Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

14 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Cepat

  • Bagikan
Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami jadi dambaan masyarakat saat ini. Setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang bersih, putih dan bersinar. Pasalnya gigi adalah salah satu anggota tubuh yang sangat penting dalam menunjang penampilan kita. Ketika kita mempunyai gigi yang bersih, putih dan bersinar maka kepercayaan diri pun akan semakin meningkat.

Cara memutihkan gigi secara alami dan permanen tanpa efek samping

Apabila anda memiliki gigi yang kuning, pasti anda akan merasa malu dan tidak percaya diri. Apalagi bila pekerjaan anda menuntut anda berhadapan dengan orang lain. Maka hal tersebut sangat menganggu penampilan dan pekerjaan anda. Karena dengan memiliki gigi kuning dapat membuat orang merasa kurang nyaman dan bahkan jijik berdekatan dengan anda.

Penyebab Gigi Kuning

Apa penyebab gigi kuning padahal sudah gosok gigi? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi kuning. Dan berikut ini penyebab gigi kuning, dilansir dari tanyapepsodent.com (diakses 26/4/2020):

  • Memiliki kebiasaan minum kopi, teh, dan minuman beralkoh*l,
  • Sering merokok,
  • Menggunakan produk yang mengandung fluoride dan obat kumur yang berlebihan,
  • Mengkonsumsi obat-obatan dan antibiotik.

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Bagaimana cara untuk memutihkan gigi? Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda tempuh untuk mendapatkan gigi yang putih. Namun kali ini kami hanya akan membagikan cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Dengan maksud agar tidak meninggalkan efek samping di kemudian hari.

Ada beberapa cara menghilangkan gigi kuning yang sudah lama secara tradisional, antara lain:

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Seperti yang dilansir dari liputan6.com (30/11/2018), Banyak faktor penyebab yang dapat membuat gigi menjadi kuning, di antaranya kebiasaan merokok, minum kopi, dan bahkan malas menggosok gigi. Sepantasnya kebiasaan buruk tersebut segera ditinggalkan jika ingin gigi kita tetap sehat dan putih berseri.

Namun, kamu tak perlu khawatir, terdapat cara sederhana yang juga mudah untuk memutihkan gigimu dalam sekejap. Kamu bisa memutihkan gigimu menggunakan baking soda. Ya, baking soda memang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk memutihkan gigi. Penasaran, berikut hal yang perlu kamu persiapkan:

Bagi anda yang kini sedang memiliki permasalahan seputar gigi yang kuning, tak ada salahnya mencoba dengan ramuan alami ini. Bahan yang digunakan yakni baking soda dan juga jeruk nipis. Salah satu bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk memutihkan gigi yakni baking soda. Bahan ini dipercaya mampu menghilangkan noda pada gigi.

Dan berikut ini bahan dan cara membuat ramuan menghilangkan gigi kuning dengan baking soda, yaitu :

  • Mula-mula kita siapkan baking soda sekitar 1/2 sendok teh.
  • Lalu kita campur dengan 1/2 sendok teh perasan jeruk nipis.
  • Kemudian kita aduk agar tercampur secara merata.
  • Setelah itu oleskan secara lembut dengan sikat gigi pada permukaan gigi kita, terutama pada gigi yang kuning.
  • Diamkan kira-kira selama 1-2 menit setelah itu berkumur-kumurlah hingga bersih.
  • Lakukan perawatan gigi ini seminggu sekali saja.

Ingat, meskipun baking soda sangat ampuh dalam memutihkan gigi, namun juga memiliki efek kurang baik bagi gigi. Pasalnya dapat menyebabkan gigi tipis jika dilakukan terlalu sering. Dan akhirnya gigi anda menjadi lebih sensitif.

2. Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Garam

Bagaimana cara memutihkan gigi dengan garam? Selain dikenal sebagai bumbu dapur, nyatanya garam dapaur diyakini sebagian orang efektif membantu proses pemutihan gigi secara alami. Tak hanya itu dengan garam, sejumlah masalah tentang gigi bisa diatasi. Bahkan garam juga memberi manfaat dalam proses pembentukan gigi yang kuat.

Hal itu bukannya tanpa alasan, karena di dalam garam terdapat kandungan zat mulai dari fosfor, flour, natrium, dan kalium, serta magnesium yang berguna untuk pembentukan gigi dan menjaga email gigi dari kerusakan.

