area yang nyaris tiap hari kita sentuh. Dimulai dari buka mata pada pagi hari sampai tutup mata pada malam hari, kita tidak pernah melepaskan kegiatan rutin untuk ke kamar mandi.

Jadi area yang kerap disentuh, tidaklah aneh bila kamar mandi jadi sarana untuk pertumbuhan bakteri. Beberapa orang silih bertukar memasukinya sesudah beraktivitas di luar rumah. Belum juga peran penting kamar mandi, yaitu selain untuk mandi, untuk buang kotoran juga.

Cara Menghilangkan Kerak pada Lantai Kamar Mandi

Apabila tidak sering kita bersihkan, tidak hanya jadi sarang kuman, kamar mandi akan nampak kotor dan menjijikan. Bermacam permasalahan noda akan muncul seperti jamur, karat, lumut, dan lain-lain muncul bergantian menyerang lantai kamar mandi.

Lalu, apa yang harus kita kerjakan untuk membersihkannya? Tentu saja kita berpikir untuk beli rangkaian alat pembersih dan beberapa bahan kimia yang lain. Walau sebenarnya, beberapa masalah noda membandel di lantai kamar mandi ini dapat kamu tangani dengan ringan dan simpel dengan beberapa bahan alami saja di sekeliling kita.

Dan berikut ini beberapa bahan lami yang bisa digunakan sebagai bahan pembersih kerak sebagai pengganti cairan pembersih kimia.

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi yg membandel. Mulai dari bahan alami sampai dengan menggunakan cairan pembersih kerak kamar mandi. Dan berikut ini kami rangkum cara membersihkan kotoran keramik yang membandel. Yuk kita simak bersama sama !

1. Menghilangkan Kerak Kamar Mandi dengan Cuka

Tidak hanya bisa dipakai sebagai penyedap rasa, nyatanya cuka dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi yang berkerak.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk membersihkan kerak keramik kamar mandi dengan cuka, antara lain:

– Persiapkan sebuah botol semprot yang telah berisi air cuka.

– Semprotkan cuka pada lantai keramik yang akan anda bersihkan tersebut.

– Biarkan selama kira kira 10 menit.

– Bilas dengan air panas (dapat memakai air panas di shower) dan diamkan air itu bersatu dengan cuka hingga uap dari air panas bisa meleburkan susunan kotoran sabun yang melekat di keramik.

– Bilas kembali memakai air panas yang mengucur kira kira selama 3 menit.

– Lap keramik yang telah disemprotkan air panas tersebut memakai spons basah.

– Bersihkan spons sesering mungkin antara proses mengelap keramik untuk mendapatkan hasil yang optimal.

– Keringkan lantai keramik dengan handuk kalau sudah selesai dibersihkan.

– Beri 1 sdm lilin mobil (car wax) pada spons basah dan berikan juga pada keramik dengan pergerakan melingkar supaya keramik kembali berkilau seperti yang lalu.

 2. Menghilangkan Kerak Kamar Mandi dengan Kaporit

Bahan kimia yang umum dipakai sebagai disinfektan air di kolam renang ini juga dikenal sebagai pencuci kerak yang super efektif. Untuk memperoleh kaporit, kamu dapat dengan mudah mencarinya di beberapa toko bahan kimia paling dekat.

Berikut beberapa langkah yang perlu diikuti untuk membersihkan kerak menggunakan kaporit:

– Siram lantai kamar mandi dengan air panas yang baru mendidih.

– Taburi bubuk kaporit di semua tempat yang berkerak.

– Biarkan kira kira selama 30 menit supaya kaporit bisa melakukan proses pengikisan atau mengurangi kerak pada keramik.

– Gosok lantai kamar mandi dengan agak kuat supaya semua keraknya luntur oleh sisa kaporit.

– Langkah terakhir silahkan Bilas dengan air bersih sesudah selesai (tak perlu memakai air panas).

3. Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Asam sitrat atau sitrun ialah bahan makanan yang lain bisa digunakan untuk bersihkan keramik dari kerak. Berikut ada cara simpel untuk menghilangkan kerak dengan asam sitrat:

– Gosok lebih dulu keramik dengan batu apung atau air sabun (larutan air dan deterjen/sabun cair untuk mencuci piring).

– Cuci memakai air bersih sampai sabunnya hilang tanpa tersisa.

– Saat basah, taburi bubuk asam sitrat ke semua sisi keramik yang berkerak.

– Diamkan kira kira 60 menit atau 1 jam.

– Gosok keramik dengan sikat sembari dicuci memakai air bersih.

– Lakukan langkah ini sekurang-kurangnya 2-3 kali.

