Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

6 Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga dan Lebat

  • Bagikan
cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga

Cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga cukuplah mudah. Sepanjang kamu mau mengikuti cara merawat tanaman bunga mawar yang benar maka hasil yang diinginkan dapat dengan mudah kita raih. Modalnya adalah rajin, teliti, sabar dan cermat dalam merawat tanaman hias tersebut. Lantas bagaimana cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga?

Cara Menanam Bunga Mawar

Mempunyai tanaman bunga mawar yang bermekaran di pekarangan rumah tentu sangat sedap dipandang mata. Ini bisa menjadi pemandangan begitu cantik tanpa harus kita pergi jauh ke pegunungan ataupun destinasi wisata. Cukup kita melihat bunga bunga mawar yang bermekaran yang kita tanam.

Barangkali mawar identik dengan corak atau warna merah, meskipun sebenarnya ada banyak macam dari tanaman bunga mawar yang dapat kita budidaya, mulai tanaman bunga dengan warna ungu yang super harum, ungu pucat, batik pink, batik orange, batik kuning, mawar hitam, sampai mawar kelopak warna hijau yang sebetulnya tidak secantik dengan gambar mawar hijau yang bertebaran di dunia maya.

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Tetapi sayang, tak sedikit pecinta tanaman hias yang merawat tanaman bunga mawar dan tak pernah bisa berbunga. Apabila bisa berbunga, bunganya cenderung kecil dan hanya sedikit saja. Hal ini tentu jadi permasalahan yang paling mengesalkan, dan menyebalkan lagi hal ini menjadi persoalan yang kerap dialami saat merawat tanaman bunga mawar.

Disamping tak pernah berbunga, persoalan yang lain umumnya dialami ialah tanamannya bisa berbunga tetapi jumlahnya cuma sedikit. Padahal, sebenarnya kita sudah merawatnya dengan benar, mulai dari memperhatikan penyiraman, pemupukan dan perihal lainnya. Akan tetapi tetap saja tanaman bunga mawar kita sulit berbunga dan jika berbunga tidak begitu rimbun atau lebat.

Lantas seperti apakah cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga? Nah, artikel ini akan membahas bagaimana cara marawat tanaman bunga mawar agar cepat berbunga dan lebat bunganya yang kami lansir dari Liputan 6 (19/8/2020):

1. Memperhatikan Penyiraman Tanaman Mawar

Cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga yang sangat pokok diawali dari bagaimana proses penyiramannya. Proses penyiraman air pada tanaman air yang cukup, disamping jadi sumber kebutuhan pokok untuk proses pertumbuhan tanaman, ternyata proses penyiraman air juga mempunyai peranan yang tak kalah pentingnya, yakni untuk mempercepat larutnya humus atau unsur hara yang hendak diserap oleh akar tanaman bunga mawar, dan selanjutnya akan membantu dalam mengendalikan sirkulasi udara di sekelilingnya.

Untuk mengerjakan penyiraman tanaman bunga mawar, sebaiknya dilaksanakan dua kali dalam sehari, yakni ketika di pagi hari, yaitu di antara jam 7 sampai 9 dan pada saat sore hari di antara jam 4 sampai 6. Ada pun jumlah air yang dipakai untuk menyirami tergantung dari tingkat kebasahan tanah dan usia dari tanaman bunga mawar tersebut.

Saat tiba musim penghujan, sebaiknya proses penyiraman dikurangi intensitas atau jumlahnya, karena ketersediaan air telah dibantu adanya air hujan, begitu juga saat musim kemarau yang mewajibkan ketersediaan air ditambah lagi. Dengan menambahkan intensitas atau jumlah penyiraman air pada tanaman bunga mawarnya.

2. Rajin Memangkas Batang dan Daun Tanaman Mawar

Disamping cara menanam bunga mawar agar cepat berbunga di atas, proses memotong daun dan tangkai juga sangat penting untuk dilakukan. Karena, banyak yang mengeluh jika tanaman bunga mawar tidak dapat mengalami perkembangan secara baik. Walau sebenarnya perkembangan itu terhalang lantaran tidak dilakukan proses pemotongan secara teratur.

Keadaan tanaman bunga mawar yang kebanyakan dahan, ranting, dan juga daun biasanya mempunyai perkembangan bunga yang lebih lamban, sehingga mengakibatkan tanaman mawar sulit berbunga. Dan jika bisa berbunga, maka bunganya tidak lebat seperti yang kita inginkan.

