cara menghilangkan jerawat batu secara alami

11 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Agar Tidak Muncul Lagi

Posted on
68 / 100

Cara menghilangkan jerawat batu. Apabila wajah Anda dipenuhi dengan jerawat batu, tentu saja Anda akan merasakan stres dan banyak pikiran. Ukurannya yang besar, warna kemerahan dan penuh nanah pasti akan mengganggu penampilan Anda. Belum lagi efeknya yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan gatal di area yang berjerawat.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara menghilangkan jerawat batu. Jerawat atau acne vulgaris terjadi ketika pori-pori di wajah Anda tersumbat oleh sel – sel kulit mati. Terkadang, bakteri terperangkap di dalamnya, membuat area tersebut menjadi merah dan juga bengkak. Pada saat yang sama, jerawat batu juga bisa menyebabkan infeksi. Dan infeksi ini masuk jauh ke dalam kulit wajah dan membentuk sebuah nanah. Tak hanya di wajah, jerawat batu pun juga bisa muncul di dada, bahu, punggung, atau lengan atas. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat batu dengan mudah dan aman?

Penyebab Jerawat Batu

Dilnasir dari alodokter mengabarkan bahwa Faktanya, tidak ada alasan pasti mengapa Anda memiliki jerawat batu, tetapi hormon androgen dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu di kulit. Peningkatan hormon androgen dapat menyebabkan perubahan kulit, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. Orang dengan hormon androgen tinggi biasanya adalah remaja dan wanita yang sedang dalam siklus haid, menopause, hamil atau menderita sindrom ovarium polikistik. Namun, bukan berarti hanya remaja yang bisa menderita jerawat batu. Bahkan anak-anak berusia 8 tahun atau lebih bisa mengalaminya.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa cara menghilangkan jerawat batu di pipi, dahi dan hidung secara alami, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Es Batu

Jerawat batu biasanya tampak bengkak, merah, nyeri, dan bahkan sedikit gatal. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan es batu untuk mengompres jerawat batu yang membengkak. Caranya, Anda oleskan es batu langsung pada jerawat dengan gerakan memutar hingga kulit terasa dingin. Cara ini berfungsi untuk membekukan pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran dan minyak dalam semalam. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Dengan Bawang Putih

Bawang putih yang dikenal selama ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata bisa juga digunakan untuk menyembuhkan jerawat batu. Kandungan sulfur atau belerang yang terdapat di dalamnya dipercaya dapat menghilangkan jerawat batu dengan cepat.

Untuk menggunakan, Anda cukup mengambil 1 siung bawang putih dan potong-potong tipis. Setelah itu Anda mencuci muka, oleskan irisan bawang ke area yang terkena jerawat. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bersihkan.

3. Masker Madu

Selain rasanya manis dan menyehatkan, madu juga memiliki khasiat antiseptik yang dapat menghilangkan bakteri yang berhubungan dengan jerawat, termasuk jerawat batu. Madu ini dapat melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Untuk melakukan perawatan ini, oleskan madu ke area kulit tempat jerawat tumbuh. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikannya ke seluruh area kulit di wajah Anda agar jerawat tidak lagi muncul.

4. Menghilangkan Jerawat dengan Aloe Vera

Tanaman lidah buaya atau aloe vera saat ini semakin banyak dimanfaatkan perusahaan kecantikan untuk pembuatan produk kecantikan. Biasanya yang dimanfaatkan adalah gel yang ada di dalam batang tanamannya. Perlu diketahui bahwa lidah buaya merupakan bahan alami yang mengandung polifenol yang bisa membantu mengobati jerawat secara alami.

Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya atau gel yang masih berbentuk tumbuhan lalu membuatnya menjadi masker. Oleskan masker lidah buaya tersebut pada bagian yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 – 30 menit, lalu bilas wajah Anda hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal usahakan gunakan secara teratur setiap hari.

5. Masker Tomat

Tomat juga dikenal sebagai bahan yang sangat efektif mengatasi masalah kulit, salah satunya jerawat batu. Kandungan vitamin A dan C di dalam tomat bisa menghilangkan jerawat batu secara alami.

Cara menggunakan masker ini untuk menghilangkan jerawat batu, Cukup Anda potong buah tomat menjadi dua bagian dan lalu oleskan secara merata pada kulit wajah terutama yang berjerawat. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air. Usahakan perawatan ini dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Dalam 1 Hari

Ada banyak cara ampuh menghilangkan jerawat batu, ada yang bilang cara menghilangkan jerawat batu dalam semalam. Namun hal tersebut tidak perlu dipercaya, pasalnya dalam menghilangkan jerawat batu ini membutuhkan proses. Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Ada cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi, di antaranya:

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Membersihkan wajah secara teratur minimal 2 kali bisa jadi cara cepat menghilangkan jerawat batu. Cara pertama menghilangkan jerawat batu adalah dengan rajin membersihkan wajah. Apalagi saat Anda sedang bepergian terutama jika Anda beraktifitas sepanjang hari di luar rumah. Saat membersihkan wajah, harap lakukan langkah-langkah yang benar, yaitu menggunakan metode double atau triple cleanser (apabila riasan Anda tebal).

