Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Begini Lho, Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Cepat dan Alami

  • Bagikan
cara memerahkan bibir hitam

Cara memerahkan bibir hitam. Bibir lembab dan warna merah muda dipandang sebagai bibir yang sehat. Tidaklah aneh bila warna bibir merah ini jadi idaman para wanita. Disamping itu, mempunyai bibir warna merah muda secara alami membuat Kita tak perlu susah-susah mengoles lipstik berkali-kali. Sebenarnya, ada, kok, metode alami untuk memerahkan bibir hitam yang dapat Kita kerjakan secara mudah di rumah. Bagaimana caranya ya?

Cara Memerahkan Bibir Permanen

Bibir hitam atau bibir gelap umumnya adalah dari hasil hiperpigmentasi. Keadaan ini tidak mengkhawatirkan dan dapat berasal dari produksi melanin yang berlebihan, yaitu pigmen pemberi warna gelap di kulit.

Adapun faktor pemicu bibir hitam ialah paparan cahaya matahari secara berlebihan, pengaruh dehidrasi, reaksi alergi pada pasta gigi atau pun lipstik, kebanyakan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, sampai kebiasaan menggigit dan menjilat bibir serta merokok.

Bila didiamkan saja, maka bibir hitam akan menjadi kering dan pecah-pecah maka bibir akan terlihat kusam. Karena itu, penting untuk Kita mengerti cara membuat bibir merah secara alami.

1. Melakukan eksfoliasi bibir

Satu diantara cara memerahkan bibir gelap dengan melakukan cara eksfoliasi bibir. Kita dapat mengerjakannya dengan teratur saat sebelum tidur di malam hari. Langkahnya, usapkan lip balm sesaat saat sebelum tidur pada malam hari.

Selanjutnya, saat pagi harinya, pakai waslap yang telah dibasahi air, atau sikat gigi untuk mengangkat sel-sel kulit mati atau kulit kering yang ada pada permukaan bibir. Cara eksfoliasi ini bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah pada daerah sekitar bibir sekaligus menstimulasi produksi kolagen.

2. Mengoleskan Scrub di Bibir

Cara memerahkan bibir gelap secara alami yang kedua dengan cara mengoleskan scrub pada bibir. Kita dapat membuat scrub bibir yang alami sendiri di rumah. Umpamanya, kita memanfaatkan paduan dari gula pasir dan minyak almond atau madu. Bahan tersebut bagus untuk melembabkan kulit bibir kita.

3. Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Salah satu faktor yang menimbulkan bibir hitam ialah kulit yang kering karena tidak terhidrasi secara baik.
Oleh karena itu, Kita direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh dengan mengkonsumsi atau meminum 2 liter setiap hari, alangkah baiknya mengkonsumsi air putih. Cara memerahkan bibir hitam ini sangat dianjurkan karena bisa membuat bibir kita terjaga kelembabannya dan terlihat lebih memiliki volume.

4. Membersihkan Make up Menjelang Tidur

Hal sepele yang bisa Kita lakukan untuk mendapatkan bibir merah yakni dengan membersihkan make up atau lipstik menjelang tidur di malam hari. Tidak ada salahnya, apabila Kita mengusap permukaan bibir dengan kapas yang sudah dibasahi make-up remover menjelang kita tidur. Karena sisa lipstik yang dibiarkan menempel di bibir bisa mengakibatkan warna bibir jadi hitam.

5. Memakai lip balm yang memiliki kandungan SPF

Cara memerahkan bibir hitam setelah ituyakni dengan rutin memakai lip balm. Pastikan memakai lip balm yang mengandung SPF yang sesuai. Disamping bisa melembabkan bibir, cara ini bermanfaat untuk membuat perlindungan pada kulit bibir dari pancaran cahaya matahari.

Sebuah penelitian yang dimuat di Dermatologic Surgery memberikan laporan, bahwa dari 299 orang responden yang memakai sunscreen atau pun tabir surya pada badannya secara benar, cuma sekitar 37% yang memakai produk perlindungan bibir.

Salah satu cara memerahkan bibir dengan alami ialah dengan memakai lip balm. Menggunakan lip balm yang memiliki kandungan minyak mineral dan mengandung SPF-nya. Kita dapat memakai lip balm yang memiliki kandungan gliserin, minyak mineral, aloe vera, lactic acid, dan sorbitol. Bermacam kandungan ini bisa membantu untuk melembapkan kulit. Perlu digaris bawahi, sebaiknya kita menghindari penggunaan lip balm yang memiliki kandungan zat perasa dan pemanis buatan karena bisa mengakibatkan reaksi alergi. Begitu halnya kandungan paraben dan zat aroma yang beresiko membuat kulit jadi iritasi.

