Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

10 Cara Mudah Menanam dan Merawat Aglonema Agar Berdaun Lebat dan Indah

  • Bagikan

Cara menanam aglonema. Aglonema, tanaman hias ini saat ini lagi naik daun. Tahukah Kamu, kalau tanaman yang dinamai Sri Rejeki ini pemeliharaannya tidak begitu susah sama semacam cara menanam lidah mertua dan cara budidaya gelombang cinta.

Meski ini merupakan jenis tanaman yang tidak menampilkan indahnya bunga tetapi daun yang dipunyai tanaman ini sangat indah. Tanaman hias ini sesungguhnya mempunyai beberapa jenis, tetapi tetap saja corak daun dari tanaman aglaonema ini sering mempunyai corak bintik hijau di sela daunnya.

Jenis Aglonema

Sebelum kita mangulas lebih jauh tentang bunga aglonema ini, tidak ada salahnya apabila kita memahami jenis jenis aglonema terlebih dulu.

1. Aglonema pictum tricolor

Aglonema pictum tricolor

Jenis aglonema ini sangat indah dengan daun yang mempunyai paduan 3 warna hijau, yaitu hijau tua, sedang, serta muda. Bentuk daunnya yang oval pula menjadikan aglonema jenis ini hiasan yang unik di rumah. Tetapi, perlu diketahui kalau aglonema pictum tricolor berkembang lambat, serta mesti diletakkan di tempat yang mendapat banyak sinar terang tetapi tidak langsung buat mempertahankan warna daunnya.

2. Aglonema silver bay

Aglonema silver bay
Semacam namanya, aglonema silver bay mempunyai daun dengan campuran warna perak serta hijau, baik hijau tua ataupun hijau muda. Daunnya juga mengkilap dengan bentuk oval yang menawan. Tidak seperti banyak jenis aglonema yang lain, aglonema silver bay berkembang relatif cepat. Dalam keadaan yang pas, daun baru bakal berkembang tiap 2 minggu.

3. Aglonema prestige

Aglonema prestige

Jenis aglonema ini sangat banyak ditemui serta dikoleksi oleh para pecinta tanaman hias. Aglonema prestige muncul dengan daun besar, seperti berlilin, serta warna corak merah, pink, serta krem yang sangat menarik. Aglonema prestige juga mempunyai batang bercorak merah muda yang menaikkan keelokan serta pesonanya. Letakkan di ruangan dengan riasan putih buat memperjelas semburat corak daunnya.

4. Aglonema silver queen

Aglonema silver queen
Jenis aglonema ini tampil dengan daun bercorak hijau semburat perak. Daunnya juga berbentuk panjang, sempurna buat menegaskan nuansa tropis di dalam ruangan. Jenis aglonema ini bisa berkembang sampai setinggi 24 inci. Daunnya bercorak hijau tua dengan variasi corak perak yang menarik serta tebal, dan berbentuk semacam mata tombak, tumbuh dari batang yang pendek. Batangnya berkembang dalam kelompok yang menjadikan aglonema silver queen preferensi bagus bila kepingin mendekorasi ruangan dengan tanaman hias yang rimbun.

5. Aglonema creta
Aglonema creta

Aglonema creta dapat memberikan keanggunan ke dalam ruangan, sebab wujudnya yang lebat serta daun yang banyak. Daun aglonema creta bercorak hijau lebar berbentuk oval denga pola indah, diiringi bercak- bercak krem pucat serta merah muda cerah yang membingkai batasan daun. Kamu bisa menempatkan keelokan ini di samping tanaman dedaunan yang serba hijau untuk menaikkan aksen warna.

6. Aglonema red valentine
Aglonema red valentine

Aglonema red valentine menarik banyak orang dengan penampilannya. Daunnya berupa oval besar dengan corak hijau tua serta percikan merah muda dan merah di bagian dalam. Umumnya, corak daun mulai berupa merah jambu serta berubah jadi merah sehabis beberapa waktu. Dalam keadaan ideal, tanaman ini dapat hidup bertahun- tahun.

7. Aglonema maria
Aglonema maria

Aglonema maria muncul dengan daun berbentuk tombak panjang yang membentuk rumpun rimbun, sesuai untuk memberi sentuhan tropis pada ruangan. Daunnya tebal bercorak hijau tua, dan mempunyai motif berwarna hijau pucat ataupun krem yang memberikan tampilan yang unik serta menarik. Ingat, karna tanaman ini tidak bercorak cerah semacam beberapa jenis aglonema yang lain, aglonema maria mentolerir pencahayaan yang lebih rendah daripada jenis lain dengan daun yang didominasi corak merah, merah muda, ataupun putih.