Jika sobat cantik, tidak ingin hal yang repot cukup lakukan cara memutihkan gigi yang kuning dan berkarang dengan garam. Dan berikut ini caranya:

  • Siapkan 1 sendok makan garam serta 1 gelas air hangat
  • Larutkan garam tersebut ke dalam segelas air hangat yang telah disiapkan
  • Berkumur-kumurlah dengan air tersebut setiap kita hendak menggosok gigi
  • Lakukan perawatan gigi ini secara rutin hinggai hasilnya terlihat

Selain dengan cara berkumur, sobat cantik bisa mencampurkan garam dapur ini dengan bahan seperti stroberi, jeruk nipis dan cuka apel dan lalu gunakan untuk gosok gigi.

3. Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Minyak Kelapa

Seperti yang diansir dari manfaat.co.id (22/7/2019) bahwa menurut sebuah studi mengungkapkan ternyata berkumur dengan minyak kelapa dapat menghilangkan bau yang tak sedap yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Pasalnya minyak kelapa murni mengandung sifat anti bakteri yang dipercaya ampuh membunuh bakteri yang dapat merusak gigi anda.

Sedangkan baking soda berguna untuk meningkatkan pH air ludah, dan juga membasmi bakteri perusak gigi. Dan yang paling mengejutkan ternyata baking soda juga dipercaya ampuh untuk membersihkan noda yang menempel di gigi. Sehingga gigi yang kuning bisa terlihat bersih dan putih kembali, dilansir dari jambi.tribunnews.com (22/7/2018).

Untuk mendapatkan manfaat dari kedua bahan ini, beginilah cara pemakaiannya;

  • Bahan yang digunakan:
  • 8 sendok teh minyak kelapa murni dan
  • 8 sendok teh baking soda.

Cara membuatnya:

  • Pertama-tama kita campurkan kedua bahan yang telah disiapkan tersebut, baik kelapa murni dan baking soda.
  • Aduk hingga kedua bahan tercampur merata dan berubah menjadi pasta.
  • Setelah itu gunakan pasta tersebut untuk menggosok gigi.
  • Lakukan perawataan dengan gosok gigi ini kira-kira 2 sampai 5 menit secara perlahan-lahan.
  • Langkah terakhir kita bilas dengan cara berkumur-kumur dengan air bersih.

4. Cara Menghilangkan Gigi Putih yang Membandel dengan Minyak Cengkeh

Sobat cantik bisa menggunakan minyak cengkeh untuk merontokkan gigi kuning anda. Selain itu minyak cengkeh juga dapat berguna untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh secukupnya pada gigi yang kuning. Untuk memperoleh gigi yang putih sempurna lakukan cara ini dengan rutin.

5. Cara Memutihkan Ggigi Kuning Dengan Arang

Seperti yang kami lansir dari halogigi.com (1/2/2018) arang bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang menguning dalam sekejap. Karena di dalam arang terdapat kandungan yang dapat berfungsi seperti pasta gigi, yang sangat baik untuk memutihkan gigi.

Bagaimana cara menghilangkan kuning di gigi dengan cara ini? Cara menghilangkan gigi kuning dengan arang kayu ini cukup sederhana yaitu:

  • Mula mula kita tumbuk arang sampai halus seperti bubuk.
  • Kemudian tambahkan sedikit pasta gigi atau air dan gunakan bubuk tersebut untuk menggosok gigi anda
  • selama kurang lebih 2 sampai 4 menit.
  • Yang terakhir kumur – kumurlah sampai bersih.

6. Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Daun Salam

Mengapa harus dengan daun salam untuk memutihkan gigi kuning yang membandel? Karena kandungan yang terdapat pada daun salam yang sangat banyak yaitu sitral, tanin, dan juga minyak astiri. Selain itu daun salam juga memiliki kndungan metal kalsium dan zat besi. Maka dari itu daun salam ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan gigi anda. Dan bahkan bisa kita jadikan untuk memutihkan gigi yang menguning.

Caranya memutihkan gigi kuning dengan salam sangatlah mudah yaitu:

  • Siapkan daun salam secukupnya.
  • Lalu tumbuk sampai halus daun salam tersebut.
  • Campurkan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta dan lalu gunakan untuk gosok gigi.

Untuk memperoleh gigi yang putih dan bersih lakukan perawatan ini dengan rutin.

7. Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Permanen

Tak hanya cara di atas untuk mendapatkan gigi putih secara maksimal. Sobat cantik bisa memakai bahan alami dan rumahan untuk melakukan perawatan gigi putih. Seperti dilansir dari okaydoc.com (5/4/2018) ada beberapa ramuan sepele yang bisa kita gunakan untuk memperoleh gigi yang putih dan bau nafas yang segar:

8. Dengan Buah Strawbery

Strawbery dikenal memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, yang dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi anda. Untuk melakukan perawatan gigi dengan strawbery cukuplah mudah, yaitu:

  • siapkan 4 sampai 5 buah strawbery yang sudah matang
  • tumbuk dan haluskan buah strawbery tersebut.
  • setelah halus gunakan untuk gosok gigi selama 3 menit.
  • langkah terakhir, kumur – kumurlah dengan air bersih.

9. Dengan Cuka sari apel

Selain dengan stawbery bahan lain yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan gigi kuning adalah cuka sari apel. Bahan ini dipercaya sangat efektif untuk membersihkan gigi dari noda yang membandel. Tak hanya itu juga sangat efektif untuk antibiotik. Kandungan senyawa asetat, magnesium, enzim, prebiotik dan kalium yang terkandung dalam cuka apel ini dapat berfungsi untuk membunuh bakteri serta mendorong tumbuhnya bakteri prebiotik yang baik bagi sistem pencernaan.Oleh sebab itu, cuka apel ini dapat membantu kamu untuk menghilangkan plak atu zat lain yang menempel pada gigi anda.

Cara memutihkan gigi kuning dengan sari cuka, yaitu:

  • campurkan pasta gigi yang tanpa fluride dan sari cuka apel
  • gunakan untuk menyikat gigi dan lakukan selama 3 – 5 menit
  • setelah itu berkumur kumurlah hingga bersih.

10. Menghilangkan Gigi Kuning Dengan Kulit Pisang

Kulit pisang juga dikenal mampu membersihkan gigi dari kotoran dan plak yang membuat warna gigi menjadi tidak cerah. Dilansir dari boldsky.com (11/2/2015), berbagai mineral dan antioksidan yang terkandung pada kulit pisang terbukti ampuh memutihkan gigi. Caranya, cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi Anda secara teratur. Mudah, kan?

11. Dengan Wortel

Kandungan zat kimia pada wortel juga terbukti ampuh mampu memutihkan gigi. Caranya sangat mudah. Ambillah sepotong wortel, lalu kupas dan bersihkan. Dan kunyah menggunakan gigi Anda sampai benar-benar lembut. Gesekan antara partikel wortel pada gigi dan gusi, ternyata bisa membersihkan gigi serta gusi dari aneka kotoran yang melekat.

12. Seledri

Seledri juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya, ambillah segenggam seledri, haluskan. Lalu gunakan sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi. Bisa juga seledri dijus, lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Awas, jangan ditambah gula, karena justru akan merusak gigi.

13. Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Daun Sirih

Salah satu cara membuat gigi kita kuat, bersih dan putih adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Dilansir dari kompas.com (22/1/2013), daun sirih mempunyai kandungan zat yang sangat bermanfaat, sepperti fenol, terpen, eugenol, metil eugenol, eucalyptol dan sebagainya. Zat-zat itu adalah antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita, termasuk kesehatan gigi. Zat-zat tersebut bersifat antibakteri, antijamur, antilarva, dan antiinflamasi.

Gigi kita bisa berlubang karena aktivitas bakteri. Dengan sirih, bakteri bisa kita matikan, sehingga gigi terhindar dari kerusakan. Zaman dahulu, orang mengunyah sirih dan ternyata terbukti membuat gigi awet. Tapi, kan giginya menjadi merah? Sebenarnya yang membikin merah bukan sirihnya, tetapi berbagai tambahan lain seperti buah pinang, tembakau, kapur dan sebagainya. Sementara, sirih saja tidak akan membuat gigi menjadi merah.

Cara memanfaatkan sirih bisa dikunyah dan kemudian dibuang, tapi mungkin akan terasa tidak nikmat. Kita bisa mengganti dengan merebus beberapa lembar daun sirih, lalu gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur-kumur. Lakukan setidaknya sehari 3 kali.

Jangan lupa, meski sudah menggunakan daun sirih, kita tetap harus rajin membersihkan gigi dan mengasup nutrisi yangdibutuhkan gigi ya.

14. Menghilangkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Minyak Wijen

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel dengan wijen juga bisa jadi alternatif lho. Menurut situs livescience.com (20/5/2015), berkumur dengan oil pulling atau minyak wijen dalam jangka waktu lama, ternyata memiliki manfaat, di antaranya akan menarik keluar kotoran-kotran yang berada dalam gigi dan rongga mulut. Salah satu tujuan memakai oil pulling tersebut adalah untuk kebersihan gigi. Berkumur dengan minyak, bisa menghilangkan bakteri dan plak yang membuat gigi menjadi kuning.

