susah tidur pada ibu hamil muda dan tua

9 Cara Mengatasi Sulit Tidur pada Ibu Hamil Muda dan Tua

Diposting pada

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil trimester 1, 2 dan 3. Mengalami kehamilan adalah saat yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Namun, banyak ibu hamil yang mengalami perubahan fisik dan gangguan tidur. Gangguan tidur yang umum terjadi pada ibu hamil adalah insomnia. Menurut American Pregnancy Association, insomnia selama kehamilan adalah normal dan umum terjadi pada 78% wanita hamil.

Ada banyak penyebab insomnia pada ibu hamil, seperti nyeri punggung, peningkatan frekuensi buang air kecil di malam hari, kecemasan, sakit perut, perubahan hormon, dan perut bengkak. Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia yang Anda alami!

Penyebab Gangguan Tidur pada Ibu Hamil

Apa penyebab ibu hamil susah tidur? Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seorang calon ibu mengalami gangguan tidur atau lebih dikenal dengan sebutan insomnia. Di lansir dari hellosehat.com ada beberapa hal yang menyebabkan wanita hamil mengalami kesulitan tidur di malam hari. Berikut ini beberapa penyebab wanita hamil mengalami insomnia, antara lain:

1. Perut terasa tidak nyaman

Kadangkala ibu hamil mengalami masalah pencernaan karena perubahan hormon selama mengalami kehamilan. Hal ini bisa mengakibatkan rasa mulas dan membuat ibu hamil menjadi sulit tidur.

Untuk menghindari perut mulas saat hamil, hendaknya untuk tidak makan dalam kurun waktu 2 jam sebelumnya beranjak tidur. Selain itu baiknya tidak mengonsumsi makanan pedas berlebihan. Selain itu baiknya ibu dapat memakai bantal yang lebih tinggi. Dan cobalah untuk mengganti posisi tidur dengan miring ke kiri untuk menghalangi asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah rasa perih di dada.

2. Lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil

Sudah bukan hal yang ganjil apabila saat hamil, seorang wanita hamil akan semakin sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Hal itu tidak hanya di malam hari terkadang bisa terjadi pada siang hari. Tentu saja akan mengganggu waktu tidur jika hal tersebut terjadi di malam hari.

Kapasitas kandung kemih umumnya akan berkurang seiring dengan perubahan kandungan yang terus makin besar. Salah satu cara untuk menangani masalah ini adalah dengan mngurangi jumlah air yang diminumnya. Terutama dengan membatasi minum air satu atau dua jam menjelang tidur malam. Hal ini bisa mengurangi minum air sesedikit kemungkinan pada sebuah atau dua jam saat sebelum tidur untuk batasi intensitas buang air kecil di tengah malam.

3. Perut yang makin membesar

Keadaan perut yang makin membesar di saat hamil dapat membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman, sehingga hal ini bisa mengakibatkan ibu hamil menjadi insomnia.

Untuk mengatasi masalah ini, ibu hamil dapat mencoba bermacam posisi tidur saat hamil dan memakai bantal tidur khusus untuk ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk menambahkan kenyamanan saat tidur.

4. Pergerakan bayi dalam kandungan

Pergerakan bayi yang aktif di dalam kandungan terkadang dapat membuat ibu hamil terjaga dari tidurnya. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan insomnia pada ibu hamil. Pasalnya, bayi kerap kali bergerak mulai dengan menendang sampai memutar. Bila bayi menendang mengarah tulang rusuk, umumnya hal tersebut cukup membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan membuatnya terjaga dari tidurnya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yakni dengan menikmatinya dan berusaha untuk tetap bersantai. Ibu hamil bisa mencoba menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan-lahan supaya badan lebih santai atau rileks.

5. Kram kaki dan nyeri punggung

Tidak hanya mengalami perut yang mulas saja, ibu hamil juga sering kali mengalami jaki kram dan nyeri punggung pada masa kehamilannya. Bahkan hal ini menjadi hal yang paling umum terjadi pada ibu hamil. Sehingga gejala seperti ini menjadi salah satu penyebab insomnia pada ibu hamil.

Untuk menangani nyeri punggung saat hamil, ibu hamil dapat mencoba tidur dengan posisi menyamping dengan meletakkan bantal di antara kedua kakinya. Hal ini dengan maksud untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Sementara untuk menghindari kram kaki, ibu hamil juga bisa mempraktikkan gerakan peregangan dan meninggikan posisi kaki saat duduk atau dalam posisi tidur.

Cara mengatasi  susah tidur pada ibu hamil muda

Salah satu Problem kehamilan yang biasa terjadi pada ibu hamil muda ialah susah tidur lelap atau insomnia. Ukuran perut yang makin besar membatasi gerak ibu saat tidur. Sementara penyebab ibu hamil susah tidur sudah kami bahas di atas, namun yang menjadi penyebab utama insomnia pada ibu hamil adalah kecemasan yang berlebihan.

Bagi ibu hamil yang akan melahirkan anak pertamanya, pasti merasa resah mendekati saat persalinan. Banyak pikiran yang mengganggu, entah resah apakah bayi akan lahir dengan sehat atau apakah ia bisa melewati saat kelahiran dengan sehat dan selamat. Akhirnya Kekhawatiran ini benar-benar membuat ibu hamil mengalami insomnia.