8. Aglonema red anjamani
Aglonema red anjamani

Aglonema red anjamani ataupun aglonema dud anjamani muncul dengan warna yang unik. Tanaman ini sesuai ditempatkan di tengah meja buat menaikkan hiasan. Jenis aglonema ini sangat indah dengan daun merah terang yang luar biasa dengan beberapa bercak dan bingkai hijau tua. Aglonema red anjamani bisa mempertahankan warna daunnya sepanjang tahun. Buat mengoptimalkan corak merahnya yang indah, coba letakkan tanaman ini dalam pot warna gelap ataupun perak.

9. Aglonema bidadari
Aglonema bidadari

Aglaonema bidadari membagikan aksen riasan rumah yang sempurna dengan variegasinya yang indah. Jenis aglonema yang menawan ini muncul dengan daun besar berupa oval mengkilap, dilengkapi bintik merah muda, hijau, serta krem. Batangnya pendek, ramping dan bercorak merah jambu. Merah muda merupakan corak paling menonjol pada daunnya serta kelihatan sangat menawan. Aglonema bidadari merupakan tanaman hias simpel yang memerlukan atensi minimun dari pemiliknya.

Cara Merawat Aglonema Agar Daunnya Indah

Adapun cara merawat tanaman aglonema agar daunnya indah hendak kami bahas di bawah ini. Berikut persiapan buat penanaman aglonema tersebut seperti dilansir dari laman ilmubudidaya. com:

1. Proses Pembibitan dengan Biji

Bila Kamu mau mengadakan pembibitan menggunakan biji maka kamu mesti nya mencari biji yang diambil dari tanaman indukan yang telah berusia ataupun telah tua. Sebelumnya rendam biji aglaonema selama 2 sampai 3 jam supaya dapat meransang perkembangan biji tersebut.

2. Proses Pembibitan dengan Stek

Kamu dapat melakukan penanaman memakai stek dengan cara menanam pucuk dari aglaonema yang telah berusia tersebut. Paling tidak tanaman indukan yang nantinya hendak di stek tetap mempunyai 5 sisa daun sehabis pucuknya diambil dan haruslah mempunyai batang yang kuat. Potonglah pucuk indukan yang tadinya sudah Kamu seleksi.

Tanaman indukan tersebut paling tidak mesti ada sampai 7 ruas daun, ya! Sehabis menerapkan pemotongan pucuk memakai gunting tanaman ataupun pisau yang tajam. Kamu hanya butuh menanam pucuk tersebut kedalam wadah kecil serta taruh di daerah sejuk serta bebas dari bermacam jenis gangguan. Cuma saja indukan yang di lakukan stek pucuk ini bakal mengalami percabangan.

3. Pembibitan dengan Cangkok

Kamu hanya butuh ketelitian dalam memperbanyak bunga aglaonema memakai prosedur pencangkokan, sebab bila tidak cermat maka batang yang di lakukan pencangkokan bakal mengalami pembusukan. Cara ataupun prosedur cangkok yakni sebagai berikut:

  • Memilih tanaman indukan yang bewarna batang coklat serta kuat.
  • Umumnya bakal di tandai dengan daun yang gampang gugur ataupun sudah gugur dengan sendirinya.
  • Kupas sedikit batang yang sudah diseleksi untuk menjadi indukan pembibitan cangkok tersebut.
  • Lapisi dengan campuran tanah sekam, humus, pakis serta pasir malang gunakan plastik.
  • Berilah lubang kecil buat sirkulasi udara untuk lubang pengakaran, lakukan penyemprotan pada plastik 2 kali satu hari serta umumnya bakal siap dalam 3 ataupun 4 minggu.

4. Pembibitan Dengan Pemisahan Anakan

Cara pembibitan dengan prosedur ini merupakan dengan pemotongan akar sambung antara indukan aglaonema dengan anakannya. Pastikan terlebih dulu bahwa anakan tersebut telah mempunyai akar yang lumayan kokoh sebelum kamu menerapkan pembelahan dengan metode pemotongan. Tanda akar yang telah kokoh yaitu akar yang gendut serta bewarna putih.

5. Media Tanam

Buat mendukung perkembangan tanaman hias aglaonema maka ada beberapa tipe media tanam yang dapat di gunakan yakni:

a. Sekam Bakar: Ini ialah media tanam yang mempunyai daya tahan yang lama serta mempunyai sifat steril. Hanya saja energi serap buat air kurang baik meski aerasinya lumayan baik sampai harus di campur dengan media tanam yang lain.

b. Pakis: Ialah salah satu media tanam yang mempunyai sistem drainase, daya serap air, daya tahan serta bagus buat pertumbuhan akar.

c. Pasir Malang: Digunakan dalam penghindaran media yang sangat basah ataupun terjadi penggenangan air sebab sifat porositasnya yang baik.

d. Cocopeat: Ialah media tanam yang merupakan hasil olahan dari sabut kelapa yang bisa menahan air serta kerap menjadi media tanam bunga hias.