Cara memakai minyak wijen, antara lain:

  • Cara pertama, ambillah satu sendok teh minyak wijen, campur dengan sedikit bubuk kopi atau baking soda.
  • Sikatlah gigi perlahan dengan bahan tersebut.
  • Cara kedua, ambillah 1-2 sendok makan minyak wijen, lalu berkumurlah dan tahan minyak itu selama beberapa menit di mulut. Lalu keluarkan dari mulut.

Nutrisi yang Dibutuhkan Gigi

Salah satu organ yang sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari adalah gigi. Bayangkan jika gigi kita rusak, sakit, atau bahkan ompong? Tentu kita akan sangat menderita dibuatnya. Selain sulit merasakan makanan lezat, terbebat rasa sakit, penampilan juga akan kurang menarik jika gigi kita tidak sehat.

Salah satu cara agar gigi kita sehat, putih alias bersih dari plak dan juga kuat, tentu adalah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan gigi. Apa saja?

Baca Juga : 19 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

1) Kalsium

Dilansir dari kompas.com (8/6/2017), kalsium adalah unsur utama yang terdapat pada gigi. Tanpa kalsium yang cukup, gigi akan keropos dan rusak. Kalsium bisa didapatkan dari susu dan produknya, kacang, brokoli, kubis, bunga kol, apel dan sebagainya.

2) Magnesium

Pada masa pertumbuhan gigi, magnesium sangat dibutuhkan. Menurut kompas.com (4/8/2008), magnesium merupakan salah satu zat yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Ketika sudah dewasa, kekuatan gigi juga dipengaruhi oleh zat ini. Magnesium bisa didapatkan pada pisang, alpukat, ikan, sayuran hijau, alpukat, cokelat, kacang almond dan sebagainya.

3) Serat

Makanan berserat, sangat bagus untuk membantu membersihkan gigi dari kotoran. Buah dan sayur yang kita kunyah, ternyata bisa berfungsi sebagaimana “serabut sikat gigi” yang bisa membersihkan sampai bagian-bagian yang tak terjangkau sikat gigi.

4) Fosfor, Mangan, Fluor

Fosfor, mangan dan fluor juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Dilansir dari hellosehat.com (6/9/2017), 85% fosfor dalam tubuh kita terdapat pada tulang dan gigi. Mangan, kalsium dan fosfor sama-sama membentuk sistem tulang dan gigi pada manusia dan hewan. Adapun fluor, dalam bentuk fluorida, bisa melindungi gigi dari kerusakan.

Tips Menjaga Gigi Putih dan Sehat

Dilansir dari pikiran-rakyat.com (28/04/2018), Salah satu cara untuk menjaga gigi agar tetap sehat adalah dengan menyikat gigi secara teratur. Namun, selain menyikat gigi, kamu pun wajib menerapkan beberapa tips berikut ini agar gigimu tetap sehat dan kuat. Apa sajakah itu, berikut daftarnya:

1. Memilih pasta gigi yang tepat

Dengan pasta gigi yang tepat akan semakin menunjang kesehatan gigi, sesuaikan pasta gigi dengan kondisi kesehatan mulut. Misalnya bagi kamu yang memiliki gigi sensitif, bisa memilih pasta gigi khusus untuk gigi sensitif agar kesehatan gigi lebih terjaga.

2. Gunakan mouthwash

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi juga sangat penting, obat kumur mampu menjangkau bagian gigi terdalam yang tak bisa dijangkau oleh sikt gigi. Dengan begitu, tidak akan ada lagi sisa makanan yang tertinggal dalam mulut.

3. Flossing

Flossing juga merupakan bagian terpenting dalam merawat kesehatan mulut dan gigi. Dengan flossing dapat menghilangkan sisa makanan dan akumulasi plak di antara gigi. The American Dental Association merekomendasikan flossing sebanyak satu kali sehari.

4. Hindari makanan tinggi gula

Kandungan gula pada makanan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Oleh karenanya menghindari makanan tinggi gula sangat disarankan jika kamu tidak ingin merusak gigimu.

Baca Juga : 17 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Permanen

5. Kontrol ke dokter gigi secara teratur

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan rutin kontrol ke dokter gigi, selain menjaga agar mulut tetap sehat, kamu juga bisa mencegah timbulnya sakit gigi yang sangat menggangu. Demikianlah tips yang bisa kamu terapkan agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga.

Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel Cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami bisa bermanfaat.

  • Bagikan