Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Resep dan Cara Membuat Kue Putu Ayu yang Enak dan Lembut

  • Bagikan
cara membuat kue putu ayu yang enak dan lembut

Cara membuat kue putu ayu yang enak dan lembut. Pecinta jajanan pasar mungkin telah akrab dengan kue putu ayu. Jajanan tradisional ini juga dikenal bernama putri ayu. Kue putu ayu mempunyai tekstur yang empuk dan juga lembut, seperti kue bolu namun lebih ringan.

Cara membuat kue putu ayu ini yaitu dengan dikukus. Barangkali kamu sedang mencari ide cemilan untuk keluarga di rumah, kamu bisa membuat kue putu ayu. Langkah membuat kue putu ayu cukup simpel, bahkan para pemula juga dapat membuatnya.

Jajanan Pasar – Kue Putu Ayu

Kreasi masakan Indonesia sudah melahirkan sajian yang enak, salah satunya kue putu ayu. Dibanding dengan kue putu, kue putu ayu dapat tahan makin lama. Kue putu ayu dibuat dengan cetakan yang berbentuk seperti bunga. Tampilan dan warnanya yang menarik jadi dasar lahirnya nama putu ayu ini.

Tekstur dan rasanya dari kue putu ayu ini cukup tidak sama dengan putu bambu. Putu bambu lebih “kepyar” (tekturnya gampang pecah), sementara itu putu ayu lebih padat dengan tekstur serupa dengan kue bolu. Biasanya putu ayu dibikin dari paduan dari tepung beras dan juga tepung ketan.

Kue putu ayu ini benar-benar serupa dengan kue putu cangkir yang terkenal di daerah Makassar dan juga Gowa, Sulawesi. Hanya saja, putu cangkir umumnya tidak diwarnai dan selalu dibikin langsung menurut pesanan. Dan Dari sisi tekstur, putu cangkir lebih mirip dengan kue putu bambu karena bahannya sama yakni dari tepung beras. Hanya saja cetakannya yang berbeda, yakni seperti cangkir, bukan dengan ruas bambu.

Resep Kue Putu Ayu

Bahan bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 2 atau 3 butir telur
  • 1 sendok teh cake emulsifier (SP)
  • kelapa muda diparut secukupnya
  • pewarna makanan, di sini saya memakai hijau pandan.
  • garam halus sesuai dengan kebutuhan

Cara Membuat Putu Ayu yang Enak dan Lembut

1) Mula mula kita kocok telur, gula pasir, dan juga cake emulsifier (SP) sampai mengembang dan nampak pucat memakai mixer dengan kecepatan yang tinggi. Selanjutnya kita pelankan kecepatan dari mixer dan tambahkan tepung terigu sambil terus kita aduk adonan tersebut.

2) Kemudian kita tuangkan santannya, sedikit demi sedikit dan jangan lupa untuk tetap mengaduk adonan sampai merata.

3) Lalu kita masukkan beberapa tetes pewarna makanan yang telah kita siapkan ke dalam adonan dan jangan lupa untuk mengaduknya hingga merata.

4) Langkah selanjutnya kita campurkan kelapa parut dan garam dalam satu wadah yang bersih. Kemudian kita lakukan pengadukan hingga tercampur secara merata. Setelah itu kita masukkan ke dalam
sebuah cetakan dan jangan lupa ditekan hingga memadat.

5) Berikutnya kita tuangkan adonan kue putu ayu ke dalam cetakan di atas kelapa parut sampai terisi penuh.

6) Langkah berikutnya kita kukus adonan tersebut kira kira selama 20 menit atau sampai matang dan
tekstur kuenya empuk.

7) Yang terakhir kita angkat kue tersebut dan kue putu ayu bikinan kita siap untuk dihidangkan.

Demikianlah artikel mengenai resep dan cara membuat kue putu ayu yang enak dan lembut. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

  • Bagikan