Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Inilah Cara Mudah Menghilangkan Kerak di Kepala Bayi

  • Bagikan
Cara menghilangkan kerak di kepala bayi

Cara menghilangkan kerak di kepala bayi. Saat bayi Bunda berumur 3 sampai 4 minggu, barangkali Bunda akan merasa gemes melihat ada sisik-sisik yang tebal dan berminyak berwarna kuning pada dahi dan bagian atas kepala bayi Bunda. Saat mengering, sisik-sisik tersebut akan terkelupas hingga terlihat serpihan-serpihan tipis seperti layaknya ketombe. Lantas Bagaimana cara menghilangkan kerak kepala pada bayi?

Cara menghilangkan kerak di kepala

Disamping bisa merusak penampilan dan kenyamanan bayi, ternyata sisik sisik tersebut dapat menimbulkan rasa gatal di bagian tersebut. Permasalahan kulit yang seperti ini sering disebut kerak kepala atau cradle cap. Kerak kepala bayi ini dapat mengganggu perkembangandan pertumbuhan rambut bayi lho Bun. Untung saja, kerak kepala ini hanya bersifat sementara walaupun terkadang bisa terjadi berulang-ulang sampai si buah hati berumur 8 sampai 12 bulan. Kerak kepala pada bayi akan menyusut bersamaan menurunnya kandungan hormon ibu yang bersirkulasi dalam tubuh si bayi.

Penyebab kerak di kepala bayi

Apa penyebab kerak di kepala bayi? Terkadang kandungan hormon yang berasal dari tubuh ibunya masih tinggi. Keadaan ini bisa mengakibatkan kelenjar lemak pada kulit si kecil, termasuk kulit pada kepala begitu aktif sehingga akan mengeluarkan lemak Iebih yang berlebihan. Lemak tersebut akan membuat debu dan serbuk serbuk halus menempel di kulit kepala si kecil, dan akhirnya membuatnya seperti kerak. Bila didiamkan, kerak tersebut akan makin tebal dan membuat sisik-sisik dan berminyak.

Cara membersihkan kerak kepala bayi dengan baby oil

Bolehkah membersihkan kerak kepala bayi dengan baby oil? Untuk membersihkan kerrak kepala pada bayi kita bisa menggunakan baby oil. Dan berikut ini cara menghilangkan kerak kepala dengan baby oil:

  1. Siapkanlah baby oil, sisir sikat yang lembut, shampo bayi dan juga waslap. Sebaiknya kita memakai produk yang dibikin khusus untuk bayi.
  2. Usapkan baby oil pada bagian kepala si kecil, terutama bagian yang berkerak. Dan jangan lupa berikan pijatan lembut agar baby oil meresap pada kerak-kerak tersebut. Setelah itu diamkanlah kira kira selama 12 jam atau semalaman supaya kerak tersebut melunak dan gampang untuk dibersihkan. Sebaiknya cara ini dilakukan pada malam hari atau ketika si kecil sedang tidur.
  3. Kemudian kita sisir rambut si kecil memakai sisir yang berbulu lembut, sembari kita angkat kerak kepala yang terlepas. Lakukan cara ini dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatian.
  4. Cara selanjutnya yakni bilas rambut dan kulit kepala bayi memakai shampo bayi, dan air hangat. Bilaslah sampai benar benar bersih.
  5. Jika masih ada kerak di kepalanya, lakukan hal sama pada hari berikutnya.
  6. Perhatikan selalu kebersihan dan kesehatan kulit kepala dan rambut si kecil. Jika memang perlu, pakailah rangkaian produk bayi yang khusus untuk menangani dan mencegah kerak kepala pada bayi, ya Bun.

Menghilangkan Kerak Kepala Bayi

  • Ketika membersihkan rambut bayi, pastikan bahwa kuku Bunda tidak panjang apalagi kotor. Kuku yang panjang dapat mencederai kulit kepala sang bayi, terlebih kotor dapat mengakibatkan infeksi.
  • Jangan memaksakan untuk melepaskan kerak kepala yang kering sebab hal tersebut bisa melukai kulit kepala si kecil. Ditambah lagi dikerjakan dengan memakai jari jari tangan. hal tersebut hendaknya dilarang keras.
  • Apabila didapati pertanda infeksi seperti muncul ruam-ruam merah, segeralah periksakan si kecil ke dokter. Dan biasanya Dokter akan menyarankan Bunda untuk memotong rambut di bagian kulit kepala yang ruam tersebut, dan memberikan salep antibiotik.

Selain menggunakan baby oil, Bunda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kerak kepala atau cradle cap tidak perlu terlalu dirisaukan karena masalah ini bersifat sementara. Yang perlu dikhawatirkan jika kepala si kecil terdapat nanah dan bayi merasa tidak nyaman dengan keberadaan kerak kepala tersebut maka segera periksakan ke dokter.

Demikianlah artikel ringan tentang Cara menghilangkan kerak di kepala bayi. Semoga bisa menambah wawasan Bunda terkait kesehatan si buah hati. Terima kasih.

  • Bagikan