Hal tersebut disebabkan karena hasil fotosintesisnya cuma dipakai untuk perkembangan dahan, ranting dan juga daunnya saja. Itulah kenapa, perkembangan bagian bunga menjadi terhalang. Untuk menggunting tangkai dan daunnya cukup kerjakan sedikitnya dua minggu sekali.

3. Buanglah Segera Gulma yang Mengganggu

Kita tidak dapat mengelak dari beragam jenis gulma pengganggu yang tumbuh di sekeliling tanaman bunga mawar. Agar bunga mawar Kita cepat berbunga, karena itu Kita mesti selalu rajin menyiangi gulma tersebut, Kita harus rutin menyiangi gulma yang tumbuh di media tanam di dalam pot di sekeliling tanaman mawar tersebut. Seluruh rumput pengganggu atau gulma harus senantiasa dibersihkan. Bila tidak segara dicabut keberadaan gulma tersebut akan mengganggu proses perkembangan tanaman bunga mawar Kita.

Beberapa orang merasa malas untuk menyiangi gulma tersebut, sehingga perkembangan tanaman bunga mawarnya terganggu. Ketika Kita akan mengerjakan pemupukan, yakinkan lebih dahulu semua gulma harus telah dibersihkan, sehingga pupuk dan unsur hara yang diberi akan meresap secara baik pada akar tanaman mawar.

4. Pemberian Pupuk yang Sesuai

Sesudah itu, cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga adalah pemberian pupuk. Pemupukan jadi poin penting untuk jadi perhatian Kita saat menanam tanaman mawar. Maksud dan tujuan dari pemberian pupuk itu untuk memberikan tambahan beragam unsur-unsur hara agar tanaman kian subur. Pupuk yang dianjurkan untuk bunga mawar ialah tipe pupuk kandang yang dibikin dari kotoran hewan.

Apa jenis Pupuk bunga mawar agar cepat berbunga. Di samping memakai jenis pupuk kandang, kita juga bisa memanfaatkan jenis pupuk kimia contohnya NPK yang mempunyai kandungan nitrogen yang tinggi. Hal ini dapat membantu perkembangan vegetatif seperti daun. Selain itu terdapat kandungan fosfor untuk perkembangan akar, dan ada kandungan kalium untuk membantu pertumbuhan pada bagian bunga, agar tanaman mawar cepat berbunga.

5. Mengendalikan Hama yang Menyerang Tanaman Mawar

Pertumbuhan bunga mawar yang bagus tidak terlepas dari bagaimana proses pengontrolan hama dan penyakit pengganggu. Dikarenakan ada bermacam jenis hama dan penyakit yang bisa berpotensi mengganggu dan bahkan merusak perkembangan dari tanaman bunga mawar. Satu diantara hama dan penyakit yang biasanya menyerang tanaman mawar adalah ulat daun. Hama ini dapat mengakibatkan daun mawar jadi rusak. Hama ulat daun tersebut dapat dibasmi dengan menyemprotkan insektisida atau obat pembasmi serangga.

Di samping gangguna hama ulat daun, tanaman bunga mawar juga berpotensi rusak karena jamur, maka dari itu hal semacam itu perlu ditangani dengan melaksanakan penyemprotan fungisida. Umumnya, tanda-tanda tanaman bunga mawar terserang jamur berupa munculnya bintik daun, bunga yang cepat membusuk, noda atau bercak karat pada daun, dan juga tepung mildew atau berbentuk susunan putih yang ada di atas daun. Jika menemuai tanda tanda tersebut segeralah menyemprotkan obat fungisida.

6. Cukupi Kebutuhan Sinar Matahari

Ini tidak sekedar diperlukan oleh tanaman lain, tanaman mawar perlu memanfaatkan sinar matahri untuk membantu proses fotosintesis. Biasanya, saat yang bagus untuk memberikan asupan sinar matahari, yakni pada pukul 6 sampi 10 pagi. Akan tetapi, jika lokasi penanaman bunga mawar di luar ruang, sebaiknya pakai jarring-jaring pada bagian atasnya, agar intensif sinar matahari yang diterima di siang hari tidak begitu berlebihan.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Lebat, Subur dan Berbunga Besar

Nah, itulah sedikit informasi bagaimana cara menanam dan merawat tanaman bunga mawar agar cepat berbunga. Mudah mudahan bisa menginspirasi kita yang suka berkebun dan bertanam, khususnya tanaman hias.

  • Bagikan