Diperlukan berulangkali percobaan sampai kerak benar benar bisa hilang dengan sempurna. Karena asam yang terdapat dalam sitrun tidak begitu keras.

4. Cara Menghilangkan Kerak dengan Menggunakan Garam

Kerak umumnya akan tumbuh di beberapa tempat yang lembab, tak terkecuali di kamar mandi. Apabila kamar mandimu mempunyai sirkulasi yang cukup, maka perihal ini akan mengurangi munculnya beberapa permasalahan. Namun, berbeda apabila nyatanya kamar mandimu tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup dan kamu tidak rajin melakukan perawatan. Maka lumut dan kerak akan datang mengotori keramik lantai kamar mandi kamu.

Baca Juga : Cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning

Kerak sangat gampang muncul pada tempat yang lembab seperti kamar mandi. Apabila didiamkan, kerak itu akan meninggalkan noda yang membuat bangunan kotor, dan menjijikan. Sehingga tidak hanya tidak terlihat cantik, hadirnya lumut dan kerak di kamar mandi akan memberikan ancaman bagi kehidupan kamu.

Untuk membersihkan kerak tersebut, kamu tidak perlu bersusah-susah membeli cairan pembersih. Kamu juga tidak perlu lelah menggosoknya. Kerak dan lumut di kamar mandi bisa dihilangkan dengan menggunakan garam.

Cara menggunakan garam untuk membersihkan kerak, yaitu dengan masukkan kira-kira 3 atau 4 sendok garam ke 2 ltr air bersih. Kemudian, rebus sampai lair tersebut mendidih dan garam larut dengan sempurna. Ketika masih panas, siramkan larutan garam itu di bagian kamar mandi yang berlumut atau berkerak.

Kemudian, sikat permukaan lantai kamar mandi sampai bersih. Sesudah dicuci, kamu dapat mengulang cara tersebut sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

5. Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi dengan Lemon

Keran atau pancuran air umumnya dijumpai di kamar mandi. Tidak cuma di kamar mandi saja, keran air juga ada di toilet dan tempat wudlu. Dan biasanya di sekitar keran atau pancuran sering terdapat noda kerak yang membandel.

Untuk menanganinya, kamu tidak mesti membeli produk pembersih kerak. Kamu bisa menggunakan air jerul lemon sebagai cairan pembersih kerak. Pasalnya kandungan asam yang tinggi pada jeruk lemon diyakini efektif untuk mengikis kerak. Bila ingin hasil yang optimal, kamu dapat menambahkannya dengan garam.

Memakai lemon yang telah diiris-iris, lalu menggosokkan buah lemon pada bagian keramik yang berkerak. Kemudian, gosok dengan sikat yang bahannya keras sekuat tenaga dan langkah terkahir bilas sampai keramik tersebut bersih.

Bila ingin memakai kombinasi garam, caranya dengan menambahkan air perasan lemon dengan garam. Kemudian, usapkan secara merata di bagian yang berkerak. Biarkan selama 2 sampai 3 jam, setelah itu gosok dengan kain lap atau sikat yang bahannya keras.

6. Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Baking soda

Satu lagi persoalan noda di kamar mandi yang sering membuat kita risih. Salah satunya noda membandel yang membekas, baik di atas jamban atau di aliran pembuangannya.

Apabila kamu merasakan hal yang sama, tenang saja, kamu dapat menanganinya dengan simpel memakai beberapa bahan alami. Ada dua cara yang dapat diaplikasikan untuk menangani noda di jamban atau keramik kamar mandi. Pertama, yaitu dengan menggunakan baking soda.

Untuk bahan baking soda, kamu dapat memperoleh hasil yang optimal dengan menambahkan dengan cuka. Sesudah tercampur rata, taburkan kedua bahan itu ke seluruh permukaan jamban atau lantai kamar mandi. Setelah itu tunggu sampai semalam untuk dibasuh.

7. Cara Menghilangkan Kerak Kamar Mandi dengan Belimbing Wuluh

Tidak hanya dengan baking soda, kamu bisa juga memanfaatkan belimbing wuluh untuk menghilangkan kerak. Belimbing wuluh merupakan salah satu bahan alami yang diketahui mempunyai kandungan asam yang lumayan tinggi. Kandungan tersebut diyakini bisa membersihkan noda-noda membandel sama seperti yang sering dijumpai di jamban atau keramik lantai kamar mandi.

Langkahnya dengan menggosok-gosokan belimbing wuluh yang telah dipotong ke seluruh permukaan jamban atau keramik yang terlihat kuning. Kemudian, diamkan beberapa saat sampai jadi kering. Kalau sudah sikat dan basuh permukaan jamban tersebut memakai air bersih.

