Cara Menghilangkan Kerak Kapur pada Keramik dengan mudah

Kinclong Lagi ! 7 Cara Menghilangkan Kerak Kapur pada Keramik

Diposting pada

Cara menghilangkan kerak kapur pada keramik akan menjadi pokok pembahasan pada postingan kali ini.
Kamar mandi dapat menjadi area yang begitu menjijikkan bila kita malas menjaganya. Jika didiamkan saja, kamar mandi dapat dipenuhi oleh kerak dan lumut, khususnya pada bagian keramik. Argumen utama mengenai kerak yang terdapat di kamar mandi ialah keadaan tempat yang lembap, mungkin juga ada kebocoran pada keran air, atau pun terdapatnya sisa-sisa sabun dan air. Lantas bagaimana Cara menghilangkan kerak kapur pada keramik yang benar?

1. Cara menghilangkan kerak kapur pada keramik

Di mana sisa sisa sabun tersebut yang tertinggal dapat memunculkan kerak, baik pada bagian lantai keramik, dinding keramik, bahkan juga sampai jamban kamar mandi. Kerak yang muncul ini bisa mengurangi cantiknya dan keelokan pada keramik. Tentu saja hal ini benar-benar membuat area kamar mandi terlihat menjijikkan dan sangatlah kotor.

Untuk menghilangkan kerak keramik di dindingdan lantai keramik serta jamban atau toilet dengan sabun dan air biasa saja tidak cukup. Karena itu, untuk kamu yang ingin membersihkan kerak keramik kamar mandi, sebaiknya tahu beberapa tips efektif ini supaya kamar mandi kembali mengkilat tanpa menguras biaya dan tenaga.

Kamu bisa menghilangkan kerak kapur pada keramik secara alami atau dengan bahan kimia. Silahkan kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

2. Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kusam dengan Cairan Pembersih

Sekarang ini, telah banyak produk pembersih keramik yang bisa langsung diterapkan. Produk pembersih keramik ini sudah diformulasikan untuk mengikis kerak sabun, kerak kapur dan kotoran yang lain terdapat di keramik. Ditambah lagi saat ini untuk pengaplikasiannya juga makin gampang, sehingga kamu tak perlu susah payah untuk membuat cairan pembersih sendiri.

Dan beginilah cara pemakaiannya:

Tuang cairan pembersih keramik ini pada suatu wadah yang lumayan lebar. Lalu celupkan sikat di cairan pembersih tersebut selanjutnya gosokkan pada keramik yang terdapat kerak kapur atau kerak sabun. Kemudian Biarkan kira kira selama 20 sampai 30 menit. Kemudian, kamu bisa menyikatnya kembali dan membilasnya dengan air bersih hingga bersih.

3. Cara Membersihkan Kerak Air pada Keramik dengan Baking soda

Bahan dapur yang satu ini, ternyata mempunyai kegunaan untuk membersihkan noda kerak keramik kamar mandi. Agar keramik kamar mandimu terlepas dari kerak atau noda membandel, cobalah memakai baking soda dengan jumlah yang cukup banyak! Dan bagaimana cara membersihkan kerak air pada keramik dengan baking soda? Berikut ini tutorialnya !

– Mula mula kita persiapkan baking soda dan air panas secukupnya

– Taburkan baking soda pada lantai dan dinding kamar mandi.

– Percikan air panas di atas keramik yang telah ditaburi baking soda, setelah itu biarkan kira-kira satu jam

– Selanjutnya sikat keramik kamar mandi kamu dengan memakai sikat dengan bertenaga.

– Bilas keramik tersebut sampai bersih

Perlu diketahui bahwa baking soda merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk membersihkan kerak keramik pada kamar mandi.

4. Cara Membersihkan Kerak Kapur pada Keramik dengan Cuka

Cara membersihakn kerak kapur pada keramik bisa menggunakan air cuka. Caranya: Isilah botol semprot dengan larutan air cuka. Setelah itu semprotkan cuka tersebut pada dinding atau lantai keramik cukup banyak. Diamkan kira kira selama 10 menit, Setelah 10 menit, nyalakan kran ataupun shower air panas dan biarkan larut dengan air cuka beberapa saat. Untuk keramik bagian atas bisa dilap dengan kain lap atau alat pembersih lainnya.

Perlu diketahui bahwa uap air panas tersebut dapat membantu meleburkan susunan sisa sisa sabun yang melekat di keramik. Kamu bisa menyiramnya kembali dengan air panas yang mengucur dari keran kira kira 2 sampai 5 menit.

Langkah selanjutnya, Lap keramik yang telah disemprotkan tersebut dengan spons atau kain lap yang basah. Upayakan untuk sesering mungkin membersihkan spons atau kain lap tersebut, karena terkena noda keramik yang tadi kita bersihkan. Bilas keramik yang telah kita bersihkan tersebut dengan air bersih. Dan selanjutnya keringkan keramik dengan handuk atau kain lap yang bersih.

