bolehkan ibu hamil makan durian

Bolehkan Ibu Hamil Makan Durian, Simak Penjelasannya !

Diposting pada

Bolehkan Ibu Hamil Makan Durian? Di tengah masyarakat tentu kita pernah mendengar berbagai mitos terkait ibu hamil. Ada yang beranggapan bahwa makan durian saat hamil bisa menggangu kondisi janin. Anggapan ini membuat sebagian ibu hamil yang suka atau ngidam buah durian, menjadi ragu untuk makan buah tersebut. Lantas, apakah benar ibu hamil aman mengkonsumsi durian?

Mitos ibu hamil terkait makan durian

Selain nanas, durian sering disebut sebagai buah yang tidak boleh dimakan saat hamil. Sebagian orang beranggapan bahwa makan durian saat hamil dapat menyebabkan masalah kehamilan, seperti menyebabkan keguguran, pendarahan pada vagina, dan cacat lahir.

Tetapi, Bunda seharusnya tidak boleh menerima sebuah mitos secara mentah-mentah. Mari kita cari dulu kebenarannya, bolehkah ibu hamil muda dan tua makan durian? Untuk pembahasan tentang hal ini terkait mitos pantangan ibu hamil makan buah durian, kami mengambil dua sumber terpercaya dari situs alodokter dan bidanku. Mari kita simak penjelasannya.

Manfaat durian untuk ibu hamil

Durian dengan nama latin Durio zibethinus dikenal sebagai buah tropis yang banyak hidup di daerah Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Beberapa orang mungkin tidak menyukai buah durian ini, tetapi cukup banyak juga orang yang suka mengkonsumsi buah yang manis dan memiliki bau khas ini.

Rasa manis dan aroma yang unik dari durian berasal dari kandungan lemak, gula, sulfur, serta alkohol yang terdapat di dalam durian. Di samping itu, durian juga  kaya akan kandungan flavonoid yang mempunyai sifat anti-oksidan, vitamin B, folat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zinc, dan tembaga. Kandungan nutrisi ini bagus untuk ibu hamil.

Melansir dari Firstcry Parenting, berikut ini beberapa manfaat durian untuk ibu hamil:

  • Membantu meningkatkan serat alami yang berguna untuk mencegah sembelit dan memperlancar sistem pencernaan.
  • Memperbanyak asupan folat untuk membantu menghindari bayi lahir dengan cacat.
  • Memberikan asupan nutrisi berupa vitamin B seperti riboflavin, niasin, dan tiamin yang berguna untuk menujang kehamilan yang sehat.
  • Memberikan ketersediaan anti-oksidan seperti zinc, triptofan, dan organo-sulfur yang bermanfaat untuk memberi perlindungan pada ibu hamil dan janin dari pengaruh radikal bebas.
  • Membantu memperbanyak vitamin C yang bermanfaat melindungi ketahanan tubuh dari penyakit, dan memaksimalkan penyerapan kalsium dan zat besi.
  • Kandungan zat besi, tembaga, mangan, dan magnesium yang terdapat dalam daging durian bisa meningkatkan pasokan darah untuk mendukung perkembangan janin.
  • Membantu meningkatkan situasi hati yang menyenangkan dan mencegah stres.

Bolehkah ibu hamil muda makan durian

Apakah durian dapat menyebabkan keguguran? Pada prinsipnya durian tidak mempunyai pengaruh yang buruk untuk kesehatan ibu hamil namun ada dua kandungan zat yang terdapat pada buah durian yang bisa memberikan efek buruk pada kehamilan. Mengenai dua zat yang terdapat di dalam buah durian itu ialah asam arachidonat dan alkohol.

Asam arachidonat yang terdapat dalam buah durian merupakan senyawa yang di jadikan biang dalam pembuatan prostaglandin. Atau sering di sebut senyawa yang bisa menstimulasi kontraksi yang bisa menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur.

Berapa banyak ibu hamil boleh makan durian? Ada yang berpendapat ibu hamil hanya boleh makan satu atau dua butir dari daging biji durian berukuran sedang. Atau maksimal setengah buah durian ukuran sedang dalam sehari. Sebaiknya Bunda memilih yang minimal saja untuk menghindari risiko yang bisa di timbulkan.

Bolehkah ibu hamil minum es rasa durian?

Pertanyaan selanjutnya, Bolehkah ibu hamil minum es rasa durian? Es rasa durian merupakan salah satu produk olahan yang memiliki bahan dasar durian. Secara umum produk olahan dari durian mempunyai kadar senyawa alkohol dan arachidonat yang rendah daripada dengan buah durian yang masih segar. Meski begitu tidak berarti Bunda bisa mengkonsumsi produk olahan tersebut dalam jumlah yang banyak. Untuk beberapa produk olahan durian, proses pembuatan dan bahan bahan yang lain akan menentukan kandungan gizi untuk kesehatan Bunda. Untuk itu lebih baik tetap memperhatikan jumlahnya dan bahan lain dalam proses pembuatannya. Apakah aman untuk ibu hamil atau tidak.

Makan produk olahan durian

Sedangkan produk makanan olahan yang sejenis misalnya es krim durian yang memiliki kandungan lemak yang cukup banyak dan kandungan gula yang tingga. Sehingga di khawatirkan jika di santap kebanyakan akan menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Pada ibu hamil limitasi konsumsi lemak dan gula penting untuk mengatur berat tubuh bayi, karena bayi yang mengalami kelebihan berat badan beresiko akan mengalami operasi caesar ketika persalinannya. Adapun makanan olahan dengan bahan durian yang telah di fermentasi tidak di rekomendasikan karena akan menggangu kesehatan pencernaan pada ibu hamil.

Kesimpulan

Jadi asumsi masyarakat sejauh ini berkenaan mengkonsumsi buah durian selama kehamilan. Yang katanya bisa menyebabkan bayi keguguran atau kepanasan itu tidak benar. Pasalnya apabila Bunda mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan masih aman. Di sarankan buah durian ini atau produk olahan berbahan durian, sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu hamil dengan riwayat diabetes gestasional, ataupun mempunyai riwayat diabetes dalam keluarganya. Tak hanya itu ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes gestasional sebelumnya atau sedang hamil pun tidak di benarkan mengkonsumsi durian dan produk olahan berbahan dasar durian.

Jadi sudah terjawab pertanyaan mengenai bolehkan ibu hamil makan durian.

Gambar Gravatar
Aku hanya seorang ibu rumah tangga dengan hobby membaca dan menulis. Dari blog Pelangi News ini saya ingin berbagi informasi yang saya ketahui agar lebih bermanfaat.