Tidur dengan wajah yang kotor pasti akan memperburuk kondisi kulit Anda. Kontaminasi antara polusi dan bakteri dari luar serta kosmetik yang menempel di wajah dapat menyumbat pori-pori. Dan akhirnya dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Jika wajah tidak dibersihkan dengan benar, kulit akan menjadi kasar dan kusam.

Selalu Menggunakan Pelembab

Cara yang kedua menghilangkan jerawat batu adalah dengan rajin menggunakan pelembab pada wajah. Jenis kulit yang berminyak merupakan yang paling rentan terhadap masalah jerawat. Terkadang pemilik jenis kulit ini merasa malas atau tidak perlu menggunakan pelembab karena kulitnya sudah berminyak dan lengket.

Namun, pendapat itu tidak benar, meskipun kulit wajah Anda berminyak kamu  bukanlah alasan untuk Anda tidak  menggunakan pelembab wajah. Tidak semua pelembab wajah akan membuat kulit menjadi berminyak. Anda harus pandai-pandai memilih jenis pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda, karena wajah yang berminyak pun butuh pelembab. Namun, jika kulit Anda kering, maka jerawat dan bekas luka akan sulit dihilangkan.

Maka mulai sekarang, silahkan Anda mulai mencoba berbagai produk pelembab yang bebas minyak dan nonkomedogenik. Pelembap jenis ini dapat membantu menjaga kesehatan wajah dan mencegah produksi minyak yang berlebihan.

Mengganti Sprei Secara Rutin

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami berikutny adalah dengan memperhatikan kebersihan benda-benda di sekitarnya, terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit yaitu sprei kasur. Sprei tempat tidur menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan kebersihannya, dan harus diganti minimal dua minggu sekali. Sprei yang kotor dapat membuat kulit mudah kotor dan memperparah kulit yang berjerawat.

Gunakan Produk Berbahan Retinoid

cara menghilangkan jerawat batu di dahi dan di hidung lainnya adalah dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung bahan retinoid. Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang sering diresepkan oleh para dokter untuk menangani masalah jerawat batu.

Retinoid memiliki sifat anti-aging, mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, sekaligus mendukung obat antibiotik untuk dapat bekerja secara maksimal. Hal ini dikarenakan retinoid memiliki cara kerja yang dapat mempercepat pembaruan sel-sel kulit. Setidaknya terdapat empat jenis retinoid yang biasa digunakan sebagai bahan kandungan skincare, yaitu retinol, adapalene, isotretinoin, dan tretinoin.

Gunakan Benzoyl Peroxide sebagai Perawatan Noda Jerawat

Salah satu obat jerawat batu paling ampuh adalah benzoly peroxide. Cara menghilangkan jerawat batu yang membandel salah satunya adalah spot treatment. Spot treatment adalah perawatan ruam yang hanya menargetkan area jerawat. Salah satu obat jerawat berbintik yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat kistik adalah produk yang mengandung benzoyl peroxide. Benzoyl peroxide sendiri merupakan bahan kimia dengan penetrasi yang tinggi, sehingga dapat menembus lapisan kulit, sehingga dapat meratakan cystic acne.

Namun, perlu diperhatikan bahwa benzoyl peroxide juga merupakan bahan antibakteri yang sangat keras, sehingga terkadang tidak begitu bersahabat dengan kulit, terutama untuk kulit sensitif. Maka, Anda harus menggunakannya secara hati-hati. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan atau hanya dioleskan ke area yang terkena.

Tag : cara menghilangkan jerawat batu yang mengeras, cara menghilangkan jerawat batu tanpa mata, cara menghilangkan jerawat batu di hidung.

Demikianlah sedikit informasi cara menghilangkan jerawat batu secara alami. Dan mudah mudahan ulasan yang singkat ini bermanfaat untuk Anda yang kini sedang bermasalah dengan jerawat batu. Namun kami juga menyarankan lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter jika jerawat batu  tidak kunjung sembuh. Terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gravatar Image
Cooking is my hobby, I have been working on this hobby since I was 8 years old. On this website, I want to share recipes. Sorry if the delivery is not correct in choosing words. I ask for your support so that I can be more enthusiastic about sharing food recipes with you. I love you.