Menu
Menghadirkan berita aktual, tips seputar kesehatan, kecantikan, fashion, hingga hubungan percintaan

Dahsyat ! 6 Cara Mudah Melembutkan Rambut Secara Alami Dan Permanen

  • Bagikan
cara melembutkan rambut secara alami dan permanen

6 Cara Mudah Melembutkan Rambut Secara Alami Dan Permanen. Memiliki rambut yang panjang, halus, dan mudah diatur adalah dambaan setiap wanita. Tapi kadang harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Sering kali kita mengalami masalah rambut kasar, mudah rontok dan sukar diatur.

Cara Melembutkan Rambut Secara Alami

Tapi sobat tak perlu berkecil hati. Kita sebenarnya bisa mewujudkan impian tersebut. Pasti dalam hati sobat, pasti memerlukan perawatan yang lama dan mahal pula. Jawabannya tidak sobatku. Kita bisa memulai dari hal-hal kecil agar bisa mendapatkan impian tersebut.

Yuk sobat disimak. Berikut ini beberapa cara melembutkan rambut yang benar, dilansir dari laman alodokter.com

1.Kita harus tepat dalam memilih sampo

Agar rambut kita bisa selembut sutra, lamgkah pertama adalah memilih sampohaus sesuai dengan jenis rambut kita. Para dokter menyarankandalam memilih sampo yang berlabel bebas sulfat. Dan sampo tersebut harus mengandung ‘dimethicone’. Bahan sulfat memang terbukti mampu membuang minyak dan kotoran yang melekat pada rambut. Akan tetapi zat sulfat juga dapat mengakibatkan rambut kita menjadi rusak.

Untuk menjaga kesehatan dan kelembutan rambut usahakan keramas setiap 2 atau 3 hari sekali. Dan jangan takut untuk keramas, karena jika kita jarang keramas justru akan membuat rambut menjadi rusak.

2. Gunakan Kondisioner atau pelembap rambut

Setelah keramas, sebaiknya sobat memakai kondisioner. Karena kondisioner mampu melembutkan rambut dan mengurangi rambut yang bercabang, serta kerusakan rambut lainnya. Cara menggunakan kondisioner yang benar adalah usapkan kondisioner ke rambut kita dan diamkan selama beberapa menit agar bahan kondisioner tersebut menyerap ke dalam tiap helai rambut. Sehingga rambut kita menjadi lembut.

Penelusuran yang terkait dengan cara melembutkan rambut, cara melembutkan rambut kasar dan mengembang, cara melembutkan rambut secara alami dan permanen, cara melembutkan rambut pria,
cara melembutkan rambut kasar seperti ijuk, cara melembutkan rambut kaku, cara melembutkan rambut dengan lidah buaya, cara meluruskan dan melembutkan rambut secara alami, cara melembutkan rambut dengan kemiri

3. Rajin menggunakan masker rambut

Bukan hanya wajah saja perlu masker, rambut pun juga memerlukannya. Untuk melembutkan rambut kita bisa menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Masker rambut yang baik untuk kesehatan rambut adalah yang mengandung keratin, asam amino, atau asam lemak esensial.

Pemakaian yang tepat adalah setelah masker rambut dioleskan secara merata, bungkus rambut kita dengan handuk yang telah dihangatkan selama 20 menit. Lalu dinginkan rambut, dan setelah rambut dingin baru kita bilas.

4. Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan rambut

Sebenarnya melebutkan rambut bukan hanya dari luar, tetapi kita bisa melakukannya dari dalam. Banyak makanan yang baik untuk kesehatan rambut kita, contohnya adalah ikan salmon dan kacang-kacangan. Protein dan lemak omega-3 yang terkandung dalam bahan makan tersebut sangat berkhasiat untuk menyehatkan kulit kepala. Selain itu, kita bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin D, dan biotin.

5. Menggunakan Minyak nabati

Yang kelima, kita bisa menggunakan minyak nabati seperti minyak kelapa dan almond untuk kelembutan rambut kita. Sebaiknya penggunaan minyak nabati ini seminggu sekali. Cara penggunaannya; sSetelah minyak nabati dioleskan di kepala kita, jangan lupa sambil kita pijat-pijat ringan. Lalu diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya cuci rambut tersebut tanpa menggunakan sampo maupun kondisioner.

6. Menghindari menggunakan bahan kimia dan panas

Cara melembutkan rambut ynag terakhir adalah hindari sebisa mungkin dari pemakaian pewarna, pelurus atau pengeriting rambut, dan blow dry. Bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut ataupun udara panas dari hair driyer dapat membuat rambut kita menjadi kering, rusak dan kasar.Dan yang terakhir sebisa mungkin hindarkan rambut dari pancaran panas matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Perawatan Ini Malah Bisa Bikin Rambut Jadi Rusak

Nah itulah 6 cara yang bisa kita praktikkan untuk melembutkan rambut kita. Mari kita senantiasa menjaga kesehatan dan kelembutan rambut kita. Karena rambut adalah mahkota bagi kaum wanita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sekian pembahasan kita tentang Dahsyat ! 6 Cara Mudah Melembutkan Rambut Secara Alami Dan Permanen.

  • Bagikan