6. Menghindari merokok

Kebiasaan merokok ternyata bisa membuat bibir jadi hitam atau bibir gelap. Bahkan juga, sebuah riset mendapati ada keterkaitan di antara merokok dan munculnya pertanda penuaan dini.
Perihal ini karena kebiasaan merokok bisa mempercepat kerusakan sel-sel kulit dan hilangnya kandungan kolagen yang bisa mengakibatkan munculnya keriput di kulit.

7. Menggunakan vitamin E

Memanfaatkan suplemen kapsul vitamin E adalah salah satu cara memerahkan bibir yang hitam. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni Buka suplemen kapsul vitamin E, lalu usapkan langsung ke permukaan bibir yang hitam. Lalu diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.
Cara untuk memerahkan bibir yang hitam ini bermanfaat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan bibir.

Cara Memerahkan Bibir secara Alami Dalam 1 Hari

Ada beberapa cara memerahkan bibir secara alami dengan bahan rumahan. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa kita praktikkan di rumah.

8. Memerahkan bibir hitam dengan jeruk Nipis

Cukup kita campurkan air mendidih dengan jeruk nipis serta madu. Jangan lupa aduk sampai ketiga bahan tersebut tercampur dengan merata. Setelah ramuan tersebut terasa hangat maka oleskan pada bibir yang hitam. Dan diamkan beberapa saat dan biarkan ramuan tersebut menempel atau mengering di bibir. Yang terkahir bilas bibir dengan menggunakan air hangat.

9. Cara memerahkan bibir hitam dengan madu

Madu diyakini mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kecantikan, tak terkecuali untuk memerahkan bibir
yang hitam. Selain dapat memerahkan bibir hitam, madu juga dipercaya dapat memelihara sel-sel kulit pada bibir. Caranya cukup kita oleskan menjelang tidur maka akan menyerap dan mengembalikan kelembaban sel bibir Kita.

10. Cara menghilangkan bibir hitam dengan kunyit

Untuk menghilangkan warna hitam pada bibir kita bisa memanfaatkan tanaman apotik hidup, yakni kunyit. Untuk cara menggunakannya cukuplah mudah, yaitu cukup membuat pasta dari campuran kunyit dan 1 sendok teh susu. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada bibir Kita dan diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air bersih atau air hangat.

11. Cara menghilangkan bibir hitam dengan air mawar

Selain dengan kunyit, kita bisa mengembalikan warna merah di bibir dengan memanfaatkan air mawar. Ternyata  air mawar sangat bagus untuk menghilangkan warna hitam pada bibir. Untuk menerapkannya cukup mengoleskan air mawar pada bibir kita, dan lakukan hal yang sama seperti cara cara memerahkan bibir hitam di atas.

12. Cara menghilangkan bibir hitam dari lahir

Untuk cara menghilangkan bibir hitam dari lahir bisa kita siasati dengan menggunakan bahan alami berupa minyak almond. Minyak almond dalah salah satu bahan alami yang sangat bagus dalam mengembalikan kelembapan bibir.

13. Cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat

Mentega dipercaya mengandung banyak minyak yang dapat membantu mengembalikan kelembapan alami bibir kita. Mentega dapat dimanfaatkan untuk memerahkan bibir yang hitam dengan cepat. Namun kamu harus tetap bersabar dan telaten dalam melakukan perawatan ini.

Baca Juga: Inilah Cara Merawat Kulit Wajah Yang Benar

14. Cara menghilangkan bibir hitam akibat rokok

Asap rokok bisa menyebabkan warna hitam pada bibir. Untuk itu bagi kamu yang masih mempunyai kebiasaan merokok, sebaiknya untuk mengurangi atau menghindari kebiasaan kurang baik ini. bagi kamu yang terlanjur mempunyai bibir hitam, kamu tak perlu gelisah. Pasalnya bibir hitam tersebut bisa kembali merah dengan bahan alami memakai yogurt. Namun untuk perawatan ini kita membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran.

Cara menghilangkan bibir hitam akibat rokok dengan yogurt yaitu cukup dengan mencampur yoghurt dan madu. Lalu  kita oleskan ramuan ini pada bibir gelap dan biarkan beberapa saat atau sampai mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

15. Menghilangkan bibir hitam dengan alpukat

Untuk mendapatkan warna bibir merah merona, kita bisa menggunakan buah alpukat. Caranya cukup dengan mencampurkan 50 gram alpukat yang sudah dihaluskan, dan lalu berikan 2 sampai 3 tetes minyak zattun. Lantas campuran tersebut kita oleskan pada bibir hitam dan biarkan beberapa saat. langkah terakhir bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca Juga: 5 Jenis Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Nah, itulah beberapa Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Cepat dan Alami. Mudah mudahan dapat menambah wawasan kita terkait kecantikan.

  • Bagikan