Baca Juga: cara menghilangkan kerak kapur pada ceret

Untuk mengembalikan kilau keramik, kamu bisa menggunakan lilin mobil atau car wax. Caranya kita ambil satu sendok lilin mobil atau car wax ke spons yang basah. Lalu usapkan ke seluruh bagian keramik dengan gerakan melingkar. Maka keramik kamar mandi kamu akan kembali berkilau dan indah.

5. Cara Menghilangkan Noda Putih Pada Keramik Hitam dengan Asam Sitrat

Menghilangkan noda putih yang ada pada keramik selanjutnya dengan batu apung. Jika tak ditemukan bisa menggunakan bahan kimia yaitu asam sitrat. Untuk hasil yang maksimal bisa mencampurkan asam sitrat atau sitrun dengan air sabun. Sesudah dibersihkan, cuci sisa kotoran dengan air bersih. Basahi beberapa bagian yang bernoda dengan air bersih, lalu kita taburi asam sitrat pada beberapa bagian yang mempunyai noda membandel secara merata.

Diamkan asam sitrat itu bekerja, biarkan kurang lebih selama 1 jam. Kemudian, kamu bisa menyikat keramik yang ada nodanya tersebut dan bilas dengan air hingga bersih.

6. Cara Menghilangkan Noda Putih di Keramik Kamar Mandi dengan Kaporit

Sering kita jumpai noda putih di keramik kamar mandi. Hal ini disebabkan sisa sisa sabun mandi saat kita mandi. Apabila tidak segera dibersihkan sisa sisa sabun tersebut akan menumpuk dan menjadi noda putih yang sulit untuk dibersihkan.

Namun kamu tak perlu khawatir, masih ada langkah untuk menghilangkan noda putih tersebut, salah satunya dengan kaporit. Berikut ini cara menghilangkan noda putih di keramik kamar mandi dengan kaporit.

Langkah awal, siramlah kerak atau noda putih yang melekat pada keramik dengan air panas. Lalu Taburi bubuk kaporit secara merata pada bagian keramik yang berkerak.

Diamkan kira kira selama setengah jam. Setelah itu siramlah dengan air bersih. Lalu gosok keramik yang bernoda putih tersebut dengan sikat dengan tenaga maksimal. Langkah terakhir bilas keramik sampai bersih.

7. Garam Non Iodium

Cara menghilangkan kerak kapur pada keramik yang lain dengan menggunakan garam non iodium, contohnya scrub. Jenis garam non iodium ini mempunyai tekstur yang cukup kasar dan bermineral tinggi ini. Dan bahan ini sangat cocok untuk menyingkirkan kerak pada dinding atau lantai kamar mandi.

Baca Juga: cara menghilangkan kerak pada panci.

Membersihkan noda putih pada keramik kamar mandi memakai garam non Iodium akan lebih baik jika dicampur dengan cuka putih. Dan berikut ini cara mengaplikasikannya:

– Persiapkan 2 kg garam non Iodium dan sedikit cuka putih.

– Siram atau semprotkan keramik yang bernoda dengan cuka.

-Setelah itu Taburi garam non Iodium dan gosok memakai kawat aluminium atau sikat besar.

– Sehabis tersikat dengan bersih, jangan lupa basuh semua tempat tersebut dengan air hangat

Baca Juga: cara menghilangkan kerak kapur di termos.

Cara Membuat Cairan Pembersih Kerak Keramik

Cairan pembersih kerak keramik yang termudah dibuat ialah kombinasi antara air panas dan sabun pencuci piring. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan sabun tersebut, misalnya mama lemon atau sunlight. Di mana sabun pencuci piring tersebut bisa kita beli di beberapa toko terdekat atau sekitar rumah kita.

Langkah pertama, Campurkan sabun cuci piring dengan air panas lalu siramkan di bagian keramik yang bernoda putih. Lalu gosoklah dengan sikat secara melingkar dan sedikit bertenaga. Maka noda putih atau kerak yang menempel pada keramik akan terkisis dan hilang. Kemudian, anda bisa mencucinya sama air bersih.

Jika kamu tidak mau repot bisa menggunakan cairan pembersih kerak kapur yang dijual di toko atau supermarket.

Untuk memiliki kamar mandi yang bersih dengan keramik yang masih mengkilat dibutuhkan usaha yang lumayan keras dan secara rutin. Hingga kamar mandi di dalam rumah kita akan nyaman dipakai.

Demikianlah cara menghilangkan kerak kapur pada keramik agar kinclong kembali. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Terima kasih.

Gambar Gravatar
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.