8. Pembersih Kerak Kamar Mandi

Cara membersihkan kerak keramik kamar mandi yang ini dapat dikatakan paling sederhana. Kamu dapat mengggunakan cairan pembersih khusus keramik yang teredia di supermarket, seperti Porstex, Vixal, Harpic, Mr. Muscle Pembersih Kamar Mandi, WPC Pembersih Porselen, Domestos Anti Kerak, Bebek Semerbak dan Cif Power Spray

Produk tersebut di atas juga diformulasi khusus untuk menyingkirkan kerak kapur, kerak sabun, atau kotoran yang lain pada keramik.

Baca Juga : Cara menghilangkan kerak kapur pada keramik

Cara menggunakan cairan pembersih kerak kamar mandi di atas cukup mudah kok! Kurang lebih panduannya seperti ini:

  • Persiapkan salah satu produk pembersih kerak kamar mandi di atas.
  • Tuang produk pembersih kerak pada keramik yang ingin dibersihkan
  • Gosok dengan sikat secara kuat pada bagian yang berkerak kira kira selama 15 menit
  • Selanjutnya ulangi langkah di atas sampai benar benar bersih
  • Langkah terkahir bilas bagian keramik tersebut dengan air bersih

9. Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Coca Cola

Coca-Cola bukan sekedar minuman yang nikmat. Dengan kandungan keasaman yang tidak begitu tinggi, Coca-Cola bisa juga dipakai untuk membersihkan toilet. Anda ingin membersihkan kerak kamar mandi atau toilet tak perlu merogoh kantong dalam-dalam? Kamu hanya butuh 1 atau 2 gelas minuman coca cola. Bagaimana caranya membersihkan kerak kamar mandi dengan coca cola? Berikut ini petunjuk cara membersihkan lantai kamar mandi dengan coca cola.

1. Ambil satu atau 2 gelas Coca-Cola.

Coca-Cola bisa dipakai sebagai pembersih keramik karena kandungan asam karbonat yang ringan dan adanya kandungan fosforik yang ada didalamnya. Asam-asam ini merupakan hasil dari proses karbonasi dan tidak dari zat pemberi rasa atau perisa yang ada di dalam soda.

2. Tuangkan Coca-Cola ke bagian keramik yang berkerak.

Tuangkan Coca-Cola pada bagian keramik yang berkerak. Dan Pastikan Coca-Cola tersebut mengucur di atas kerak yang ingin dibersihkan. Untuk kerak yang ada pada bagian atas dan susah dicapai, coba basahi kain lap dengan Coca-Cola dan usapkan dengan tangan. Anda bisa juga bisa memakai semprotan bila tidak mau tangan Anda kotor.

3. Diamkan Coca-Cola menempel pada kerak beberapa saat.

Bersabarlah. Makin lama Coca-Cola didiamkan pada keramik, maka makin lama asam-asam itu akan menghancurkan susunan kerak. Minimal diamkan Coca-Cola selama satu jam. Atau untuk hasil yang maksimal diamkan coca cola selama semalaman.

4. Sikat kerak tersebut.

Setelah beberapa saat atau semalaman, langkah selanjutnya sikat bagian kerak tersebut menggunakan sikat berbahan keras. Lakukan sekuat tenaga untuk hasil yang lebih optimal.

5. Bilas dengan air bersih.

Langkah terkahir yang kita lakukan dalam cara membersihkan kerak kamar mandi dengan coca cola adlah membilasnya dengan air bersih. Agar kerak kerak yang terkikis tersebut larut bersama air ke saluran pembuangan. Dengan dibilas maka kerak tersebut tidak lagi menempel pada keramik, sehingga keramik nampak bersih lagi.

Cara Mencegah Kerak Muncul Kembali

Sesudah keramik kamar mandi bersih, tentu saja kamu harus tetap menjaga agar keramik tersebut tetap bersih dari kerak. Beirkut ini beberapa panduan agar kerak tidak kembali muncul di keramik lantai kamar mandi.

Berikut beberapa panduan ringan yang dapat kamu praktikkan sendiri di rumah.

– Menjaga kamar mandi selalu kering.

– Segera Benahi kebocoran bila terjadi.

– Menjaga sirkulasi udara kamar mandi.

– Menjaga kebersihan kamar mandi.

Nah, demikianlah sedikit tips atau cara menghilangkan kerak pada lantai kamar mandi. Meskipun singkat artikel ini namun kami berharap bisa bermanfaat untuk sobat Pelangi News. Terima kasih.

Gambar Gravatar
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.