Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

9 Cara Membuat Bayi Tertidur Nyenyak Tanpa Digendong

  • Bagikan
Cara Membuat Bayi Tertidur Tanpa Digendong

Cara membuat bayi tertidur tanpa digendong. Biasanya, orangtua menidurkan bayi dengan cara menggendong atau mengayun-ayunkan sampai ia tertidur. Meskipun efisien, cara ini memerlukan waktu dan menguras tenaga Bunda atau ayahnya, ditambah lagi bila pada bayi setelah itu terjadi kebiasaan ‘musti digendong atau diayun-ayun untuk menidurkannya. Sehingga bayi tersebut menjadi susah tidur tanpa cara tersebut. Nah, postingan kali ini akan membahas cara membuat bayi tertidur tanpa digendong dengan mudah.

Cara Membuat Bayi Tertidur tanpa Digendong

Awalnya, Bunda perlu mencermati faktor-faktor penyebabnya, supaya bayi baru lahir tidur pulas pada malam hari. Misalnya, telah kenyangkah bayi menyusu, tidak ada problem kah dengan kesehatannya, dan bagaimana lingkungan tidur si bayi termasuk temperatur udara dan penerangannya. Untuk bayi baru lahir, dari umur 0 sampai 3 bulan, mereka nampak tidur bayi akan terus sejauh selama 24 jam. Tetapi, sebenarnya bayi baru lahir perlu waktu 14 sampai 17 jam satu hari untuk tidur tiap harinya. Apa lagi, bayi baru lahir biasanya akan bangun sesudah 2 sampai 4 waktu tidurnya. Bunda bisa juga mencoba cara membuat bayi tertidur tanpa digendong dengan nyenyak.

Disamping itu, setidaknya ada 6 cara menidurkan bayi tanpa harus digendong. Nah berikut ini 6 cara menidurkan bayi tanpa digendong :

1. Gunakan kiat cahaya untuk menidurkan bayi

Menurut Elizabeth Pantley, seorang penulis The No-Cry Sleep Solution, menjelaskan bahwa sinar atau pencahayaan dapat menyalakan signal atau respon agar bayi selalu terjaga. Oleh karena itu, cobaBunda memakai cara membuat anak bayi tidur dengan meremangkan cahaya lampu. di kamar bayi.

Perlu diketahui situasi gelap memancing otak untuk mengeluarkan melatonin, yakni hormon yang membuat seorang ngantuk. Menjaga stabilitas saat pagi hari bayi masih tetap memperoleh sinar dan pada malam hari sinar yang didapatkan cukup redup. Dengan demikian, ia sudah mengetahui kapan saatnya tidur. Maka, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong ini dapat Bunda lakukan.

2. Segera tidurkan bayi ketika ia mulai mengantuk

Agar bayi tidur pulas pada siang hari, letakkan ia pada tempat tidur atau boks saat ia telah lumayan mengantuk. Namun Sebaiknya, jangan taruh bayi pada tempat tidur saat ia telah tidur, apa lagi sedang terlelap. Misalkan rasio tidur bayi 1 sampai 10, Maka sebaiknya saat bayi telah tertidur di rasio 6, Bunda dapat menaruhnya di tempat tidur. Maka dari itu, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong dapat Bunda terapkan.

3. Cara membuat bayi tertidur tanpa digendong dengan tidak lekas pergi

Cara menidurkan bayi kembali sesudah ia terjaga ialah Bunda janganlah buru-buru beranjak dari kamar bayi. Sabarlah dengantetap berada di samping si bayi, atau pun setidaknya berikan pertanda jika Bunda tetap berada di sampingnya. Misalnya dengan menepuk punggungnya atau mengelus kepala si bayi.

Baca Juga: Kenapa Bayi Tidak Boleh Ditinggal Sendirian

4. Jangan lekas menggendong bayi saat terbangun di tengah malam

Apabila bayi Anda terbangun di tengah malam, sebaiknya jangan segera menggendongnya. Yang perlu Bunda lakukan yakni dengan mendiamkannya beberapa saat supaya ia kembali tertidur sendiri. Bila cara tersebut gagal, sentuh dan dekap bayi di tempat tidur sampai tertidur. Bila hal tersebut masih juga tak mempan Bunda bisa mengayun tempat tidurnya jika memakai tempat tidur goyang.

5. Selalu menemani sampai bayi tertidur

Pada konsepnya, bayi berumur 6 sampai 8 minggu dapat diajarkan untuk kembali tertidur tanpa digendong, yakni dengan cara menemani bayi tersebut sampai ia tertidur lagi. Intinya bayi butuh kehadiran Bunda di sampingnya. Kehadiran Bunda di sampingnya dapat membuat bayi merasa aman dan nyaman. Sehingga si bayi akan tertidur dengan sendirinya.

6. Berikan musik atau suara

Detak ritmis atau sebuah musik akan menentramkan bayi saat menjelang waktu tidur. Ulang-ulang tiap hari hingga jadi rutinitas menjelang tidurnya. Suara ritmis atau pun sebuah musik dapat membuat bayi nyaman karena mirip dengan detak jantung Bunda saat dia masih dalam kandungan.

Baca Juga: Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Agar Tidak Begadang

7. Cara membuat bayi tertidur tanpa digendong dengan membedong bayi

Mungkin Bunda berpikir membedong bayi hanya agar bayi hangat dan terhindar dari udara dingin. Namun kenyataannya dengan membedong bayi di umur 0 sampai 3 bulan bisa membantunya tidak terbangun saat terjadi refleks kejut di tengah-tengah tidurnya. Selain itu bayi mudah untuk tertidur pulas di tempat tidurnya.

8. Buatlah bayi kenyang dengan tambahan ASI

Berikan tambahan ASI sesudah bayi tidur dan saat sebelum Bunda kembali tidur. Hal ini dapat memperpanjang waktu tidur si bayi.
Salah satunya pemicu bayi tidur gelisah pada malam hari ialah rasa lapar. Oleh karena itu, Bunda dianjurkan memberikannya dream feed. Ini istilah untuk ibu menyusui bayinya antara jam 10 malam sampai larut malam. Cara membuat bayi tidur ini dapat dicoba karena dream feed bisa membuat bayi tidur semakin lama.

Saat menyusui bayi, jika ia berada di boks, masih tetap redupkan lampu dan angkat ia perlahan-lahan dari boksnya.Lalu, posisikan bayi secara tepat hingga bayi tersebut dapat melakukan pelekatan secara baik. Pada keadaan setengah mengantuk, Bunda dapat memastikan mulut bayi ada di puting Bunda. Dan selanjutnya susui bayi tersebut sampai benar benar kenyang. Kemudian, letakkan bayi perlahan-lahan di boksnya. Ini bisa jadi cara membuat tidur bayi tanpa perlu digendong yang efektif.

9. Jangan memandang mata bayi saat dia mulai mengantuk

Yang menyebabkan bayi tidur gelisah pada malam hari diantaranya ia berkontak mata dengan Bunda saat ia terjaga. Sebetulnya bayi cukup mendapatkan isyarat bahwa ia aman dan sewaktu dirinya nyaman, bayi akan tidur kembali. Semakin banyak interaksi orangtua dengan anak waktu malam hari, semakin bayi terpacu untuk bangun, tidak kembali tidur.

Nah, itulah 9 cara membuat bayi tertidur tanpa digendong. Bunda bisa mempraktekkan dari cara tersebut di atas agar si bayi bisa tertidur nyenyak tanpa rewel di tengah malam.

  • Bagikan