Kenapa ibu hamil susah tidur dan gelisah

Kenapa hamil muda susah tidur di malam hari? Dilansir dari Sleep Foundation, pola tidur saat masa kehamilan trimester pertama benar-benar dipengaruhi oleh hormon progesteron yang meningkat. Hormon ini membuat ibu hamil merasa gampang lelah, bahkan juga ada perubahan jam kerja organ tubuh hingga ingin tidur bisa lebih cepat.

Bila permasalahan ini tidak segera diatasi, pasti beresiko pada kesehatan ibu dan janin. Ada banyak panduan yang bermanfaat untuk menangani masalah kehamilan ini, satu diantaranya berkenaan cara tidur ibu hamil. Berikut panduan menangani ibu hamil susah tidur saat hamil muda:

  1. Mencari sikap tidur yang nyaman. Posisi yang disarankan ialah miring ke kanan, dengan tujuan agar aliran darah ke janin menjadi lancar.
  2. Mandi dengan air hangat dan aroma terapi menjelang tidur malam. Air hangat dan aroma terapi bisa memberi kesegaran pada tubuh dan membuat hati dan pikiran menjado rileks. Bila tubuh fresh maka tidur pun akan menjadi pulas.
  3. Mengurangi makan sebelum tidur di malam hari. Gantilah makanan tersebut dengan satu gelas susu hangat dan biskuit secukupnya.
  4. Mendengarkan musik juga dapat menolong ibu hamil tidur pulas karena musik akan membuat pikiran menjadi santai dan rileks.
  5. Lakukan hubungan intim dengan pasangan secara teratur selama kehamilan. Dengan hubungan intim juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Namun sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu tentang hal ini.

Cara mengatasi susah tidur pada hamil tua

Susah tidur saat hamil trimester 3 umum dialami oleh ibu hamil. Banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan tidur di malam hari. Saat hamil tua keadaan perut yang makin besar akan membuat ibu hamil merasa kurang nyaman. Bahkan juga beberapa keluhan yang lain bisa juga dirasakan oleh ibu hamil seperti kram di kaki, panas di bagian dada, sering buang air kecil di saat malam hari dan lain-lain. Bahkan juga saat malam hari ibu hamil bisa mengalami masalah tidur yang membuat ibu susah tidur atau insomnia.

Nah, untuk mengatasi gangguan tidur pada ibu hamil tua bisa mempraktikkan beberapa cara di bawah ini, yang kami lansir dari bidanku.com.

1. Memperhatikan posisi tidur yang nyaman

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil tua yang pertama yakni memperhatikan posisi tidur begitu penting untuk dijalankan. Hal ini bertujuan untuk membantu mengatasi susah tidur saat hamil tua. Posisi tidur ini dapat di praktikkan dengan mudah. Para pakar kesehatan menyarankan bahwa ibu hamil di anjurkan untuk tidur dengan posisi miring dan menekuk lutut.

Posisi tidur ini di sesuaikan sampai betul-betul nyaman untuk ibu hamil. Bila ibu hamil tua mengalami rasa panas di dada, sikap tidur yang di anjurkan yakni tidur setengah duduk, selanjutnya punggung bersandar pada bantal yang telah ditumpuk.

2. Memakai bantal hamil saat tidur

Pemakaian bantal benar-benar berguna untuk kenyamanan tidur saat hamil tua. Bantal dapat dipakai untuk menyangga tubuh saat bertumpu atau bersandar. Ibu hamil juga dapat memakai bantal untuk menahan bagian perut, atau bantal bisa diletakkan di antara kaki saat sedang tiduran pada satu sisi. Ibu hamil juga dapat memakai bantal khusus ibu hamil yang sekarang ini telah tersedia di pasaran.

3. Memenuhi asupan gizi

Memenuhi asupan gizi penting untuk jadi perhatian bagi ibu hamil. Makanan sehat untuk ibu hamil bisa kita dapat dari bermacam nutrisi. Kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, tinggi karbohidrat. Di samping itu, sebelum tidur kamu dapat meminum satu gelas susu khusus ibu hamil dalam keadaan masih hangat. Jauhi terlalu banyak minum di waktu malam hari agar tidak sering buang air kecil yang bakal mengusik tidur kamu.

4. Lakukan peregangan

Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil tua dengan lakukan teknik peregangan, maka pikiran dan otot tubuh tambah lebih rileks. Beberapa teknik relaksasi yang dapat di lakukan yakni peregangan, pemijatan, yoga atau teknik pernafasan dan juga dapat dengan cara mandi memakai air hangat menjelang tidur. Teknik peregangan ini secara spesifik akan mencegah terjadinya kram, dan teknik pernafasan akan menolong menangani kecemasan.

Itu beberapa cara mengatasi susah tidur saat hamil muda dan tua. Saat hamil tua sebaiknya kamu tidak boleh mengubah aktivitas tidur kamu. Bila kamu merasa perlu banyak waktu untuk tidur, sebaiknya kamu melakukannya di siang hari. Untuk ibu hamil memenuhi waktu tidur itu sangat penting. Di samping tidur saat malam hari, tidur di waktu siang hari juga dapat memenuhi kebutuhan tidur. Bila kamu merasa susah tidur berturut-turut, sebaiknya konsultasi pada dokter.

Nah, itulah sedikit informasi Cara mengatasi sulit tidur pada ibu hamil muda dan tua. Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Aku hanya seorang ibu rumah tangga dengan hobby membaca dan menulis. Dari blog Pelangi News ini saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui agar lebih bermanfaat.