6. Penyiraman Tanaman Aglaonema

Kala Kamu menanam tanaman aglaonema hingga kamu wajib juga membiasakan dengan keadaan area serta keadaan dai media tanam. Penyiraman umumnya di jalani dengan membiasakan dengan jumlah air dengan media tanam. Hendaknya pakai air bersih yang tidak memiliki zat beresiko semacam kaporit.

7. Pemupukan Bunga Aglaonema

Supaya perkembangan tanaman ini jadi baik serta tumbuh dengan pesat maka kamu wajib berikan pupuk secara teratur sekitar sekali 2 minggu.

Nutrisi hendak di bagikan kepada tanaman bunga aglaonema dengan pemberian pupuk teratur serta nantinya hendak mendukung perkembangan tanaman ini. Umumnya pupuk yang biasa di pakai yaitu pupuk NPK.

Pupuk lain yang di gunakan yaitu Gandasil D, Vitabloom, Hyponex serta Growmore. Supaya tanaman hias ini dapat berkembang dengan baik serta daun yang di hasilkan juga menawan maka kamu wajib tekun memberikan pemupukan serta berikan kelembaban kurang lebih 50 sampai 75%.

8. Penyakit serta Hama

Penyakit serta hama ialah perihal yang wajib kamu perhatikan dengan baik sebab bakal menggangu perkembangan dari tanaman hias kamu. Penyakit umum yang kerap melanda tanaman hias ini yaitu jamur fusarium yang bakal menimbulkan layu fusarium.

Kamu dapat memakai fungisida supaya dapat melakukan penangkalan terhadap penyakit ini. Sebaliknya ulat merupakan hama yang kerap menggangu tanaman ini.

Singkirkan saja seluruh hama semacam ulat yang akan melekat di batang. Pakai penyiraman air sabun seandainya kamu mau menghilangkan hama seperti kutu kebul. Jangan terlalu pekat dalam membuat cairan air sabun. Pakai saja air sabun mencuci piring seperlunya.

9. Perawatan Pada Masa Kemarau

Pada saat memasuki masa ataupun musim kemarau maka tanaman ataupun bunga aglaonema ini membutuhkan perawatan istimewa supaya daun indah yang ia miliki biar tidak mengalami kerusakan ataupun mati. Sebab waktu kemarau bakal mengalami kenaikan temperatur yang drastis. Sehingga bakal terjadi penguapan sehingga umumnya akan terjadi pengguguran daun.

Jadi kamu wajib melaksanakan pemeliharaan supaya media tanam senantiasa terpelihara kelembabanyannya. Sebaiknya apabila kamu memakai susu murni agar kelembaban daun terpelihara, sebaiknya hentikan pemakaian selama musim kemarau. Sebab daun tanaman hias ini bakal lebih menderita bila dilakukan perawatan pengkilapan daun sepanjang musim panas ataupun musim kemarau.

10. Cara Memelihara Pengkilapan Daun

Terdapat beberapa cara yang biasa di pakai petani yang membudidayakan tanaman hias ini. Untuk pengkilapan daun dari aglaonema yang merupakan pemanis tanaman bunga ini yaitu susu, ampas kelapa serta air.

Seluruh bahan tersebut dapat di gunakan dengan cara memanfaatkannya memakai spon yang lumayan halus serta di kasih air sumur yang bersih setelah itu kamu tinggal mengaplikasikan dengan cara pengelapan pada daun. Tidak hanya memakai pembersihan menggunakan air, kamu juga dapat memakai susu untuk perawatan daun aglaonema tersebut.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Yang Wajib Kita Rawat dan Ketahui

Susu tersebut di cairkan ataupun di encerkan sedikit dengan air supaya dapat jadi bahan untuk pembersihan daun tanaman ini supaya nampak lebih mengkilap. Begitu juga dengan memakai bantuan dari bahan lain yang umum juga di pakai yakni pemakaian ampas kelapa.

Cara pemakaian ampas kelapa ini juga tidak susah cuma dengan mengoleskan ke permukaan daun dengan air bersih serta daun tanaman ini bakal lebih mengkilap serta bersih.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai cara menanam aglonema agar tetap indah daunnya.

  • Bagikan