Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Inilah 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah Pecah Secara Alami dan Cepat

  • Bagikan
Cara mengatasi bibir pecah pecah

Cara mengatasi bibir pecah pecah. Bibir adalah salah satu anggota tubuh yang unik jika dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain. Perihal ini karena bibir tidak mempunyai kelenjar minyak untuk mengontrol kelembabannya. Oleh sebab itu, paparan cahaya matahari dapat membuat bibir jadi kering.

Penyebab dan Gejala Bibir Pecah-Pecah

Beberapa orang menganggap jika bibir pecah cuma terjadi saat musim panas atau kemarau saja. Walau sebenarnya, keadaan ini dapat disebabkan karena beragam hal, bahkan juga saat udara atau pun cuaca dingin sekalipun. Beberapa keadaan klinis tertentu bisa juga mengakibatkan bibir mengalami pecah-pecah, seperti kurang nutrisi, iritasi, dan efek beberapa obat.

Keadaan itu dapat makin parah apabila bibir tidak dirawat secara baik. Gejala-gejala bibir pecah-pecah yang biasanya terjadi, mencakup:

  • Bibir terasa kering, terkadang terkelupas
  • Tampak sisik pada bibir
  • Ada luka
  • Bengkak dan
  • Berdarah

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Kamu tak perlu cemas jika mengalami bibir pecah-pecah, karena ada beberapa tips mudah yang dapat dikerjakan untuk menghilangkan dan menghindari terjadinya bibir pecah-pecah, yakni:

1. Menghindari kebiasaan menjilat bibir

Beberapa orang yang sering menjilat bibir untuk membasahi dan menangani bibir kering. Tetapi, sebenarnya, menjilat bibir malahan bisa jadi memperburuk keadaan bibir pecah-pecah. Masalah ini lantaran air liur lebih semakin cepat menguap sehingga dapat mengakibatkan keadaan bibir lebih kering dibanding sebelum dibasahi dengan air liur.

2. Pakailah pelembab bibir

Pemakaian pelembap bibir atau lip balm dapat menghindari keadaan bibir pecah-pecah, khususnya saat melakukan aktivitas di bawah cahaya matahari. Kamu juga dapat mencoba pelembap bibir alami, contohnya madu, minyak kelapa, lidah buaya, ataupun minyak zaitun, untuk menangani bibir pecah-pecah.

3. Menjauhi penyebab alergi

Keadaan bibir pecah-pecah juga dapat terjadi sebagai akibatnya karena reaksi alergi badan terhadap suatu zat. Oleh sebab itu, sedapat mungkin jauhi kontak langsung dengan beberapa bahan yang dapat mengakibatkan alergi. Beberapa orang riskan alergi pada suatu produk, seperti: minyak wangi, bahan pewarna, kosmetik, atau produk perawatan kulit dengan beberapa bahan tertentu.

Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Cepat dan Alami

cara mengatasi bibir pecah pecah secara alami, cara mengatasi bibir kering dan mengelupas, cara mengatasi bibir kering dalam semalam, cara mengatasi bibir pecah pecah dan berdarah,

4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Kurangnya cairan pada tubuh juga dapat mengakibatkan bibir jadi pecah-pecah. Oleh sebab itu, penting selalu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas tiap harinya. Tidak cuma menghindari bibir pecah-pecah, terpenuhinya kebutuhan cairan dapat menurunkan dampak dari dehidrasi.

5. Memperhatikan penggunaan beberapa obat tertentu

Beberapa obat juga bisa mengakibatkan efek samping, salah satunya bibir pecah-pecah. Beberapa jenis obat yang dapat mengakibatkan bibir pecah pecah, misalnya: obat penghilang nyeri, antihistamin, dan juga obat jerawat. Tetapi, tanyakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti berkenaan efek beberapa obat tersebut. Bila benar-benar mengganggu, dokter akan mencarikan pilihan obat yang lain.

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas

Apabila saat ini Kamu sedang mempunyai masalah bibir pecah pecah dan kering maka Kamu harus rajin menjaga atau merawatnya sebelum makin parah dan mengakibatkan iritasi. Berikut ini beberapa cara perawatan bibir kering dan pecah pecah.

6. Mengatasi bibir pecah pecah dengan tomat

Bibir pecah pecah dan kering terjadi apabila kurangnya vitamin C. Tomat adalah salah satu buah yang paling berguna karena banyak mengandung vitamin C. Kamu dapat mengiris tomat dan mengoleskannya pada bibir pecah pecah kamu.

7. Cara mengatasi bibir pecah pecah dengan madu

Madu juga dapat memberikan pengaruh yang baik pada perawatan bibir yang kering dan pecah-pecah. Caranya cukup mengoleskan madu pada bibir yang pecah pecah sambil memijat-mijat bibir secara perlahan lahan.

8. Mengatasi bibir pecah pecah dengan Iidah buaya

Lidah buaya dapat dipakai sebagai ekstrak dalam perawatan pada bibir yang pecah-pecah dan kering. Lidah buaya baik dipakai sebagat pelembap bibir, sebaiknya digunakan menjelang tidur malam. Caranya juga sama yakni dengan mengoleskan lendir atau daging tanaman lidah buaya pada bibir pecah pecah.

cara mengatasi bibir pecah pecah dengan madu, penyebab dan cara mengatasi bibir pecah pecah, obat bibir pecah pecah di apotik, cara mengatasi bibir kering dengan pasta gigi.

Walau bibir pecah-pecah bisa pulih sendirinya, tapi pada sebagian orang, keadaan ini menjadi makin parah. Apabila sudah parah, bibir pecah-pecah dapat beralih menjadi cheilitis atau infeksi pada bagian permukaan bibir.

Baca Juga: Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Yang Benar

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara mengatasi bibir pecah pecah dan berdarah secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan